Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Prosedur Pembuatan KITAS

Bagi Warga Negara Asing yang ingin mengurus KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) harus ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pembuatan KITAS. Dokumen ini berlaku sebagai izin tinggal di wilayah Indonesia dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi dan Pengurusan KITAS

Apa fungsi KITAS? KITAS adalah dokumen penting yang sangat diperlukan jika seseorang ingin bekerja atau tinggal di wilayah Indonesia untuk waktu yang lebih lama sebagai orang asing (ekspatriat).

Dasar pemberian KITAS untuk Warga Negara Asing ialah untuk tenaga kerja asing yang datang ke Indonesia dalam rangka keperluan menempuh pendidikan, bekerja, pensiun dan lain sebagainya.

Persyaratan Pembuatan Kitas

Menurut Permenkumham No. 27 Tahun 2014, Surat izin tinggal terbatas ini diperuntukkan bagi orang asing yang tinggal dan berada di Indonesia dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Jadi, para WNA wajib mengurus surat perizinan ini jika tidak ingin dikenai hukuman. Prosedur pembuatan KITAS sendiri cukup mudah. Untuk pengurusan KITAS membutuhkan beberapa persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Biasanya beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan KITAS antara lain; surat penjamin dari pemohon KITAS yang ditujukan kepada kepala kantor imigrasi setempat, paspor asli dan fotokopi, formulir atau halaman biodata, visa dan lain sebagainya.

Prosedur Pembuatan KITAS

Setelah pemohon melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan pembuatan KITAS, maka bisa langsung mengurusi surat tersebut dengan prosedur pembuatan KITAS sebagai berikut:

  • Pertama, mengajukan permohonan pada kepala kantor imigrasi setempat
  • Setelah melakukan pengajuan dan mendapatkan surat atau tanda masuk, WNA harus mengurusnya paling lambat 30 hari
  • Mengisi dan melengkapi dokumen
  • Dokumen persyaratan pembuatan KITAS akan dilakukan pengecekan oleh pihak kantor imigrasi
  • KITAS akan terbit dalam jangka wkatu kurang lebih 4 hari jika dokumen yang diserahkan benar-benar valid dan sudah sesuai ketentuan
  • KITAS akan dicetak dan ditandatangani oleh kepala imigrasi setempat
  • Terakhir, pemohon akan melakukan pembayaran pengurusan KITAS sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikianlah prosedur pembuatan KITAS yang bisa dilakukan oleh WNA dengan mudah dan tidak perlu menunggu waktu terlalu lama. Ada baiknya, pengurusan KITAS dilakukan sejak 2 bulan sebelum datang ke Indonesia supaya prosesnya lebih mudah. Menggunakan jasa pengurusan KITAS mungkin bisa menjadi solusi kemudahan pengurus KITAS.