Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

robot manusia tercanggih

5 Robot Manusia Tercanggih di Dunia dan Mengerikan!

In-baidu.com – Bicara mengenai robot, tentu saja kalian tak pernah terpikirkan bagaimana robot bisa meniru semua yang dilakukan manusia. Seiring berjalannya waktu, tentu perkembangan robot semakin canggih dan pesat. Yang notabene dahulu robot hanya seperti mainan atau seperti ajang perlombaan saja, namun sekarang ada robot manusia tercanggih.

Robot tercanggih mirip manusia ini tentunya pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang. Yap kita tau sendiri Jepang adalah negara yang dalam teknologinya maju sekali. Kebangkitan itulah yang membuat Jepang semakin nomor satu dalam urusan teknologi.

Baca juga: Menginstal macOS dari flash drive USB – Universal Serial Bus

Tak disangka, Jepang mampu membuat robot canggih mirip manusia. Dari segi design, kontrol, dan pergerakannya. Hanya saja tetap robot tidak mempunyai perasaan seperti manusia. Jadi mau sampai kapanpun robot sangat berbeda dengan manusia. Bagi yang kepo, ada 7 robot manusia tercanggih di dunia loh, yuk simak ulasannya!

Inilah 5 Robot Manusia Tercanggih di Dunia

Robot-robot yang kami ulas disini adalah robot yang tercanggih yang teknologinya memang sudah tergolong maju dan bukan robot permainan atau robot perlombaan yang sering kalian lihat. Tentu jika kalian ingin meminangnya pun siap merogoh kocek bernilai kisaran dari ratusan juta sampai miliarn.

Tentu harga yang fantastis untuk sebuah robot, namun robot tercanggih yang pernah dibuat manusia ini akan semakin berkembang dan bisa saja menggantikan peranan manusia dalam urusan pekerjaan. Karena dapat kita ketahui seksama, robot tidak memiliki rasa capek karena mereka memang sebuah mesin.

Jadi tentu dengan perkembang robot ini ada nilai lebih dan nilai buruknya.

1. Asuna

Jepang merupakan negara yang memiliki teknologi tercanggih yang ada di dunia. Kita ketahui mereka hampir memakan semua dari aspek teknologi. Entah itu dari teknologi kendaaran bermotor, mobil, barang elektronik, industri, dan tentu robot juga. Nah robot kali ini dikenalkan oleh ahli robot yang berasal dari Universitas Osaka Jepang yang sempat ia pamerkan di pameran Tokyo Desainer Week.

Walaupun belum di lengkapi dengan teknologi AI, robot ini justru mengklaim bakal dilengkapi dengan kecerdasan AI dalam 10 tahun ke depan. Robot Asuna diciptakan hampir mirip dengan bentuk manusia, dari segi tekstur pun sama. Serta Asuna sendiri diklaim memiliki mimik-mimik yang sama seperti manusia dan tujuannya memang menjadi robot manusia.

Dari matanya yang bisa berkedip, melambaikan tangan, menundukkan kepala, dan hampir mirip dengan perilaku manusia. Bahannya sendiri terbuat dari bahan silikon atau animatronic yang sering digunakan untuk menduplikat wujud manusia.

2. Han

Nama yang singkat, robot ini merupakan robot yang sekarang berfokus pada penyempurnaan wajahnya. Jadi robot Han ini, dikembangkan hanya dalam bentuk kepala saja. Karena fokus para pembuat ada di situ. Sesuai yang diungkapkan Hansen Robotic, selaku pembuat dari robot Han, robot yang memiliki wajah seperti manusia ini bertujuan untuk pengamatan dan peniruan sendiri untuk wajah manusia.

Komponen dari robot Han ini menggunakan frubber, gabungan dari kata flesh dan rubber. Robot Han juga pertama kali dikenalkan di pameran Global Sources Mobile Electronic Show Asia World Expo. Dan salah satu keunikannya, robot ini bisa berinteraksi dengan manusia dan layaknya sebagai teman bicara.

Dia bisa mengidentifikasi ekspresi dengan pergerakan bola mata, bahkan dengan melalui percakapan sederhana yang sudah diprogram sebelumnya. Cukup canggih bukan si Han ini?

3. Erica

Sama dengan pembuat dari robot Asuna diatas, Erica dibuat dengan tangan yang sama dari Universitas Osaka Jepang. Dan mereka berhasil menciptakan robot Erica setelah memamerkan robot Asuna di pameran. Design nya pun masih sama menyerupai manusia, namun lebih terlihat cantik.

Dan Erica sendiri bisa diajak komunikasi karena memiliki kemampuan bicara dengan bahasa tubuh meskipun robot Erica ini masih terlihat kaku dan belum selugas manusia. Jelas lah ya namanya robot hehe.

Erica hampir bisa meniru semua perilaku dan kebiasaan yang dilakukan manusia, mulai dari mengedipkan mata, mengangguk, memiringkan wajah bahkan mempunyai mimik wajah yang mencerminkan sedang bahagia atau marah dan sedih. Cocok sekali robot Erica ini menjadi teman saat kalian merasa sepi, dengan kata lain kalau kalian tidak takut ya hehe.

4. Gemenoid DK

Robot yang satu ini bisa dibilang sekedar tiruannya manusia, karena apa? Gemenoid DK ini mengklaim benar mirip manusia dan hampir menyentuh di angka 95% untuk kemiripan wujud fisiknya. Tak heran robot ini jika dilihat dari jauh mirip seorang profesor.

Sama seperti Erica, robot Gemenoid DK ini merupakan hasil kerja sama antar jurusan di Universitas Osaka Jepang. Gemenoid DK ini merupakan tiruan dari profesor asal Denmark yaitu Profesor Handriks. Dari segi penampilan, dan teknologi yang bisa dilakukan robot ini tergolong robot manusia tercanggih di dunia.

5. Jia Jia

Kali ini ada robot berasal dari negara Tiongkok. Sama halnya dengan Jepang, China sendiri memang tergolong negara yang ambisius dalam mengembangkan sebuah teknologi dan ingin menguasai pasar robot. Alhasil mereka juga bisa menghasilkan sebuah robot dan dinamakan Jia Jia.

Jia Jia merupakan robot dewi yang pandai berbicara dan menirukan semua yang dilakukan manusia. Membutuhkan waktu riset dan pembuatan yang lama, tentu hasilnya pun sangat mencengangkan dan menggegerkan dunia perobotan. Saking miripnya dengan manusia, robot ini juga sering terlihat seperti mengambil dan mengeluarkan nafas.

Pergerakan kecil ini tentu dibuat dengan alasan agar menyerupai manusia sepenuhnya. Robot humanoid ini diciptakan oleh tim insinyur robotika dari Universitas of Science and Technology China. Robot yang diluncurkan pada tahun 2016 ini, diklaim bisa melakukan pekerjaan yang mirip dengan manusia.

Misalnya saja Jia Jia sendiri bisa melakukan tugas sebagai chef, pekerja restoran, dan masih banyak lagi. Tentu ini mengkhawatirkan jika diproduksi massal dan sudah dalam tahap sukses, lowongan pekerjaan pun semakin sempit dan akan diambil alih oleh si robot cantik ini.

Mengerikan bukan?

Kelebihan Adanya Teknologi Robot Canggih

Bicara mengenai kelebihan adanya robot ini, tentu kita akan mengetahui sampai mana perkembangan teknologi ini berkembang. Dan pastinya akan membantu kita juga dalam riset teknologi robot untuk kepentingan bersama. Bisa saja kemajuan teknologi ini menghasilkan sebuah terobosan terbaru.

Contohnya saja, robot ini bisa menjadi assiten atau penjaga pemiliknya yang tidak memiliki rasa capek, dan mengeluh. Ia juga bisa berjaga 7×24 jam dan tentu ini merupakan nilai lebih dengan adanya teknologi robot canggih.

Kekurangan Adamya Teknologi Robot Canggih

Berbalik 180 derajat, mengenai kekurangan robot ini, menjadi bahan pembicaraan yang ramai. Terutama berasal dari pekerja yang tidak ingin disingkirkan. Loh kok bisa? tentu bisa, mengingat robot canggih sekarang seperti yang dijelaskan diatas, mereka sudah hampir bisa melakukan pekerjaan yang manusia lakukan tanpa mengenal rasa capek dan mengeluh.

Tentunya juga si pemilik robot pun tidak usah menggaji dan hanya perlu membayar harga beli dan biaya perawatannya saja. Menarik kan? tentu para pekerja tidak mau hal itu terjadi, maka salah satu solusi yaitu pekerja yang masih konvensional dan belum tentang jalannya teknologi digital, sebaiknya belajar kedepannya.

Entah itu belajar untuk bekerja membangun digital aset, atau mendirikna startup. Di jaman sekarang, untuk mencari informasi tentang begitu sangat mudah dan tidak ada kata tidak mungkin. Semuanya ada di internet dan tersebar dengan cepat.

Kesimpulan

Tentu dengan adanya teknologi robot manusia tercanggih ini, kalian juga bisa meniru penemuan ini dan bisa dijadikan motivasi. Jangan menilai ilmu seseorang juga berdasar hasil dalam waktu yang cepat. Jika kalian tahu, para penemu robot ini mereka menghabiskan waktu berpuluh-puluh tahun untuk meluncurkan sebuah robot canggih mirip manusia ini.

Jadi semuanya kembali ke kalian, harus berusaha atau bahkan harus mengikuti perkembangan jaman, jangan mau untuk diperdaya oleh sebuah robot. Karena sejati manusia adalah makhluk paling tinggi derajatnya dibanding apapun.