Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

pengertian dan fungsi google cloud platform

Pengertian Dan Fungsi Google Cloud Platform

Buat anda pengguna internet yang sudah tidak asing lagi mendengar kata “Google Cloud Platform”, apakah anda sudah tahu apa itu Google Cloud Platform dan apa kegunaannya?

Perlu anda ketahui bahwa Google Cloud Platform adalah produk layanan Google, yang terdiri dari empat komponen utama untuk membangun aplikasi berbasis cloud.

4 komponen tersebut meliputi Google Cloud Storage (GCS), Google BigQuery (BQ), Google Compute Engine (GCE) dan Google AppEngine (GAE).

Secara umum, layanan Google Cloud Platform banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk membangun layanan dalam skala korporat atau global. Sederhananya, Google Cloud Platform adalah layanan yang dapat digunakan sebagai alat “di-host” dengan menggunakan server Google.

 

Pengertian Dari Komponen GSE, GBQ, GCS Dan GAE

Seperti yang sudah kami tulis diatas, Google Cloud Platform (GCP) memiliki 4 macam komponen utama yang wajib banget untuk anda ketahui. Komponen tersebut meliputi Google AppEngine (GAE), Google Compute Engine (GCE), Google BigQuery (GBQ) dan Google Cloud Storage (GCS).

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjabarkan semua komponen yang terdapat di dalam Google Cloud Platform :

 

1. Google Compute Engine

Saat membangun aplikasi Web, layanan mesin aplikasi dapat memberikan solusi terbaik kepada penggunanya. Pada layanan Google Compute Engine, Anda dapat mengontrol sistem operasi di server Google.

Sederhananya seperti ini, saat anda memiliki salah satu server berbasis linux, maka anda akan menginginkan sebuah hal seperti ingin melakukan apapun yang anda inginkan.

 

2. Google Cloud Storage

Google Cloud Storage Service adalah layanan penyimpanan data, yang merupakan produk Google untuk pengembang. Biasanya mereka membutuhkan media penyimpanan yang sangat besar untuk menyimpan datanya, baik itu video sharing, document sharing, dll.

 

3. Google AppEngine

Google AppEngine adalah sebuah layanan yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi, biasanya aplikasi berbasis web atau biasa disebut dengan WebApps. Google AppEngine ini biasanya hanya digunakan untuk membuat website saja khususnya dalam skala enterprise dan skala global.

 

4. Google BigQuery

Google BigQuery adalah alat yang dapat Anda gunakan sebagai pendeteksi untuk melihat tren penjualan, pencapaian, dan analisis berdasarkan data yang diperoleh dari Google BigQuery.

 

Fungsi Google Cloud Platform

Layanan Google Cloud Platform sering digunakan secara luas oleh perusahaan rintisan dan pendiri serta pengusaha untuk meningkatkan bisnis yang mereka bangun dan memasuki pasar dalam skala global. Dengan menggunakan Google Cloud Platform, StartUp dibangun dan dikembangkan untuk lebih meningkatkan realisasi tujuan pasar dan bisnis.