Macam-Macam Ekstensi File Gambar

Bagi seorang desainer atau yang ingin menapaki karier di bidang tersebut, penting untuk mengetahui macam-macam ekstensi file gambar yang sering kali digunakan.

Bagi kita yang ingin menekuni dunia desain, sangat penting untuk mengenali apa saja tipe extensi file gambar yang sering digunakan, termasuk extensi file banner.

Karena, ketika ingin print banner. Hal utama yang berpengaruh adal file extension dari gambar yang ingin kita print tersebut.

Nah, melalui tulisan ini kita akan bahas apa saja tipe file extension yang sering digunakan.

  1. JPEG (joint photographic expert groups)

File extension pertama adalah Jpeg

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya Jpeg adalah singkatan dari Join Photographic Expert Groups. Ayo, siapa yang sudah tahu sebelumnya.

Dan tipe extension yang satu ini adalah extension yang cukup dikenal dan banyak digunakan. Termasuk saat kita ingin menggunakan gambar untuk website di internet.

Jika anda pengguna kamera digital, format ini juga sering kit temukan.

  1. PNG (portable network graphics)

Format gambar yang kedua adalah png, singkatan dari portable network graphics.

Salah satu karakter gambar format png yang sangat berbeda dengan Jpeg adalah mampu mempertahankan kualitasnya walaupun sudah di edit berulang kali.

Sebenarnya pada awalnya dimunculkannya format ini untuk menghilangkan format gif, salah satu format gambar yan terdiri dari 16 juta warna.

Walaupun pada akhirnya format gif tetap banyak digunakan.

  1. GIF (graphics interchange format)

Format gambar yang ketiga adalah gif.

Format gif ini banyak digunakan untuk membuat animasi menggunakan gambar. Kita sering menemukan format ini social media seperti facebook dan instagram.

  1. PSD (Photoshop Document)

Nah format berikutnya yang juga cukup sering digunakan saat melakukan desain gambar di photosop adalah PSD, singkatan dari Photosop Document.

Format gambar yang satu ini biasa digunakan di photoshop..

  1. 5. PDF (Portable Document Format)

Jika kita ingin mencetak banner atau print sticker, sebaiknya gunakan format PDF. Karena format ini adalah format gambar yang memiliki informasi super lengkap sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Jika anda ingin cetak banner dan stiker, usahakan mengirimkan filenya dengan format ini. Karena saat akan dicetak tidak aka nada penurunan kualitas gambar.

Sehingga hasil cetak akan terlihat lebih bagus.