Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Tempat Rekreasi di Padang

Tempat Rekreasi di Padang dan Sumatera Barat

Padang sejauh ini dikenali akan kulinerannya saja, tetapi siapa sangka bila Padang mempunyai tempat rekreasi yang mempunyai potensi. Walau tidak sepopuler dengan kota kota besar seperti Bandung, Jakarta, Jogja dan kota besar yang lain Padang mempunyai tempat rekreasi yang pantas diakui. Padang sebagai kota yang mempunyai wilayah paling besar di Pulau Sumatera Barat, Padang dijadikan ibu-kota dari Provinsi Sumatera Barat. Tidaklah heran bila jumlah warga yang berada di Kota Padang terhitung terpadat dbandingkan kota yang lain yang berada di Sumatera Barat. Tempat rekreasi yang berada di Padang diberi dengan panorama yang paling cantik dan menarik, ditanggung orang yang tiba berekreasi ke Padang tidak menyesal. Berikut ialah tempat rekreasi di Padang yang memikat buat didatangi :

Pantai Padang

Tempat rekreasi yang berada di Padang dan pas untuk didatangi ialah Pantai Padang. Pantai sebagai tempat rekreasi yang harus didatangi saat berkunjung satu tempat rekreasi, salah satunya pantai yang perlu didatangi ialah pantai sebagai icon dari kota itu. Misalkan saja bila di Kota Yogyakarta, icon pantai yang berada di Yogya ialah Pantai Parangtritis. Sedang icon Pantai di Kota Jakarta ialah Pantai Ancol. Bila anda ingin berekreasi ke Padang tetapi anda belum berkunjung pantai ini, anda sama saja belum bertandang ke Padang.

Pantai Padang oleh orang Minang disebutkan dengan Taplau. Keadaan pantai ini berlainan dengan pantai yang sebelumnya di mana pemerintahan Kota Padang selalu membenahi sarana, fasilitas dan prasarana yang berada di Pantai ini. Peralihan sarana, fasilitas dan prasarana yang berada di Kota Pantai Padang membuat keadaan pantai ini makin elok saja. Pengunjung akan gampang mendapati penjual minuman dan makanan yang berada di Pantai. Berlainan dengan pantai yang belum diperkembangkan fasilitas dan prasarana, pengunjung akan kesusahan dalam mendapati penjual makanan da minuman yang berada di tempat rekreasi itu.

 

Jembatan Siti Nurbaya

Untuk anda yang inginkan tempat rekreasi sore hari dan malam hari anda dapat bertandang pada tempat yang ini. Tempat satu ini jadi lokasi yang membahagiakan didatangi bersama dengan rekan teman anda. Disaksikan dari namanya, jembatan ini sebagai pengingat akan cerita Siti Nurbaya, Samsul Bahri dan Datuk Maringgih. Cerita kasih itu menjadi legenda hingga saat ini. Cerita di mana Siti Nurbaya harus dijodohkan dengan Datuk Maringgih di mana umur Datuk itu seusia dengan ayah Siti Nurbaya. Sebetulnya Siti Nurbaya ini mempunyai pacar, tetapi pacarnya sedang keluar kota untuk jalani kuliah. Pacar Siti Nurbaya itu namanya Samsul Bahri. Samsul Bahri yang dengar pernikahan di antara Siti Nurbaya dan Datuk Maringgih juga kembali lagi ke Padang. Singkat kata karena fitnah yang disebabkan karena Datuk Maringgih, ayah Samsul Bahri menyingkirkan Samsul Bahri. Siti Nurbaya juga dibenci oleh Datuk Maringgih selanjutnya Datuk Maringgih memberinya toksin ke Siti Nurbaya. Siti Nurbaya juga jadi meninggal.

Panorama yang ada pada tempat ini benar-benar cantik begitupula dengan panorama yang ada di sekitarnya. Sinar lampu yang ada disekitaran jembatan ini membuat panorama di jembatan makin cantik. Sejauh jembatan ini anda dapat mendapati kulineran yang rasanya ditanggung nikmat dan mengunggah hasrat. Makanan yang dapat anda temui di sini ialah roti bakar, jagung bakar dan makanan yang lain.

baca : Tempat Liburan di Sumatera Barat yang Mesti Disinggahi

Pantai Pasir Jambak

Karena Indonesia dikitari oleh beberapa perairan, tidaklah heran bila banyak tempat rekreasi di Indonesia yang dikuasai dengan rekreasi Pantai. Satu diantaranya ialah di Padang. Di Padang banyak tempat rekreasi pantai misalkan saja Pantai Pasir Jambak. Untuk sampai di pantai ini, pelancong harus tempuh perjalanan sejauh 20 km dari pusat Kota Padang, dari pusat perkotaan pengunjung dapat ke arah jalan lintasi Padang-Pariaman. Keunikan dari pantai ini ialah pasirnya yang putih, pantainya yang lebar, agak miring dan sejuk karena banyak pohon kelapa yang berada di pesisir pantai.

Pintu gerbang yang ke arah pantai ini membuat tempat rekreasi makin nyaman, bukan hanya hanya itu sarana yang lain berbentuk tempat parkir yang nyaman, jagat hiburan, warung makan, home stay untuk pelancong yang ingin bermalam, gazebo dan persewaan perahu. Selainnya nikmati keelokan pantai, pengunjung dapat berjemur, berenang, berperahu, santai dan dapat menyaksikan sunset di tepi pantai. Pantai ini pemadangannya tidak berbeda jauh denan pantai yang berada di kota Padang yang lain. Pasir yang berada di pantai ini putih cukup kecoklat-coklatan dan pantai ini disanggupi pohon cemara pohon kelapa.

Pantai Nirwana

Pantai yang paling cantik dan pas untuk dijadikan arah rekreasi saat ada di Padang ialah Pantai Nirwana. Diberi nama Pantai Nirwana karena pantai ini cantik seperti surga atau Nirwana. Pantai ini pas untuk dijadikan tempat rekreasi untuk keluarga, argumennya ialah pantai ini ombaknya tidak besar pas untuk anak anak yang ingin bermain air, pasirnya putih bersih, pantai yang luas dan agak miring. Keelokan pantai ini pas dikatakan sebagai Nirwana atau surga.

Pantai ini jadi pantai yang banyak didatangi ingat lokasi pantai ini gampang dicapai dari pusat Kota Padang. Untuk ke arah ke arah tempat ini pelancong harus tempuh perjalanan sekitaran 14 km dari pusat perkotaan Padang pada bagian selatan. Panorama di pantai ini makin dipercantik dengan pancaran lampu Mercussuar di waktu malam hari, mercusuar itu ada di Teluk Bayur. Mercusuar itu sorotannya dapat sampai di Pantai Nirwana. Di waktu malam hari, bercengkerama di tepi pantai sekalian rasakan embusan angin pantai akan membahagiakan.

Batu Malin Kundang

Kelihatannya kota Padang dipenuhi oleh legenda atau narasi rakyat yang paling menjadi legenda. Satu diantaranya mengenai legenda Malin Kundang yang telah populer di Indonesia. Malin Kundang sebagai anak yang durhaka ke ibunya. Dia jadi durhaka ke ibunya karena Malin Kundang yang menjadi kaya raya. Malin Kundang ini tidak mengaku ibu kandungnya karena keadaan ibunya yang miskin. Oleh karenanya si ibu jadi sakit hati dan menyumpah Malin Kundang jadi batu. Sumpah itu betul-betul terjadi, Malin Kundang juga jadi batu apakah yang disebutkan ibunya. Oleh karenanya menuai makna dari legenda itu sebaiknya kita tidak durhaka ke ke-2  orang-tua.

Batu Malin Kundang ini berada di Pantai Air manis atau Pantai Air Manih. Lokasinya berada di dekat dermaga Teluk Bayur. Pelancong yang ingin tiba ke lokasi rekreasi ini bukan hanya dapat menyaksikan Batu Malin Kundang tetapi dapat menyaksikan keelokan dari Pantai Air Manih. Lokasi rekreasi Batu Malin Kundang dapat dilalui dari arah pasar raya, selanjutnya pantai ini lokasinya saat sebelum Teluk Bayur. Pantai ini dapat gampang diketemukan karena ada plang sebagai panduan arah ke arah ke arah tempat ini. Jika pergi ke arah tempat ini, janganlah lupa untuk beli souvenir karena ada beberapa penjual souvenir pada tempat ini.

Pulau Cubadak Padang

Tempat rekreasi yang lain yang patut dan pantas untuk diperhitungkan ialah Pulau Cubadak. Lokasi rekreasi ini ada di kawsan Mandeh Pesisir Selatan. Oleh investor yang berada di Italia, Pulau ini diatur dan dijadikan tempat rekreasi dengan rasio Internasional. Pengunjung yang tiba ke sini dapat sewa atau tinggal di Resor di Pulau Cubadak. Pulau ini mempunyai bungalows sekitar 13 dan satu suite. Beberapa fasilitas pendukung rekreasi yang ada di sini didukung dengan beragam jenis perlengkapan untuk diving, snorkeling dan memancing. Pengunjung yang tiba ke sini dapat nikmati keelokan sekitar pulau memakai motor boat.

Untuk anda yang berencana untuk berkunjung tempat ini seharusnya menyempatkan diri sekitaran 2 hari atau 3 hari, karena sangat sayang rasa-rasanya bila anda ke pulau ini cuman pulang pergi sepanjang sehari saja. Keelokan pulau ini sayang sekali untuk dilewati. Bawalah keluarga tersayang atau rekan teman anda ke sini, berlibur anda ditanggung akan membahagiakan.

Pulau Sikuai

Pulau yang memikat yang lain untuk didatangi ialah Pulai Sikuai. Berlainan dengan Pulau Cubadak. Pulau ini benar-benar pas dipakai untuk pasangan yang barusan menikah. Keelokan pulau ini pas untuk pasangan yang barusan menikah. Bukan hanya hanya itu, pulau ini yang nyaman dan tenang pas dijadikan tempat berbulan madu. Lokasi pulau ini jauh dari keramaian, walau demikian untuk ke arah lokasi ini tidak memerlukan waktu lama. Untuk sampai ke arah tempat ini, perjalanan cuman memerlukan waktu sekitaran 35 menit memakai perahu.

Pasir pantainya yang bersih, airnya yang paling jernih menambahkan keelokan dari pantai ini. Aktivitas yang dapat dilaksanakan ialah memancing karena ikannya banyak di pinggir pantai, berjemur dan jga bermain pasir. Untuk pemondokan tak perlu cemas karena pemondokan yang ada di sini serupa dengan hotel bintang dua. Semua sarana yang berada di Pulau ini benar-benar komplet hingga pelancong tak perlu cemas bila keperluannya tidak terpenuhi di sini.

baca : Tidak Cuman Satu, Ada 7 Titik Acara pesta Kembang Api Di Jakarta Untuk Rayakan Tahun Baru

Museum Adityawarman

Berlibur yang anda kerjakan alangkah baiknya kalau diselipin dengan rekreasi pengajaran dan rekreasi riwayat, di mana aktivitas rekreasi anda bukan hanya akan memperoleh kesenangan saja tetapi anda akan memperoleh pengetahuan baru. Salah satunya tempat rekreasi budaya dan rekreasi pengajaran yang dapat anda temui di Kota Padang ialah Museum Adityawarman. Pada tempat ini pengunjung dapat mengenali lebih jauh kembali akan budaya Minang. Lokasi tempat rekreasi ini berada di Jalan Diponegoro nomor 10 Padang, Sumatera Barat.

Museum ini berada di Sumatera Barat dan dibuat semenjak tahun 1974, pengesahannya di tanggal 16 Maret 1977. Saat pengesahan, nama Museum itu belum tentu, tetapi di tahun 1979 persisnya tanggal 28 Mei museum itu dinamakan Adityawarman. Nama itu sebagai Raja besar yang berkuasa di Minangkabau pada zaman dulu. Raja Adityawarman itu sejaan dengan kerajaan Majapahit yang waktu itu eranya Patih Gajah Mada. Museum ini ialah museum paling penting yang berada di Padang. Pengunjung yang tiba di sini dapat meliha benda benda monumental di Minangkabau dan dijadikan cagar Budaya Mentawai dan Nusantara. Dapat disebutkan museum ini ialah tempat untuk melestarikan dan simpan benda benda monumental untuk suku Minangkabau. Supaya masih tetap lestari, team kecil yang terbagi dalam educator, konservator, preparator dan pustakawan berada di Museum ini.

Pantai Caroline

Jangan sampai melewati tempat rekreasi yang ini. Tempat rekreasi satu ini harus buat anda datangi. Karena keelokan dan panoramanya, pantai ini dijadikan lirik lagu dari Minang. Lokasi pantai ini ada di Teluk Bungus, 25 km pada bagian selatan Kota Padang. Pengunjung dapat memakai taxi atau angkot yang jalurnya ke arah Bungus. Pantai Caroline diperlengkapi dengan beragam jenis sarana yang oke. Sarana yang berada di Pantai itu ialah pemondokan, cottage, restaurant, pentas kesenian dan taman bermain. Untuk anda yang bawa anak anak ikut tidak boleh cemas karena pantai ini mempunyai taman bermain yang dapat dipakai anak anak anda untuk bermain. Fasiitas yang lain ialah motor boat atau perahu nelayan. Motor boat atau perahu nelayan itu dapat dipakai untuk ke arah pulau karang yang ada di muka Pantai Caroline.

Saat bertandang ke sini seharusnya saat cuca ceria, hal tersebut karena saat cuaca ceria Pantai ini makin memikat. Pasirnya yang putih, warna airnya yang biru dan ombaknya yang agak miring membuat siapa akan terayu dengan bujukannya.

Miniatur Makkah

Untuk anda yang beragama muslim menjalankan beribadah haji tentu saja jadi mimpi untuk tiap orang, sayang tidak seluruhnya kaum muslim mempunyai kekuatan untuk menjalankan beribadah haji. Buat anda yang beragama muslim dan ingin menyaksikan makkah tak perlu jauh jauh tiba ke Arab. Anda dapat lakukan rekreasi religius di Miniatur Makkah di Kota Padang. Yang dapat dilaksanakan di sini hanya hanya rekreasi religius saja, sedang untuk lakukan beribadah haji beneran ya masih tetap berada di Arab.

Miniatur Makkah ini ada di Lubuk Minturun. Miniatur Makkah ini sebagai project individu yang dibangun oleh Haji Nuril Zakir dan keluarganya. Niat dari pendirian miniatur ini untuk rayakan hari ulangtahun pernikahan mereka yang ke 30 tahun. Miniatur Makkah dibuat di tahun 2000 persisnya tanggal 13 Desember dan usai pada tanggan 8 September 2001.

Pemandian Lubuk Minturun

Untuk anda yang hoby bermain air tidak komplet rasa-rasanya bila tidak berkunjung tempat rekreasi yang ini. Pemandian Lubuk Minturun ialah pemandian yang dibuka untuk umum. Pemandian ini benar-benar luas hingga tidaklah heran bila saat berlibur datang pemandian ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Untuk anda yang berkunjung Makkah mini, anda dapat ke arah pemandian Lubuk Minuturun ini. Hal tersebut karena pemandian ini searah dengan Makkah mini atau miniatur Makkah.

Untuk yang kurang cukup senang dengan pemandian, anda dapat bermain air di Lubuk Camin atau Air sungai. Tetapi lokasinya cukup jauh dari pemandian minturun. Pemandian Lubuk Minturun dapat dijadikan tempat rekreasi keluarga, anda dapat ajak anak anak anda untuk bermain air di Pemandian Lubuk Minturun ini. Tetapi untuk yang ingin mandi di sungai, masih tetap jaga kehati hatian khususnya untuk orang-tua yang bawa anak anak.

Taman Siti Nurbaya

Tempat yang lain yang memikat buat didatangi ialah Taman Siti Nurbaya. Cerita Siti Nurbaya bukan hanya dijadikan nama jembatan ssaja tetapi dijadikan nama untuk taman di Bukit Padang. Untuk anda yang menyukai dengan panorama yang hijau yang asri anda dapat bertandang ke arah tempat ini. Tempat ini berada di Bukit Padang. Bukit Padang sebagai tempat rekreasi yang pas dijadikan arah rekreasi. Bukit Padang berada di samping jembatan dari siti Nurbaya, persisnya bukit ini berad di samping barat Jembatan Siti Nurbaya. Panorama yang ada pada tempat ini benar-benar serupa dengan bukit di film kartun Doraemon. Bukit ini juga diberi nama dengan Bukit Nobita.

Tempat Rekreasi Yang lain di Sumatera Barat

Berikut ialah beberapa tempat rekreasi yang berada di Sumatera Barat terpopuler dan terkenal yang wajib buat didatangi :

Janjang Saribu

Untuk anda yang ingin menyaksikan great wall yang berada di China tak perlu jauh jauh, hal tersebut karena di Sumatera Barat ada tempat rekreasi yang disebutkan Janjang Saribu. Janjang Saribu ini berada di kota Bukit Tinggi. Sama seperti dengan tembok besar yang berada di China, Janjang Saribu ini tembok besar dengaan panjang 1 KM. Saat anda ada di Sumatera Barat janganlah lupa untuk berkunjung tempat rekreasi yang ini.

Yakinkan saat anda berkunjung Janjang Saribu keadaan kesehatan anda sedang baik, janganlah lupa bawa perbekalan minuman dan makanan yang cukup. Jalur yang jauh dan jalan naik membuat anda memerlukan perbekalan minuman dan makanan yang cukup. Lokasi tempat rekreasi ini dekat denan Lobang Jepang. Untuk orang yang belajar dalam sektor geologi tempat rekreasi ini pas untuk anda. Pengangkatan lurus dan patahan patahan membubung di bukit yang berada di Barisan Saribu ini benar-benar menakjubkan.

baca juga : trip wisata ke pulau macan jakarta

Lobang Jepang

Tempat rekreasi di Sumatera barat yang dapat didatangi ialah Lobang Jepang. Jaman dulu penjajahan jepang sampai di tanah Minang. Dapat disebutkan Lobang Jepang ini ialah bangunan sisa warisan penjajahan Jepang yang berada di Bukittinggi. Lobang ini dipakai sebagai penjara dan benteng untuk pertahanan penjajah Jepang.

Lobang Jepang ini dibuat di tahun 1942 s/d 1945. Lobang Jepang ini dibuat beberapa Romusa, masyarakat Indonesia yang ditahan oleh penjajah Jepang ini dikerja paksakan untuk membuat lobang. Panduan untuk wisatwan yang barusan tiba ke sini, seharusnya memakai jasa tur guide. Tur guide itu bermanfaat untuk membantu pelancong yang tiba ke Lobang Jepang pertama kalinya supaya tidak salah jalan di lorong Goa Jepang yang umumnya banyak memiliki lorong.

 

Jam Gadang

Janganlah lupa untuk singgah ke icon rekreasi di Bukit Tinggi Sumatera Barat satu ini. Dijadikan icon kota Bukit Tinggi karena jam ini mempunyai riwayat yang mengagumkan, bahkan juga jam ini telah ada semenjak zaman penjajahan Belanda yang berabad era lamanyya. Luas Jam Gadang ini ialah 13 x 4 mtr. dan terbagi dalam beberapa tingkat. Pada bagian atas Jam Gadang ini ada penyimpanan bandul di mana bandul itu sempat patah karena gempa besar yang terjadi pada tahun 2007. Gempa besar itu semat menerpa teritori Sumatera Barat satu diantaranya ialah Kota Bukit Tinggi.

Selainnya mempunyai bangunan yang tinggi, kekhasan yang lain Jam Gadang ini berada pada angkanya. Umumnya jam dicatat memakai angka digital atau romawi, tetapi angka empat pada Jam Gadang ini dicatat dengan angka IIII, bukan IV. Disekitaran Jam Gadang anda akan mendapati pasar yang pada harga barangnya yang murah dan meriah asal pelancong pintar tawar menawar dengan pedagang.

Itu tempat rekreasi di Padang dan di Sumatera Barat yang dapat anda datangi. Beberapa tempat itu selainnya tawarkan panorama yang cantik tawarkan riwayat dan budaya yang tinggi. Oleh karenanya saat anda sedang berlibur, anda dapat jadikan tempat rekreasi itu sebagai arah rekreasi.