Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Mesin Cetak Buku Nota

Jika Anda sendiri bekerja di dunia perkantoran bagian keuangan kegiatan setiap hari pasti tidak jauh dari transaksi menggunakan nota. Tak heran jika produksi mesin cetak buku nota juga semakin tinggi, namun apakah Anda sadar jika penggunaan kertasnya berbeda-beda.

Mesin Cetak Buku Nota

Berbagai Macam Jenis Kertas untuk Mesin Cetak Buku Nota

Walaupun banyak kegiatan saat ini sudah memakai sistem online yakni semua kegiatan kebanyakan menggunakan internet namun  tetap saja membutuhkan kertas. Apalagi dalam masalah keuangan, nota merupakan barang bukti penting. Namun tahukah Anda jika kertas pembuatannya berbeda-beda.

  1. Kertas NCR

Jenis pertama yang sering ditemui adalah NCR, no carbon required atau lebih akrab disebut NCR merupakan salah satu bahan biasa dipakai untuk pembuatan kertas nota. Biasanya juga digunakan untuk berbagai bukti transaksi lain seperti kwitansi dan semacamnya.

Lembar NCR nya memang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat nota, ciri-cirinya punya banyak warna mulai dari putih, kuning, pink, dan biru.

  1. Kertas HVS

Selanjutnya adalah kertas HVS, jenis kertas satu ini memang tidak selalu digunakan untuk pembuatan nota, apalagi harga cetak buku atau kertas ini cukup murah. Karena ketebalannya masih tidak begitu jauh dengan NCR, sehingga dapat difungsikan dengan baik sebagai bukti pembayaran transaksi.

Biaya produksinya memang lebih banyak dibandingkan NCR, karena biasanya  HVS memang dipergunakan sebagai kertas cetak dokumen atau jenis file  lainnya. Untuk ukuran Anda bisa sesuaikan sendiri, seperti digunting atau program langsung dari komputer sebelum di print.

  1. Kertas Kraft

Terakhir adalah jenis kertas kraft. Secara garis beras baik dari tekstur, ukuran sama dengan NCR dan HVS. Bahkan biayanya sendiri pun lebih murah dibandingkan harus pakai HVS. Jadi buat Anda yang tidak punya banyak dana bisa pakai kraft saja.

Namun bisa juga dibuat dengan warna lain sesuai dengan permintaan customer. Ukurannya juga lebar sehingga bisa masuk ke mesin print.

Itulah beberapa jenis kertas yang biasanya memang dipergunakan untuk membuat nota. Jika memang Anda punya budget banyak memang lebih baik memakai mesin cetak buku nota NCR saja, karena kualitasnya paling baik dan sesuai dengan kebutuhan.