Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Permainan Engklek

Mengenal Permainan Engklek

Banyak yang tidak menyadari bahwa terdapat gerakan lokomotor yang dilatih ketika bermain permainan tradisional engklek. Gerakan lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan tubuh dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Gerakan ini biasanya diajarkan pada anak usia dini untuk melatih keterampilan bergerak pada usia 1 atau 2 tahun.

Dalam perkembangannya Latihan gerak lokomotor dapat mencapai tingkat kematangan tertentu. Gerakan lokomotor dapat bermanfaat untuk melatih kesadaran tubuh dalam menentukan arah, melatih kelincahan dan keseimbangan serta dapat mengembangkan kemampuan dalam mengenali ruang. Contoh Gerakan lokomotor dalam kehidupan sehari-hari adalah berjalan, berlari dan melompat dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah kita diketahui engklek adalah permainan  yang dibuat di tempat yang rata seperti tanah, ubin dan bidang lainnya. Permainan engklek digambar dengan kapur putih jika bidang yang dipakai adalah lantai atau permukaan keras dan apabila dibuat di atas tanah maka digambar dengan kayu. Gambar yang dibuat adalah berupa gabungan beberapa persegi.

Setiap anak harus mempunyai gaco atau gacuk yang didapat dari batu kecil atau serpihan kaca untuk dapat bermain. Gaco dilemparkan pada petak pertama dan pemain akan melompat dengan satu kaki sambil melewati petak yang berisi gaco. Setelah itu pemain harus kembali melompat ke petak tempat mereka mulai bermain, masih dengan menggunakan satu kaki dan mengambil gaco yang sebelumnya dilempar sebelum keluar dari petakan engklek.

Ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh setiap pemain. Pertama, untuk kotak yang berbentuk sayap atau yang bersebelahan satu sama lain, pemain boleh melompat dengan kedua kaki. Kedua saat melompat pemain tidak boleh keluar garis, begitu juga saat melemparkan gaco. Jika seorang pemain keluar dari garis maka dinyatakan mati dan permainan digantikan dengan pemain lainnya.

Dari penjelasan di atas dapat kita lihat betapa banyak gerakan tubuh yang digunakan dan dilatih dalam permainan engklek. Pada awal permainan tubuh harus mempersiapkan diri untuk dapat melompat dengan menggunakan satu kaki. Setelah melompat lutut, pergelangan kaki, dan lengan berkoordinasi untuk mengarahkan tubuh pada petak yang diinginkan. Untuk itu dapat disimpulkan anak-anak yang bermain engklek Gerakan lokomotornya dapat dilatih dan dikembangkan, terutama pada anak berusia di bawah lima tahun.