Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Stunting Artinya Tinggi Badan Kurang, Ini Penjelasannya!

Tidak sedikit anak yang mengalami kondisi stunting. Bagi yang belum tahu, stunting artinya kondisi kurangnya tinggi badan. Hal ini tentunya menggunakan acuan tinggi berdasarkan ketentuan umur. Jika tinggi anak tidak sesuai dengan standar umurnya, maka kondisi ini perlu perhatian lebih. Karena tergolong dalam gangguan tumbuh kembang anak.

Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Jadi, stunting ini tidak serta-merta timbul tanpa adanya sebab yang jelas. Ciri-ciri stunting juga bisa dilihat pada anak yang mengalaminya. Semua hal ini akan dijelaskan secara rinci untuk memberikan pemahaman baru pada orang tua. Simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Stunting dan Cirinya

Secara garis besar stunting artinya kondisi yang tidak baik pada anak. Jika tinggi anak kurang dari tinggi seharusnya berdasarkan usia yang dimiliki, maka hal ini termasuk stunting. Grafik tinggi badan acuan sudah disediakan oleh WHO. Jika dilihat dan standarnya kurang -2, maka ini sudah bisa disebut dengan stunting.

Ada banyak ciri-ciri yang terlihat dari anak yang mengalami stunting. Ciri-ciri yang ada tidak hanya sekedar ciri fisik, namun juga mental. Selain itu, tanda-tanda yang terlihat bisa berkepanjangan dan tidak hanya ada pada bayi. Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat dari anak yang mengalami stunting:

  • Pertumbuhan pada fisik sangat lambat. Mulai dari gigi, berat badan, dan tinggi badan semuanya mengalami kelambatan.
  • Kemampuan dalam belajar dan mengingat tidak secepat anak seusianya.
  • Memiliki wajah yang cenderung lebih muda dari yang seharusnya.
  • Akan mudah terserang penyakit.
  • Jika sudah menginjak usia delapan sampai sepuluh tahun akan mengalami kemunduran sosial dan cenderung diam.

Penyebab Stunting

Ada beberapa penyebab stunting yang terjadi pada anak. Biasanya, penyebab ini tidak hanya setelah anak lahir. Namun, perlakuan pada anak saat dalam kandungan juga bisa mempengaruhi kondisi anak setelah lahir. Maka dari itu, beberapa penyebab berikut ini harus diperhatikan dengan baik oleh setiap orang tua:

1. Asupan Gizi yang Minim Saat Hamil

Saat anak masih dalam kandungan, asupan gizi yang cukup sangat diperlukan. Jika gizi tidak sesuai dengan kebutuhan, maka akan berdampak pada kondisi anak setelah lahir. Asupan gizi yang diperlukan bisa disesuaikan berdasarkan anjuran untuk ibu hamil. Atau kalau perlu, lakukan konsultasi dengan dokter untuk memenuhi asupan gizinya.

2. Adanya Infeksi yang Kronis

Infeksi kronis pada anak biasanya tidak hanya terjadi satu kali. Bahkan sejak bayi, anak sudah bisa mengalami kondisi ini. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka bisa menyebabkan anak mengalami stunting. Agar tidak terjadi infeksi berulang, maka diperlukan pemahaman lebih untuk menghindari kemunculannya.

3. Penggunaan Sanitasi yang Kurang Memadai

Penyebab ketiga ini masih berhubungan erat dengan penyebab kedua. Jika sanitasi yang digunakan kurang memadai, maka anak akan terinfeksi berbagai penyakit. Lalu jika tidak segera ditangani, maka bisa menjadi penyebab stunting pada anak. Kondisi ini biasanya diawali dengan diare dan infeksi pada pencernaan.

4. Layanan Kesehatan yang Masih Minim

Layanan kesehatan di masyarakat juga bisa memberi dampak besar bagi kesehatan anak. Selain menjamin pengobatan, layanan kesehatan juga bisa memberi pengarahan pada orang tua. Pemahaman orang tua yang masih kurang memang harus diperhatikan lebih dalam dengan bantuan layanan kesehatan yang ada.

Namun terkadang, layanan kesehatan masih sangat jarang di beberapa daerah. Sehingga tidak ada yang bisa membantu orang tua untuk memberi pemahaman serta pertolongan pertama pada anak yang memiliki kondisi stunting. Hal ini bisa menjadi penyebab utama dalam kasus-kasus yang terjadi.

Berdasarkan uraian di atas, stunting artinya suatu kondisi yang tidak baik bagi anak. Maka dari itu, orang tua dan berbagai pihak perlu membuat pencegahan dengan berbagai bentuk agar tidak terjadi stunting pada anak. Penjelasan di atas diharapkan bisa menjadi pemahaman dan referensi baru bagi orang tua untuk memahami stunting.