Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

optimasi bisnis persona

Tips Ampuh untuk Optimasi Website B2B di Internet

Berapa banyak pelanggan yang Anda hilangkan dengan situs web yang membingungkan? Berapa banyak uang yang Anda lewatkan ketika Anda membiarkan pengunjung yang memenuhi syarat lolos?

Mengoptimalkan situs web B2B Anda untuk menarik lebih banyak pengunjung, menghasilkan lebih banyak prospek, dan menutup lebih banyak penjualan memerlukan strategi terfokus seputar persona pembeli, pengalaman pengguna, dan pengoptimalan mesin telusur.

Langkah pertama adalah pemahaman mendalam tentang perjalanan pembeli Anda– yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Pengoptimalan situs web melibatkan menarik orang yang tepat ke situs web Anda, melibatkan mereka dengan pesan dan konten yang tepat, dan mengubah mereka menjadi prospek atau pembeli.

Dalam posting ini, kami akan membongkar 5 cara ampuh untuk mengubah situs web Anda untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Masuk halaman pertama Google

Kunci untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung situs web yang tepat adalah memahami persona pembeli Anda dan maksud pencarian mereka.

Menurut raksasa Pemasaran dan Mitra Mojo, Hubspot : “persona pembeli adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data nyata tentang pelanggan Anda yang sudah ada.”

Bahkan Salman Agency, salah satu Agency SEO Indonesia juga mengatakan hal yang senada tentang persona pencari informasi melalui Google pencarian.

Persona pembeli adalah profil yang berfungsi sebagai pola dasar yang berguna dari pelanggan ideal Anda. Ada banyak alasan mengapa merek Anda membutuhkan persona pembeli . Membuat persona pembeli membantu Anda menghemat waktu dan uang dengan menyempurnakan siapa yang ingin Anda targetkan.

Dengan mempersempit demografi pelanggan, pola perilaku, motivasi, dan tujuan, Anda dapat memfokuskan konten situs web Anda dan menyempurnakan aktivitas pemasaran yang efektif. Sebagai pemasar B2B, Anda perlu mengidentifikasi orang-orang yang terlibat dalam proses pembelian dan pembuat keputusan yang terlibat dalam keputusan pembelian.

Pelanggan ideal Anda mencari dengan tujuan (atau maksud pencarian) dalam pikiran: untuk menemukan jawaban dan solusi untuk masalah khusus industri.

Saat prospek melewati berbagai tahap perjalanan pembeli, mereka dapat melakukan berbagai jenis pencarian: informasional (ingin tahu tentang suatu topik), navigasi (mencoba menemukan situs web tertentu), komersial (meneliti berbagai perusahaan dan opsi), dan transaksional. (mencari untuk membeli).

Anda dapat mengoptimalkan konten situs web dengan memastikan situs web Anda memiliki informasi yang berguna bagi para pencari ini.

Personalisasi konten situs web untuk persona pembeli : Tulis konten situs web yang dioptimalkan untuk pencarian untuk profil pelanggan ideal Anda. Tanyakan pada diri sendiri: Apa poin rasa sakit yang mereka miliki? Solusi apa yang mereka cari? Kata-kata apa yang mereka gunakan?

Sesuaikan halaman web untuk kata kunci bervolume tinggi: Tujuan Anda adalah mendapatkan peringkat tinggi di Google untuk menampilkan situs web Anda kepada orang yang tepat. Evaluasi kata kunci dan frasa kata kunci untuk menentukan kelompok konten yang penting bagi produk/layanan dan pelanggan Anda, dan buat halaman pilar untuk topik inti penting.

Lihat apa yang berhasil dan apa yang tidak: Menggunakan Google Analytics, lihat kata kunci apa yang berfungsi untuk mendatangkan lalu lintas ke situs web Anda. Untuk pengoptimalan halaman, evaluasi aktivitas halaman pengunjung, rasio konversi, dan rasio pentalan. Tentukan apakah konten perlu ditambahkan atau dimodifikasi agar sesuai dengan persona pembeli dan maksud pencarian.

Libatkan trafik yang datang

Menurut Studi Desain Web dalam Perilaku & Teknologi Informasi, pengunjung membutuhkan waktu 50 milidetik untuk membentuk opini tentang situs web Anda dan memutuskan apakah mereka akan tinggal atau pergi. Sejak orang kedua mengunjungi situs web Anda, mereka dengan cepat memindai konten dan pemicu yang berguna yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

Sempurnakan halaman atas Anda. Periksa bagian atas halaman web Anda untuk desktop dan perangkat seluler. Apakah jelas siapa yang Anda layani, masalah apa yang Anda pecahkan, dan solusi apa yang Anda tawarkan? Apakah ajakan bertindak Anda terlihat?

Memperjelas navigasi situs web. Pengunjung situs web mencari informasi dan solusi cepat. Pastikan navigasi dapat diakses dari bagian atas situs web Anda. Segmentasikan situs web Anda dengan jelas untuk memasukkan kategori seperti masalah yang Anda pecahkan, solusi yang Anda tawarkan, industri yang Anda layani, dan sumber daya.

Tempatkan formulir di halaman yang paling sering Anda kunjungi. Sebuah halaman tanpa generasi memimpin adalah jalan buntu dan kesempatan hilang. Maksimalkan prospek dengan menyertakan formulir yang mengumpulkan informasi.

Edukasi calon pembeli tentang produk

Seorang pembeli melewati jalan sebelum membeli: perjalanan pembeli. Kebanyakan orang tidak membeli secara tiba-tiba: mereka melalui proses di mana mereka menjadi sadar akan masalah, mempertimbangkan solusi, dan membuat keputusan.

Konten pendidikan sangat penting untuk keterlibatan pelanggan dan perolehan prospek. Mendidik pelanggan memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan keahlian industri dan memposisikan diri Anda sebagai solusi untuk masalah pelanggan Anda.

Tetapkan taruhan untuk kesuksesan dan kegagalan. Evaluasi pesan situs web Anda. Bagaimana Anda memposisikan produk atau layanan Anda sebagai solusi? Apakah Anda menjelaskan kesuksesan apa yang dialami pelanggan Anda ketika mereka menggunakan produk Anda? Kegagalan apa yang mereka hadapi jika tidak?

Buat posting blog, panduan, dan webinar. Jawab pertanyaan yang diajukan pelanggan Anda, dan bahas topik yang mereka cari. Strategi konten yang baik tidak hanya akan menunjukkan kepemimpinan pemikiran tetapi juga meningkatkan perolehan prospek dan peringkat Google.

Tautkan pengunjung ke halaman yang relevan. Menautkan halaman web ke topik yang relevan membantu pengguna menemukan konten yang berguna saat mereka menjelajahi situs web Anda. Tautan juga bagus untuk pengoptimalan mesin telusur karena menunjukkan hubungan antar topik.

Optimalkan seluruh pengunjung yang datang

Untuk mengoptimalkan situs web B2B Anda secara efektif, Anda perlu memahami cara kerja pembuatan prospek.

Pembuatan prospek terjadi ketika pengunjung situs web mengklik ajakan bertindak di situs web Anda, mengarahkan mereka ke formulir yang mengumpulkan informasi mereka.

Buat ajakan bertindak yang kuat. Periksa apakah ada ajakan bertindak di bagian atas dan bawah halaman web Anda. Berikut cara membuat ajakan bertindak terbaik : singkat dan jelas, dan selaraskan dengan tujuan spesifik persona pembeli Anda.

Gunakan ajakan bertindak transisional . Tidak semua pengunjung situs web siap untuk membeli atau menjangkau. Dapatkan prospek yang memenuhi syarat dengan menyediakan konten yang terjaga keamanannya, seperti buku putih, kepemimpinan pemikiran, dan studi kasus.

Kembangkan prospek Anda. Menurut Forrester Research , perusahaan yang memelihara prospek mereka melihat 50% lebih banyak prospek yang siap-penjualan daripada rekan-rekan mereka yang tidak memelihara dengan biaya 33% lebih rendah. Libatkan kontak Anda dengan strategi pemasaran konten yang disesuaikan berdasarkan perilaku situs web.