Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Mengenal dan Memahami Pengertian, Jenis, dan Produk Industri Konstruksi

Industri konstruksi merupakan salah satu industri yang paling berkembang saat ini.  Perkembangan ini berasal dari berbagai inovasi pembangunan infrastruktur di berbagai kota dan daerah di Indonesia, seperti gedung atau perumahan, stadion sepak bola, jembatan, dll.

 

 

 

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri konstruksi!

 

 

 

Apa itu industri konstruksi?

 

 

 

Industri konstruksi merupakan industri yang berfokus pada pembangunan sarana dan prasarana. Konstruksi Biasanya dimulai dengan perencanaan, pembiayaan dan desain, kemudian berlanjut hingga properti dibangun dan siap digunakan.

 

Selain itu, konstruksi meliputi pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan gedung.  Tidak hanya itu, pekerjaan memperluas, meninggikan dan memperluas suatu bangunan, bahkan merobohkan, meruntuhkan atau meruntuhkan suatu bangunan juga termasuk dalam industri konstruksi.

 

 

 

Apa saja jenis industri konstruksi?

 

 

 

Berikut ini adalah beberapa jenis industri konstruksi yang harus Anda ketahui.

 

 

 

1. Konstruksi bangunan

 

 

 

Jenis konstruksi yang pertama adalah konstruksi.  Jenis konstruksi ini sering melibatkan arsitek dan insinyur sipil dalam proses pembuatannya.  Hal terpenting dalam jenis konstruksi ini adalah penampilan bangunan.

 

 

 

Bangunan yang dijelaskan di sini terdiri dari berbagai jenis: bangunan tempat tinggal, bangunan komersial, bangunan sektor kesehatan, bangunan pemerintah, bangunan rekreasi.

 

 

 

2. Konstruksi jalan

 

 

 

Jenis konstruksi selanjutnya adalah pembangunan jalan, yang biasanya dilakukan karena merupakan proyek milik departemen pekerjaan umum atau milik pemerintah.  Pelaksanaan konstruksi jenis ini memiliki beberapa tahapan.  Mulai dari pengukuran, pengeboran hingga finishing.

 

 

 

Selain proses pembuatan, jenis pekerjaan konstruksi ini juga mencakup pemeliharaan jalan yang dilakukan untuk memuluskan jalan yang rusak.  Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut.

 

 

 

Jenis konstruksi ini dikerjakan oleh tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan infrastruktur yang handal.  Dalam merancang jalan yang akan dibangun, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk menghasilkan infrastruktur jalan yang baik.

 

 

 

3. Konstruksi konstruksi air

 

 

 

Jenis konstruksi yang terakhir adalah konstruksi bangunan air, yang biasanya digunakan sebagai proyek besar pemerintah untuk kepentingan umum masyarakat.  Struktur air yang dijelaskan di sini meliputi: waduk, bendungan, Instalasi pipadan bangunan air serupa lainnya.

 

 

 

Dana yang digunakan untuk pembangunan bangunan air ini biasanya diperoleh langsung dari pemerintah karena proyek ini biasanya disediakan oleh pemerintah.  Namun, biasanya ada pihak swasta yang membantu membiayai pembangunan bangunan air ini.

 

 

 

Apa saja produk industri konstruksi dalam kehidupan sehari-hari?

 

 

 

Berikut ini adalah beberapa produk yang harus Anda ketahui tentang bekerja di industri konstruksi.

 

 

 

1. Bangunan tempat tinggal

 

 

 

Bangunan tempat tinggal merupakan produk industri konstruksi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.  Produk industri konstruksi ini dibuat untuk menciptakan atau membangun ruang hidup.  Contoh produk industri konstruksi bangunan tempat tinggal antara lain: rumah tinggal, apartemen, rumah tinggal, villa, hingga kondominium.

 

 

 

2. Bangunan bukan tempat tinggal

 

 

 

Selain bangunan tempat tinggal, juga terdapat produk-produk industri konstruksi bangunan bukan tempat tinggal.  Bangunan non-hunian milik mereka sendiri biasanya dibangun di tempat-tempat strategis dan sering dipindah-pindahkan orang.

 

3. Bangunan sipil

 

 

 

Bangunan sipil merupakan hasil industri konstruksi dan fasilitas pelayanan umum, khususnya di bidang transportasi.  Contoh produk industri konstruksi teknik sipil dapat berupa jalan raya, jalan tol, rel kereta api, jalur bus, landasan pacu, bendungan dan jembatan.  Selain itu, fasilitas pelayanan publik seperti halte bus, terminal, stasiun dan bandara juga termasuk dalam produk industri konstruksi bangunan sipil.

 

 

 

4. Bangunan listrik

 

 

 

Pada dasarnya semua bangunan yang berhubungan dengan kelistrikan termasuk dalam produksi industri konstruksi bangunan kelistrikan.  Contoh konkrit dari produk industri konstruksi tersebut antara lain: pembangkit listrik, saluran listrik overhead, bangunan transmisi, bangunan khusus untuk jaringan telekomunikasi.

 

 

 

5. Pemeliharaan dan perbaikan

 

 

 

Perbaikan dan pemeliharaan masih merupakan salah satu produk industri konstruksi.  Bangunan, struktur, atau produk lain dari industri konstruksi yang diproduksi memerlukan perawatan untuk melanjutkan penggunaan yang aman dan bebas masalah.

 

Baca juga Harga Pagar Panel Beton Cimahi