Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Yuk, Ketahui Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan sang buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu tolok ukur kualitas tumbuh kembang anak adalah berat badan. Saat ini, banyak cara yang dilakukan orang tua agar berat badan anak bertambah secara optimal, mulai dari memberi makanan penambah berat anak, vitamin, hingga suplemen khusu. Namun sebelum melakukan itu semua, pertama Anda harus melihat asupan nutrisi untuk si kecil, karena boleh jadi nutrisi yang Anda berikan kurang. Nah, berikut beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menambah berat badan anak.

1. Kalori

Setelah melalui proses metabolisme, kalori akan dirubah menjadi energi bagi tubuh. Sedangkan sisa kalori yang ada akan disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Oleh karena itu, makanan tinggi kalori sangat membantu dalam menambah berat badan.

2. Protein

Selain sebagai salah satu sumber energi, protein juga dapat berperan dalam menambah berat badan karena dapat menambah massa otot. Makanan dengan sumber protein tinggi antara lain daging, ikan, telur dan masih banyak lagi.

3. Lemak

Makanan yang mengandung lemak dapat meningkatkan berat badan karena mengandung banyak kalori. Sebagai perbandingan, satu gram karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori, sedangkan satu gram lemak mengandung 9 kalori. Itulah sebabnya makanan yang mengandung lemak efektif untuk menambah berat badan. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak adalah ikan, telur, biji-bijian, dan masih banyak lagi.

4. Gula Alami

Gula alami dapat membantu menambah berat badan. Hal ini disebabkan gula alami yang dihasilkan tidak dapat ditakar, sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat membuat berat badan naik. Pasalnya, gula alami yang dihasilkan oleh buah, susu atau karbohidrat yang tidak terpakai akan menjadi glikogen yang tersimpan di otot dalam bentuk lemak.

Itulah beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menambah berat badan anak. Namun perlu diingat, jangan sampai Anda memberikan asupan secara berlebihan karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan obesitas. Jika berat badan buah hati Anda tidak kunjung bertambah, maka segeralah konsultasi kepada dokter.