Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

spesifikasi samsung tab s8

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

Fitur-Fitur yang Dimiliki dan Harga Samsung Galaxy Tab S8

Ke-3 tipe pada Samsung Galaxy Tab S8 Series memiliki fitur-fitur unggulan yang mendukung untuk berbagai aktivitas. Baik dalam menunjang pekerjaan maupun entertainment seperti gaming. Meski begitu, ada beberapa perbedaan mendasar dari ketiga serinya.

  1. Dapur Pacu

Jika biasanya Samsung mengandalkan dapur pacu maupun chipset hasil pengembangannya sendiri yakni Exynos, dalam beberapa watku belakangan pihak pabrikan menyematkan dapur pacu yang berbeda. Baik itu pada smartphone maupun tab seri terbaru ini.

Di sini terlihat Samsung lebih memilih Snapdragon 8 Gen 1 di ketiga tipe untuk menunjang kinerja penggunaan.

Hal itu juga diperkuat dengan kapasitas penyimpanan yang mumpuni membuatnya cukup unggul dengan RAM 8GB. Khususnya untuk akses WiFi lebih cepat dan juga hasil kamera yang lebih baik. Di samping kinerja yang anti ngelag pastinya.

  1. Desain dan Display

Secara sekilas, tampilan desain dari Samsung Galaxy Tab S8 ini tidak beda jauh dengan generasi sebelumnya yakni Tab S7 Series. Baik pada tipe reguler maupun tipe plus, layarnya minimalis dengan bezel yang tipis.

Hal itu membuatnya lebih nyaman untuk dibawa jika dibandingkan seri tertinggi, S8 Ultra yang memang lebih besar dari segi ukuran.

Di sisi lain, tipe Plus dan Ultra dibekali tipe layar AMOLED untuk kinerja lebih baik. Bahkan, ketiganya juga dibekali dengan S-Pen. Hanya saja perbedaannya terletak pada seri Plus dan Ultra yang menambahkan teknologi low-latency 2.8ms.

Dengan begitu, penggunaan S-Pen lebih mulus termasuk ketika digunakan dalam pekerjaan yang cukup berat.

  1. Software

Selanjutnya dari segi software, Samsung mengusung sistem operasi One UI 4.1 pada tablet ini. Hal tersebut membuat kinerjanya semakin mulus dalam hal multitasking dan mendukung untuk penggunaan multi-window.

Sebelumnya, fitur teknologi ini disematkan pada Galaxy Z Fold 3 dan kini disematkan pada tablet. Adanya fitur DeX daat mengubah tablet ini seperti PC desktop.

Di samping itu, Samsung juga menyediakan update software lima tahun termasuk untuk update OS secara umum yang nantinya juga update secara bersamaan dengan Android 16 pada 2026 mendatang. Lalu, ada update mengenai keamanan software yang digunakan selama lima tahun pula.

  1. Kamera dan Baterai

Pada segi kamera, ketiganya mengusung besaran resolusi yang sama. Dalam sebuah review di laman Tech Radar disebutkan memang kamera tersebut tak setajam kamera pada smartphone besutan Samsung.

Namun, hasilnya cukup baik untuk foto di media sosial. Begitu pun dengan kamera depannya dengan 12MP sebenarnya hal itu tidak terlalu buruk, khususnya bila digunakan untuk melakukan panggilan video.

Kemudian, dari segi baterai tipe Ultra memang memiliki kapasitas tertinggi. Meski begitu bukan mengecilkan dua tipe lainnya walaupun sedikit lebih rendah kapasitas daya baterainya namun masih unggul digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Ini juga didukung dengan pengisian daya super cepat 45W yang membuatnya dapat mengisi daya 100% dalam kurun waktu kurang dari 1,5 jam saja.

  1. Harga Samsung Galaxy Tab S8 Series

Terakhir adalah mengenai harga Samsung Galaxy Tab S8 Series yang dipasarkan. Seperti dijelaskan pada spesifikasi di atas, ketiganya memiliki beberapa perbedaan mendasar. Tentu saja, hal tersebut berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Adapun harga Samsung Galaxy Tab S8 Series seperti dilansir di laman resmi Samsung.com adalah:

  1. Samsung Galaxy Tab S8: Rp10 jutaan
  2. Samsung Galaxy Tab S8 Plus: Rp17 jutaan
  3. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra: Rp20 jutaan

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy S5