Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Keutamaan Membaca Asmaul Husna, Ajarkan Anak Yuk

Setelah melaksanakan sholat, seorang muslim dianjurkan untuk membaca dzikir terlebih dahulu, dan juga membaca Asmaul Husna dan artinya. Karena apabila membaca Asmaul Husna dan artinya anda akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa. Memanjatkan asma Allah swt merupakan bagian dari ibadah juga yang mana memuji Allah swt serta memohon perlindungan dan rahmat Allah swt. Selain itu, apabila memanjatkan Asmaul Husna, Allah swt tak akan segan untuk mengabulkan do’a para hamba-Nya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah swt yang tercantum dalam ayat suci Al-Qur’an.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Artinya : “Dan Allah memiliki Asma’ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al A’raf : 180)

Keutamaan membaca Asmaul Husna dan artinya sangatlah luar biasa, Allah swt memerintahkan para hamba-Nya untuk memanjatkan asma Allah swt tersebut. Mengamalkan Asmaul Husna merupakan bagian dari melaksanakan ibadah yang memilik makna sebagai bentuk kecintaan terhadap Sang Pencipta. Syekh Shâlih al-Ja’fari dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât juga menjelaskan keagungan dan keutamaan Asmaul Husna, yaitu “Menyebut Asma’ul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan.” Kemudian di jelaskan juga,”Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asma’ul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asma’ul Husna.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17).

Berikut adalah beberapa keutamaan yang akan didapatkan apabila membaca Asmaul Husna dan artinya.

  • Anjuran Rasulullah Segala sesuatu yang baik dan dianjurkan Rasulullah maka hendakanya dipelajari. Rasulullah SAW menganjurkan para umatnya untuk mengamalkan memanjatkan Asmaul Husna dan artinya. Hal tersebut dikutip dalam tafsir Ibnu Katsir yang terdapat dalam sebuah hadits, yaitu seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah saat mendengar Asmaul Husna, “Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.” (HR. Ahmad).
  • Berdo’a dengan Asmaul Husna akan dikabulkan Allah swt

Berdo’a dengan mengagungkan asma Allah swt baik secara keseluruhan atau menyesuaikan konteksnya, maka do’a tersebut akan membawa rahmat. Sehingga keutamaan do’a tersebut dikabulkan oleh Allah swt, sebagaimana dalam firman-Nya yang terdapat dalam ayat suci Al-Qur’an surat Al-A’Raf ayat 180.

  • Dikaruniakan masuk surga

Keutamaan lainnya yang sangat luar biasa apabila memanjatkan dan menghapal Asmaul Husna dan artinya yaitu akan dikaruniai masuk surga. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang terdapat dalam sebuah hadits, yaitu “Sesungguhnya Allah swt mempunyai 99 nama, yaitu seratus kurang satu, barangsiapa menghitungnya (menghafal seluruhnya) masuklah ia kedalam syurga.” (HR Bukhari). Anjuran membaca Asmaul Husna dan artinya bukan hanya sekadar dibaca, namun perlu diamalkan, lebih dari sekadar dihapal. Melainkan juga direnungi maknanya dan diterapkan sebagai tauladan dan cerminan keimanan dan ketakwaan dari nama-nama baik Allah swt.