Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Tips Memililih Koper Atau Ransel Untuk Traveling

Ransel atau koper? Mungkin pertanyaan itu bagaikan pertanyaan pantai atau gunung yang sulit kamu pilih saat traveling. Namun banyak orang berpendapat kalau ransel lebih identik dengan traveler yang senang backpacker dan berjiwa petualang banget, sedangkan koper identik dengan traveler kelas menengah hingga atas. Apakah benar? Bisa iya, bisa tidak, kembali lagi pada pilihan traveler itu sendiri.

Koper vs Ransel? Tips Memilih Tas untuk Traveling | BukaReview

Mari kita lupakan perdebatan mana yang lebih baik antara ransel atau koper. Alasannya simple, masing-masing keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan. Apakah itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Ransel
Ransel sendiri memiliki berbagai macam jenis. Ada ransel berukuran biasa yang banyak dimiliki oleh orang-orang hingga ransel berukuran besar seperti yang sering digunakan oleh para pendaki gunung.

  • Kelebihan
    Lebih leluasa bergerak
    Berat ransel lebih ringan sehingga tidak terlalu butuh bagasi
    Harga relatif lebih murah
  • Kekurangan
    Baju lebih mudah cepat kusut
    Lebih mudah lelah karena beban dipukul dan bertumpuh seluruhnya pada tubuh
    Space yang terbatas sehingga lebih terbatas untuk bawa banyak oleh-oleh atau barang belanjaan

2. Koper
Sama halnya dengan ransel, koper memiliki beragam jenis ukuran serta bahan. Pada umumnya koper terdiri dari dua yaitu dan hard case dan soft case yang identik dengan bahan kain. Dari segi ukuran, koper yang dapat diletakkan di kabin hanyalah kabin dengan ukuran 18, 19, dan 20 inci. Sedangkan koper dengan ukuran 22 inci ke harus disimpan di bagasi pesawat yang mana beberapa maskapai penerbangan akan mengenakan biaya tambahan. Jadi sebelum terbang, pastikan kamu tahu ukuran koper yang akan kamu bawa.

  • Kelebihan
    Baju bisa lebih tertata rapi dan tidak kusut
    Tidak terlalu capek karena beban bawaan didorong, bukan dipikul
    Space lebih luas sehingga dapat membawa banyak oleh-oleh atau barang belanjaan
  • Kekurangan
    Tidak leluasa bergerak, apalagi saat melintasi banyak anak tangga
    Koper memiliki berat yang lebih dibandingkan ransel sehingga biasanya membutuhkan bagasi karena jatah kabin yang terbatas
    Harga relatif lebih mahal