Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Optimalkan Bisnis dengan Landing Page Menarik

Memulai bisnis ketika sedang pandemi memang bukan perkara mudah. Sehingga ada banyak perintis usaha saat ini mulai merambah jejaring online untuk melebarkan sayap bisnis mereka. Hal utama yang perlu dilakukan untuk mampu bersaing dalam marketplace saat ini yakni dengan memiliki website sendiri untuk brand atau bisnis anda. Dalam serangkaian website yang menarik ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu landing page.

Landing page ini seolah magnet yang akan menarik konsumen dan mengoptimalkan bisnis anda. Namun bagaimana jika sebuah landing page yang hadir dalam website kurang menarik? berikut ini adalah tips yang dapat mengoptimalkan bisnis anda dengan membuat landing page yang menarik.

Tips Landing Page Menarik

●              Gunakan Foto 

Landing page dapat dikatakan sebagai magnet yang akan menciptakan Leads pada brand atau bisnis anda. Salah satu yang dapat digunakan untuk menarik konsumen adalah dengan menambahkan foto orang atau foto lain yang menarik. Foto harus sesuai dan berfokus pada produk dalam bisnis anda. Contohnya jika bisnis anda berupa layanan travel maka dapat menggunakan foto tempat wisata yang menarik.

●              Ilustrasi Gambar Sederhana Tapi Menarik

Selain foto anda juga dapat menyertakan gambar ilustrasi menarik yang merepresentasikan  produk atau bisnis anda. Ilustrasi ini akan sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap bisnis anda. Anda juga dapat menggunakan logo brand sebagai pengganti ilustrasi agar logo tersebut mudah diingat oleh konsumen.

 

●              Formulir

Landing page yang sederhana namun tetap menarik dengan menggugah keinginan konsumen untuk ikut serta atau berkontribusi. Mencantumkan formulir sederhana seperti formulir login dengan alamat email, password juga merupakan sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen. Selain itu dapat juga menyertakan tombol sederhana seperti join now atau shop now yang membuat konsumen ingin mencoba mengkliknya.

 

●              Copywriting

Ada berbagai jenis copywriting yang dapat digunakan dalam landing page. Copywriting ini harus singkat, padat dan jelas namun juga dapat meningkatkan minat ketertarikan dalam landing page tersebut. beberapa jenis copywriting ini dapat berupa headline singkat, subheadline atau kalimat singkat yang menjelaskan produk atau bisnis anda. Isi dalam rangkaian tulisan ini juga harus meyakinkan, seolah bisnis anda solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Jika anda masih ragu bagaimana cara membuat copywriting yang menarik anda dapat menggunakan jasa artikel SEO untuk landing page anda.

 

●              Privacy Policy

Penggunaan tulisan URL privacy policy and term of service ini tampaknya sepele, namun juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen ketika memasuki landing page anda. Dengan menyertakan tulisan ini konsumen akan merasa yakin dan aman jika mereka berkontribusi atau menaruh minat pada brand anda. Terutama untuk konsumen yang menggunakan data diri untuk login masuk ke website anda.

 

●              Promosi

Anda juga dapat memberikan sekilas promosi dalam landing page bisnis. Dengan menyertakan promosi sederhana di awal landing page dapat meningkatkan ketertarikan minat terhadap produk.

 

●              Tema

Landing page sederhana namun tetap menarik dapat dilakukan dengan menggunakan satu warna dominan pada seluruh halaman. Biasanya warna yang digunakan adalah warna yang senada dengan warna logo brand. Hal ini akan memberikan kesan minimalis dan menarik dalam landing page.

 

●              Games

Beberapa landing page dari website terkenal juga menyertakan games sederhana yang menarik perhatian konsumen seketika setelah masuk dalam halaman tersebut. games sederhana dapat berupa Lucky Wheel atau games lain. Hal ini akan meningkatkan interaksi pada landing page anda.

 

Sudah Tahu Tips Membuat Landing Page Menarik?

Penggunaan landing page ini memang sangat mempengaruhi kunjungan website dalam sebuah bisnis. Landing page yang menarik akan membuat konsumennya tertarik dan membeli produk anda. Beberapa landing page juga memiliki ciri desain yang berfokus pada satu sudut. Misal, jika anda menggunakan sisi kiri untuk meletakkan formulir singkat pada landing page maka segala jenis ilustrasi atau foto dapat diletakkan sebelah kanan. Sehingga konsumen yang pertama kali melihat tidak akan terdistraksi. Sudah tertarik untuk membuat landing page  sekarang?