Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Mengulik Pentingnya Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Tentu diperlukan infrastruktur yang kokoh dan kuat untuk mencapai sebuah kesuksesan. Topik tersebut telah dibahas berulang kali dalam kehidupan sehari hari, bahkan pembangunan infrastruktur menjadi PR tersendiri yang sampai sekarang terus dipikirkan oleh pemerintah. Apa sebenarnya pentingnya pembangunan infrastruktur di Indonesia? Yuk intip.

Pengertian Infrastruktur

Agar dapat memahami pentingnya pembangunan infrastruktur, maka anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu infrastruktur sendiri. Dan para ahli banyak yang telah mendefinisikan mengenai istilah infrastruktur tersebut. Seperti N. Gregory Mankiw yang mengartikan infrastruktur dalam ilmu ekonomi.

Mankiw menyebutkan bahwa infrastruktur adalah wujud modal publik sebagai salah satu investasi yang dilakukan pemerintah, seperti jalanan umum, jembatan, sistem saluran pembuangan, dan lain lain. Hampir senada, Neil S. Grigg menjabarkan pengertian infrastruktur sebagai sistem fisik yang menyediakan sarana drainase, bangunan gedung, transportasi, dan fasilitas fisik lainnya.

Dimana deretan fasilitas fisik tersebut diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar manusia, baik itu kebutuhan sosial maupun kebutuhan ekonomi. Tentu pengertian pengertian mengenai infrastruktur tersebut menjelaskan bagaimana pentingnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Manfaat Infrastruktur

Lebih lanjut, pentingnya pembangunan infrastruktur akan semakin jelas ketika melihat seperti apa manfaat yang bisa diberikan dari keberadaannya. Secara umum, infrastruktur yang memadai akan sangat berguna di bidang sosial, ekonomi, serta budaya. Untuk bidang sosial, infrastruktur akan berperan sebagai sarana komunikasi antar daerah.

Dan di bidang ekonomi, infrastruktur memiliki peranan yang besar dalam memperlancar kegiatan transaksi jual beli. Seperti sebagai sarana penghubung dalam melakukan distribusi produksi dan lain sebagainya. Jadi semakin memadai infrastruktur yang dimiliki sebuah negara, maka kegiatan ekonomi juga akan semakin lancar dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, di bidang budaya infrastruktur juga memberi manfaat tersendiri. Misalnya infrastruktur yang berupa rumah rumah adat, dimana bangunan tersebut dibangun dengan ciri khas dari kebudayaan yang ada di sekitar. Sehingga infrastruktur dalam hal ini dapat menjadi simbol dari kebudayaan suatu wilayah.

Dampak Pembangunan Infrastruktur

Dengan berbagai manfaatnya, pembangunan infrastruktur di Indonesia diyakini mampu memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Adapun yang paling terlihat adalah pembangunan infrastruktur mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Yang mana kondisi seperti ini akan memberikan pengaruh terhadap investasi dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan berbagai macam infrastruktur. Mulai dari infrastruktur jaringan telekomunikasi, jaringan jalan, jaringan listrik, air bersih, dan masih banyak lagi. Masing masing sangat penting dan tidak kalah penting dari pembangunan infrastruktur lainnya. Semua memberikan pengaruh yang besar dan signifikan bagi kehidupan masyarakat.

Intinya, pembangunan infrastruktur merupakan hal yang penting di setiap negara, termasuk Indonesia. Karena pembangunannya akan berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. Untuk itu, PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) ditugaskan sebagai lembaga pembiayaan yang mendukung pembangunan tersebut. Yuk cek produk pembiayaannya di ptsmi.co.id.