Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Tujuan Pembuatan Aplikasi

Tujuan Pembuatan Aplikasi

Istilah aplikasi pastinya sudah tidak asing lagi, apalagi jika kamu sudah terbiasa dengan perangkat digital, seperti ponsel pintar atau laptop. Sebenarnya, apa itu aplikasi? Dalam ilmu komputer, aplikasi merupakan perangkat lunak atau software yang beroperasi dalam sistem tertentu. Perangkat ini sengaja dibuat dan dikembangkan agar memiliki kemampuan untuk menerima dan melaksanakan perintah yang diinginkan. Perintah ini tentu masih terbatas pada fungsi aplikasi.

Ada banyak aplikasi yang bisa ditemukan saat ini. berbagai macam aplikasi tersebut dibuat dan dikembangkan untuk tujuan tertentu, sesuai dengan perusahaan pengembangnya. Misalnya, perusahaan makanan yang membuat aplikasi untuk memudahkan pelanggan memesan makanan di restoran dan delivery atau perusahaan otomotif yang mengembangkan aplikasi agar dapat melayani service tertentu di rumah pelanggan.

Menentukan Tujuan Pembuatan Aplikasi

Sebelum membuat aplikasi, setiap perusahaan haruslah memahami bahwa tujuan aplikasi dibuat adalah untuk memberikan fasilitas keterlibatan pengguna atau pelanggan dalam tingkat pribadi (customer engagement). Oleh karena itu, menemukan jawaban atas pertanyaan ‘apakah tujuan aplikasi ini dibuat?’ ‘apa manfaat aplikasi untuk kepada pelanggan?’ adalah hal yang penting dilakukan.

Perusahaan harus bisa membuat aplikasi yang selaras dengan kebutuhan pelanggan. Hal tersebut sangat penting ketika merencanakan pembuatan aplikasi. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan pemenuhan kriteria tujuan pembuatan aplikasi di bawah ini:

1. Persebaran (Deployment)

Proses ini umumnya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berkaitan satu sama lain dan memungkinkan adanya transisi di antaranya. Kegiatan ini dapat terjadi di pihak produsen dan pihak konsumen. Persebaran aplikasi ini sering terjadi ketika pengguna menginstall aplikasi, terutama di pihak konsumen. Sedangkan di pihak produsen, persebaran banyak dilakukan ketika dalam rposes pengembangan dan pengujian aplikasi sampai lingkungan produksi.

2. Adopsi (Adoption)

Adopsi penggunaan aplikasi dapat dilihat dari kualitas sebuah aplikasi terhadap pemenuhan kebutuhan penggunanya. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang mendukung untuk memajukan proses adopsi aplikasi, seperti keadaan sosial budaya, komunikasi, dan juga pemasaran.

3. Pertumbuhan (growth)

Pertumbuhan aplikasi dapat diartikan sebagai pengembangan aplikasi agar lebih mudah dipakai dan tentunya menambah kenyamanan pengguna dalam pemakaiannya. Aplikasi perlu untuk terus diupdate dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang dinamis.

Kesimpulan

Baiklah teman-temanku semuanya, sepertinya cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai beberapa contoh Tujuan dalam Pembuatan Aplikasi yang perlu kamu ketahui.

Jika berbicara mengenai pembuatan aplikasi, kami jadi ingat bahwa kami memiliki rekomendasi Jasa Pembuatan Aplikasi Android Jakarta buat kamu yang sedang ingin membuat aplikasi tapi tidak mau ribet. Tapi, pastikan kamu memiliki jasa yang tepat dan juga dengan harga yang terjangkau.

Semoga artikel tentang Tujuan Pembuatan Aplikasi yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu-kamu semua.