Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Panduan Melakukan Refill APAR yang Benar dan Aman

Alat pemadam kebakaran ringan mempunyai media yang beragam. Ini berarti apabila sudah menggunakannya, isinya akan habis. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan pengisian ulang pada tempat refill apar jakarta. Kemudian untuk mengisinya juga harus menggunakan standar supaya aman.

Panduan Melakukan Refill APAR yang Benar dan Aman

Panduan Melakukan Refill APAR yang Benar dan Aman

Dalam melakukan kegiatan pengisian ulang APAR, maka akan ada banyak sekali jenisnya. Hal tersebut berdasarkan media tabungnya. Pengisiannya terjadi apabila zat kimia sudah tidak berfungsia atau efektif lagi. Oleh sebab itu, supaya tetap aman, lakukan refill sesuai panduan berikut ini.

  1. Pastikan Isi Tabung Benar-Benar Kosong

Pada langkah awal metode pengisian alat pemadam kebakaran adalah dengan memastikan isinya telah kosong. Hal tersebut harus bersih dari sisa-sisa media sebelumnya. Dalam mengosongkannya, Anda dapat membalik tabung kemudian mengeluarkan isinya perlahan-lahan.

Media apar yang telah bersih selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan terhadap seal spindle serta seal head. Bersihkan juga bagian komponen tabung tersebut. Apabila menemukan kerusakan, maka segera lakukan perbaikan.

  1. Lakukan Pengisian Ulang Media Tabung Pemadam Kebakaran

Pada langkah melakukan pengisian kembali dalam tempat refill apar jakarta selanjutnya adalah dengan melakukan isi ulang menggunakan media sesuai spesifikasi tabungnya. Maka, apabila sebelumnya berisikan dry chemical powder sehingga isikan juga bahan tersebut.

Dalam melakukan pengisian ulang ini, Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada daftar harga tabung pemadam kebakaran. Setelah itu, petugas akan memberikan media baru sesuai kebutuhan serta kapasitasnya tanpa berlebihan maupun kurang.

  1. Menimbang Berat Total APAR

Tahapan pengisian kembali alat pemadam kebakaran yang benar dan aman berikutnya adalah melakukan penimbangan berat totalnya. Ini biasanya petugas lakukan dengan menjumlahkan berat media serta tabung APAR itu sendiri.

Jika beratnya telah memenuhi standar, maka lakukan penutupan head tabung APAR. Setelah itu, lanjut mengisikan tekanan pada pressure gauge. Proses pengisian tersebut harus sampai penunjuk menunjukkan jarum ke area hijau yakni antara 10 hingga 15 bar.

Demikian informasi tentang panduan pengisian kembali alat pemadam kebakaran pada tempat refill apar jakarta. Semua prosedur yang sesuai akan memberikan keamanan dan keselamatan. Semoga bermanfaat.