Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Seputar Neo Bank

 

 

Semuanya serba digital sekarang, mulai dari hiburan, belajar, berjualan, belanja hingga menabung. Padahal digital banking sudah ada sejak lama, seperti online banking dan mobile banking. Namun tetap diperlukan sistem manual/non-digital untuk memanfaatkannya.

Misalnya, buka rekening tabungan langsung di bank, lalu daftar digital banking langsung ke bank, lalu nikmati fasilitas online/digital. Tapi tahukah Anda bahwa tidak ada bank digital 100% di luar sana?

Mulai dari pembukaan rekening dan registrasi hingga transaksi finansial, semuanya dilakukan secara online tanpa harus datang langsung ke lokasi bank. Bank tersebut bernama Neobank.

Definisi Bank Neo

Singkatnya, neo bank adalah bank yang dapat membantu kita dalam segala macam transaksi keuangan dengan satu klik melalui gadget kita dan 100% berbasis teknologi atau digital.

Namun makna lengkapnya adalah neo bank merupakan inovasi financial technology yang menyediakan layanan branchless digital banking.

Baca Juga : Call center BRI

Neobank umumnya tidak memiliki bentuk fisik layanan perbankan, tetapi neobank sepenuhnya online. Neobank menggunakan aplikasi yang dapat diunduh ke smartphone pengguna.

Neobank adalah untuk klien yang paham teknologi yang tidak keberatan melakukan sebagian besar manajemen keuangan mereka melalui aplikasi seluler.

Hal ini karena neobank memberikan kemudahan dan gaya kerja yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern saat ini, khususnya anak muda.

Neo bank juga merupakan produk digital banking PT. Bank E-Commerce Neo. Ini secara resmi merupakan bank digital pertama yang dibuat oleh perusahaan e-commerce, karena PT Bank Neo Ecommerce merupakan perusahaan yang berhasil diakuisisi oleh PT. Akulaku, salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia.

Selama peluncurannya ke publik, neobank sering disebut-sebut sebagai ancaman/gangguan utama bagi industri perbankan dan tekfin yang ada.

Meskipun banyak berita buruk tentang neobank, sudah ada beberapa neobank yang beroperasi di beberapa negara.

Neobank menyediakan layanan perbankan yang mirip dengan bank tradisional pada umumnya, tetapi dalam jumlah terbatas. Layanan ini meliputi:

  • Rekening Tabungan dan Deposito
  • Layanan pembayaran dan pengiriman uang
  • Layanan perencanaan keuangan (stasiun perbelanjaan, mengatur transfer berulang, dll.)

Saat ini neo bank memungkinkan pengguna untuk menautkan rekening bank biasa dengan bank neo sehingga pengguna dapat menikmati fitur terbaik dari kedua bank. Jadi meskipun neobank sudah ada, usulan untuk mendirikan bank tradisional tetap ada.

Cara Membuka Rekening Bank Neo

Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman memiliki rekening bank digital bank baru dan menikmati berbagai keuntungan. Sebelumnya, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Calon klien adalah warga negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Berusia minimal 17 tahun
  • Siapkan tanda pengenal yang masih berlaku berupa e-KTP dan NPWP, jika ada. Saat siap mendaftar di aplikasi.
  • Memiliki handphone yang mumpuni yang dapat mendukung sistem aplikasi bank dengan baik.
  • Memiliki nomor ponsel yang selalu aktif untuk menerima kode one-time password (OTP) dan kedepannya perlu login ke akun Neo+ Anda.

Jika sudah memenuhi syarat utama, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Neo Bank di ponsel Anda melalui layanan PlayStore atau AppStore.
  2. Instal dan buka aplikasi
  3. Baca dan pelajari fitur-fitur di aplikasi Neo Banking
  4. Tekan tombol daftar untuk mendaftar
  5. Masukkan nomor ponsel yang aktif dan tekan tombol Kirim OTP.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke kolom yang bersangkutan.
  7. Jika ada, Anda dapat memasukkan kode rekomendasi
  8. Kemudian tekan tombol “Daftar Sekarang”
  9. Akan muncul syarat dan ketentuan berikut. Klik “Saya telah membaca dan setuju” untuk melanjutkan.
  10. Selanjutnya, buat kata sandi untuk konfirmasi. Kata sandi harus terdiri dari 8-16 karakter, dengan minimal angka, huruf besar, huruf kecil, dan karakter khusus.

Setelah proses pendaftaran selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melanjutkan ke tahap pembukaan rekening:

  1. Masuk ke aplikasi Neo Bank
  2. Membaca dan memahami informasi terkait pembuatan akun, dan pengambilan foto bersama undangan atau mitra (jika ada).
  3. Kemudian lanjutkan proses aktivasi akun dengan menyetujui syarat dan ketentuan akun.
  4. Dapatkan hadiah (jika ada)
  5. Kemudian verifikasi KTP yang dapat mengambil foto dari galeri atau langsung dengan kamera ponsel. Setelah itu, klik tombol Kirim.
  6. Aplikasi kemudian akan menampilkan halaman dengan informasi yang terdapat pada KTP. Jika ada entri data yang salah, silakan periksa dan perbaiki, lalu tekan tombol “Verifikasi Sekarang”.
  7. Selanjutnya, tambahkan informasi tambahan berupa nama ibu kandung, status perkawinan, masalah pekerjaan, dan tujuan pembukaan rekening.
  8. Selanjutnya, jika semua kolom ditinggalkan, tanda tangani secara digital.
  9. Kemudian tekan “Mulai Verifikasi” di bagian bawah untuk memverifikasi wajah.
  10. Setelah verifikasi wajah, informasi tentang pengiriman file akan muncul. Pada tahap ini, calon pelanggan juga dapat memasukkan kode rujukan, jika tersedia, untuk manfaat tambahan.
  11. Selanjutnya, jadwalkan validator. Langkah-langkah verifikasi termasuk memasukkan alamat lengkap, area dan nomor ponsel. Setelah selesai, klik Konfirmasi.
  12. Tunggu notifikasi hasil pembukaan rekening.

Ingat, untuk menghindari gangguan pada berbagai tahap proses, pastikan ponsel Anda terisi penuh dan koneksi internet Anda cepat atau stabil.