Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Kenali Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Virtual Account

Salah satu metode pembayaran digital yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu akun virtual atau virtual account. Sebab, jenis pembayaran ini memiliki kepraktisan dan keamanan yang terjamin. Sebagai pebisnis, tentunya hal ini sangatlah penting untuk mengetahui infrastruktur sarana ekonomi ini. Berikut informasi mengenai akun virtual lebih lengkap di bawah ini.

Kenali Apa itu Akun Virtual

Akun virtual atau virtual account merupakan metode pembayaran digital melalui akun yang dibuat dengan khusus untuk setiap pelanggannya. Setiap kegiatan transaksi, pembeli wajib diarahkan ke akun virtual ini untuk membayar. Akun virtual sendiri terdiri dari nomor ID pelanggan atau customer ID yang berbeda dan unik setiap pelanggannya.

Jadi, tidak ada nomor akun virtual atau customer ID yang sama di antara mereka. Hal ini bertujuan agar kegiatan transaksi bisa diidentifikasi dengan otomatis setiap pelanggannya. Bila transaksi selesai, maka pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer. Hal ini tentu sangat memudahkan kedua pihak penjual maupun pembeli saat proses transaksi.

Manfaat dari Akun Virtual

1. Pembayaran Terkontrol

Dengan adanya akun virtual, anda bisa mengatur jumlah pembayaran serta pembagian akun rekening bank. hal ini karena satu rekening pelanggan dapat dibagi menjadi beberapa akun yang memiliki nomor, laporan transaksi, serta saldonya sendiri. Dengan ini, anda juga memperoleh data transaksi yang masuk. Sebab, seluruh transaksi yang masuk akan tercatat secara real-time.

2. Keamanan Terjamin

Selain memudahkan dalam mengatur pembayaran, dengan mengikuti cara membuat virtual account, kegiatan transaksi anda akan terjamin keamanannya. Sebab, begitu transaksinya selesai, anda dapat mengatur nomor akun virtual menjadi kadaluarsa. Hal ini sebagai upaya preventif dalam penyalahgunaan nomor tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Berbagai Pelayanan Jenis Transaksi

Entah itu toko, restoran, hingga membeli tiket transportasi, pembayaran akun virtual merupakan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kepraktisan dan keefektifitasan dalam bertransaksi. Dengan ini, anda dapat bertransaksi dengan mudah melalui berbagai platform. Seperti website, aplikasi, dan marketplace.

Cara Membuat Akun Virtual

Hampir semua bank di Indonesia memiliki pelayanan pembayaran menggunakan akun virtual atau virtual account seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih bank yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda. Begitu anda mendapatkan akun virtual, anda bisa bertransaksi melalui ATM, ibanking, maupun mbanking.

Dalam pembuatan akun virtual sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mendatangi cabang bank terdekat untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah bank bila belum dan mengaktifkan akun virtual. Petugas bank akan mengarahkan anda untuk mengisi beberapa formulir yang sesuai dengan data diri anda sampai selesai.

Setelah anda mengetahui istilah, manfaat dan cara membuat virtual account, anda tentunya siap untuk mendaftarkan diri anda sebagai pengguna akun virtual di suatu bank. Lalu, anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi. Layanan Duitku bisa digunakan sebagai payment gateway yang mendukung kegiatan transaksi apapun jenisnya.