Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Jenis Plastik yang Aman untuk Dipanaskan dalam Microwave

Anda akan menemukan bahwa tidak semua plastik berlaku untuk aplikasi yang sama. Setiap jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga berbeda dalam penggunaannya. Ada plastik yang memiliki ciri khas sehingga cocok untuk bahan pengganti kaca. Ada juga yang tahan benturan sehingga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan container.

Ini juga berlaku untuk aplikasi plastik sebagai kemasan makanan panas atau makanan yang perlu dipanaskan kembali di microwave. Perhatikan bahwa sebagian besar jenis plastik cenderung tahan panas. Plastik tahan panas akan menyusut jika diletakkan di microwave, yang dapat merusak produk makanan di dalam ruangan.

Jika membutuhkan mesin pencacah plastik untuk bisnis Anda, bisa beli pada tautan tersebut ya!.

Perkembangan teknologi rekayasa polimer dewasa ini memungkinkan beberapa jenis plastik memiliki daya tahan suhu yang beragam sehingga dapat bertahan dan tidak dapat berubah bentuk meskipun pada suhu yang cukup tinggi. Namun, setiap resin memiliki reaksi yang berbeda terhadap panas, sehingga ada beberapa jenis plastik yang tidak disarankan untuk memanaskan makanan dalam microwave.

Untuk itu, simak pembahasan berikut untuk memahami jenis plastik unsafe dan unsafe yang digunakan dalam gelombang mikro.

Plastik yang Tidak Cocok untuk Dipanaskan dalam Microwave

1. Polyethylene Terephthalate (PET)

Plastik PET merupakan salah satu jenis plastik yang biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan air mineral dan botol minuman ringan karena kandungan garamnya yang bening. Umumnya suhu penggunaan plastik PET hanya 71 ° C. Sedangkan panas microwave bisa mencapai 100 ° C.

Oleh karena itu, plastik PET tidak disarankan untuk diterapkan dalam aplikasi gelombang mikro. Selain itu, kemasan PET juga didesain untuk single use, bukan multi use packaging.

2. Polystyrene (PS)

Polystyrene merupakan salah satu jenis plastik yang biasa ditemukan pada kemasan Styrofoam. Plastik jenis ini memiliki range temperatur pemakaian hingga 85 ° C. Seperti yang telah disebutkan di atas, panas microwave dapat mencapai temperatur 100 ° C, sehingga plastik PS tidak sesuai untuk aplikasi yang menggunakan gelombang mikro.

Plastik yang Cocok untuk Dipanaskan dalam Microwave

1. Polypropylene (PP)

Plastik polypropylene memiliki toleransi panas yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai kemasan makanan panas, atau untuk yang perlu dipanaskan dengan microwave. Polypropylene memiliki titik leleh yang relatif tinggi, hingga 146 ° C. Titik lebur tersebut melebihi suhu gelombang mikro 100 ° C. Selain itu, plastik PP merupakan jenis plastik yang umumnya aman untuk digunakan kembali, atau dipanaskan berulang kali.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis plastik PP yang akan Anda gunakan. Secara umum ada tiga jenis plastik PP yang biasa digunakan sehari-hari yaitu PP homopolymer, PP random copolymer, dan PP block copolymer. Biasanya, blok homopolimer PP dan kopolimer plastik adalah dua jenis yang paling cocok untuk aplikasi panas. Selain itu, plastik kopolimer blok PP juga tahan terhadap dingin, sehingga cocok digunakan sebagai kemasan makanan beku.

2. High-Density Polyethylene (HDPE))

Plastik HDPE yang biasa digunakan untuk membuat wadah makanan, umumnya memiliki rentang temperatur yang cukup luas, berkisar antara -40 ° C hingga 130 ° C. Dengan demikian, plastik HDPE cenderung aman untuk aplikasi dalam penggunaan microwave karena temperatur penggunaan dapat melebihi microwave panas.

Ini adalah informasi tentang beberapa jenis plastik yang tidak aman dan tidak aman untuk digunakan dalam microwave. Perlu diperhatikan bahwa toleransi suhu bahan plastik berbeda-beda tergantung dari produsennya. Jadi cara paling aman untuk menentukan apakah suatu bahan plastik aman untuk dipanaskan dalam microwave atau tidak adalah dengan melihat apakah kemasannya berlabel “microwave safe” atau tidak.

Namun, tidak semua produk kemasan memiliki deskripsi ini. Oleh karena itu, setidaknya informasi yang diberikan dalam artikel ini dapat membantu Anda menyelesaikannya.