Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Manfaat Daun Pandan Selain Digunakan Pada Makanan.

Manfaat Daun Pandan Selain Digunakan Pada Makanan – Sering kali kita menggunakan daun pandan pada makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki aroma yang harum, dan bisa membuat masakan yang dicampur dengan daun pandan menjadi wangi.

Selain itu daun pandan juga memiliki zat hijau daun yang pekat, tentunya juga sering kita manfaatkan sebagai pewarna alami yang sehat serta tanpa efek samping berbahaya.

Namun tahukah kamu, bahwa daun pandan juga bisa berkhasiat dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan loh. Beberapa para orang tua jaman dahulu juga kerap memanfaatkan tanaman satu ini, sebagai obat herbal alternatif dalam mengatasi beberapa masalah penyakit.

Bentuk pengolahanya juga beragam, ada yang direbus lalu airnya diminum dan juga ada yang ditumbuk secara mentah dan langsung digunakan. Nah berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan dari daun pandan selain pada makanan.

1. Mengatasi sakit perut

Manfaat yang pertama bisa kamu gunakan yaitu mengatasi sakit perut. Penyebab sakit perut umunya dikarenakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi bakteri, virus atau parasit.

Biasanya terjadi pada makanan yang dihinggapi serangga, seperti lalat dan lainya. Namun tak perlu khawatir kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi ramuan daun pandan.

Cukup minum rebusan daun pandan selagi hangat saat kamu sedang sakit perut.

2. Mengatur Tekanan Darah

Mengkonsumsi air rebusan daun tanaman pandan ternyata juga bisa mengurangi sekaligus mengatasi tekanan darah tinggi atau biasa dikenal dengan hipertensi.

Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah, namun tentunya tidak bisa hanya dengan satu kali konsumsi. Cobalah untuk mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Baca juga : beberapa tanaman herbal disekitar kita

3. Mencegah Kanker

Daun pandan diklaim dapat mencegah sel kanker didalam tubuh, hal ini diketahui karena daun pandan memiliki beberapa kandungan senyawa yang bersifat antioksidan.

Walau tidak bisa dijadikan obat mengatasi kanker, namun kamu bisa menggunakanya sebagai salah satu pencergahan yang alami.

4. Meningkatkan Nafsu makan

Jika kamu sedang tidak nafsu makan dikarenakan sakit, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun pandan sehari tiga kali.

Hal ini guna untuk mengembalikan mod terhadapt makanan dan mencegah kamu agar tidak kekurangan energi serta lemas.

Tambahkan sedikit gula atau madu saat mengkonsumsi rebusan daun pandan agar terasa lebih manis.

5. Meredakan sakit kepala

Manfaat daun pandan selanjutnya adalah bisa mengurangi rasa nyeri di area kepala seperti migrain dan lainya.

Jika kamu sedang mengalami sakit kepala, jangan terburu-buru untuk minum obat instan. Cobalah untuk menggunakan cara yang lebih alami, salah satunya menggunakan daun pandan.

Nah itulah beberapa manfaat dan khasiat dari daun pandan untuk kesehatan, kamu juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan bahan seadanya. Selamat mencoba.