Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh tentu saja sangat penting dilakukan oleh setiap individu. Fungsinya tentu saja untuk menjaga imunitas tubuh agar bisa melawan berbagai kuman dan penyakit. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, ketahan tubuh anda tentu harus ekstra kuat.

Lalu bagaimana cara yang tepat agar daya tahan tubuh bisa meningkat? Anda tentu bisa melakukan beberapa cara berikut.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Setidaknya Anda harus makan makanan dengan gizi seimbang seperti misalnya harus ada kandungan protein, vitamin, accident dan juga mineral dalam makanan tersebut.

Konsumsi buah, sayur, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu. Jangan lupa juga untuk banyak mengkonsumsi seafood dan keju.

2. Istirahat Cukup

Agar tubuh anda tetap sehat dan imunitas meningkat maka harus memiliki istirahat yang cukup. Kualitas tidur yang bagus bisa mempengaruhi ketahanan tubuh. Anda orang dewasa, maka membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 9 jam perhari. Saat anda kurang tidur maka tubuh sangat rentan terkena penyakit.

3. Olahraga Teratur

Peningkatan daya tahan tubuh harus dilakukan dengan cara olahraga teratur dan juga rutin. Setidaknya Anda harus olahraga 3 sampai 5 kali seminggu selama 30 menit setiap hari. Jika tidak suka melakukan olahraga berat, maka bisa pilih jenis olahraga ringan. Mulai dari olahraga dengan jalan kaki, jogging, naik sepeda atau senam aerobik dan yoga  di rumah.

4. Mengelola Stres Dengan Baik

Bagi Anda orang dewasa sangat penting untuk mengontrol dan mengelola stress dengan baik. Stress merupakan salah satu sumber penyakit, apalagi jika stress nya sudah tahap parah. Ketika stress maka produksi hormon kortisol meningkat. Peningkatan hormon kortisol ini jika terus-menerus terjadi maka bisa menurunkan imunitas tubuh. Cara mengelola stress tentu saja bisa dilakukan dengan makan enak, melakukan hobi, ngobrol dengan rekan, perawatan diri dan masih banyak lagi.

5. Hindari Konsumsi Rokok

Daya tahan tubuh terbentuk dari kebiasaan. Maka dari itu mulai sekarang hindari kebiasaan buruk seperti merokok. Karena dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang bisa menurunkan imunitas. Bahkan untuk perokok keras, punya resiko mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia.

Itu tadi beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa terapkan tips-tips di atas agar imunitas tubuh meningkat.