Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Jalan-jalan ke Papua, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh khas Papua Ini!

Penasaran dengan macam tipe oleh- oleh khas Papua? Bukan cuma koteka saja lho yang dapat kalian membawa kembali sehabis berwisata ke wilayah ujung timur Indonesia ini. Memanglah belum banyak turis dalam negeri Indonesia yang bertolak ke Papua. Tetapi, pulau ini mempunyai obyek wisata dengan keelokan alam yang diakui dunia. Raja Ampat ialah destinasi wisata Papua yang sangat banyak disasar travelers dari segala penjuru dunia. Let’ s say kalian jadi salah satu manusia yang beruntung sebab berkesempatan buat liburan di tempat asal Cenderawasih ini. Aneka oleh- oleh khas Papua ada di pasaran. Berikut sebagian berbagai buah tangan berbentuk benda serta santapan khas yang sebagian besar cuma dijual di Papua saja.

1. Indahnya Mutiara Raja Ampat yang Elegan

Raja Ampat mempunyai zona perairan yang luas. Lautnya yang begitu indah ini nyatanya pula merupakan rumah untuk hasil bahari yang melimpah. Salah satu yang populer dari Raja Ampat( tidak hanya kaos kekinian- nya yang hits) merupakan mutiara yang dihasilkan. Apalagi, mutu mutiara hasil budidaya di Papua telah diakui dunia selaku salah satu yang terbaik lho. Mutiara di wilayah ini dipanen tiap satu semester sekali. Hasilnya telah diekspor ke bermacam negeri semacam Australia, Jepang, serta Singapore. Biayanya bermacam- macam bergantung mutu serta dimensi mutiara yang kalian beli, mulai dari Rp40. 000, 00 sampai Rp300. 000, 00 per butirnya.

2. Batik serta Tenun Papua, Ekspresi Budaya Asli Papua pada Selembar Kain

Semacam https://www.daunbungkus.my.id/ daerah- daerah lain di Indonesia, Papua juga memiliki kain khas. Terdapat batik serta tenun Papua yang sesuai jadi buah tangan buat teman ataupun saudara yang mengoleksi kain- kain nusantara. Batik Papua mempunyai motif yang berbeda, semacam cenderawasih, tifa, arca Papua, serta motif khas Asmat. Batik Asmat umumnya mengambil warna merah tanah ataupun warna terakota( warna di antara warna jingga serta coklat). Di Sorong, paling utama di wilayah Puncak Arfak, banyak tersebar toko- toko yang menjual batik Papua dalam wujud kain meteran ataupun baju jadi.

Di dekat Puncak Arfak, terdapat pula Sanggar Pelatihan Industri Papua serta Suvenir Papua. Di situ dijual tenun Papua motif Bohirim serta souvenir khas Papua yang lain. Tidak cuma itu, di sanggar ini juga terdapat pelatihannya lho. Kalian dapat memandang langsung proses pembuatan tenun Papua di tempat ini. Oh ya, tidak hanya di Sorong, batik Papua pula ada di banyak wilayah lain di Papua kok, semacam di Timika ataupun Jayapura.

3. Tifa, Noken, serta Aneka Pernak Pernik khas Papua Yang lain Juga Dapat Jadi Opsi Tepat

Masih banyak cinderamata khas Papua yang lain yang dapat serta sangat layak dijadikan oleh- oleh. Tidak hanya koteka, terdapat souvenir tradisional khas Papua yang lain semacam perlengkapan musik tifa, tas rajut noken, produk anyaman, ukiran kayu, sampai arca. Terdapat pula pernak pernik Papua yang modern serta kekinian semacam kaos serta gantungan kunci. Pernak pernik ini banyak dijual di Pasar Hamadi di Jayapura, di Puncak Arfak di Sorong, serta di kota- kota besar lain di penjuru Papua. Biayanya bermacam- macam bergantung tipe, tingkatan kesusahan pembuatan, serta besar benda.

4. Lezatnya Abon Gulung yang Siap Menggoyang Lidah

Sehabis mangulas sebagian suvenir selaku oleh- oleh khas Papua berbentuk benda, saat ini saatnya bicara tentang oleh oleh santapan khas Papua. Yang awal terdapat abon gulung. Penganan yang satu ini ialah oleh oleh khas Manokwari. Semacam namanya, kudapan ini berbentuk roti gulung yang diisi abon aneka rasa. Wujudnya semacam balok yang lumayan tebal, dengan isian yang melimpah. Salah satu toko roti serta kue yang memproduksi abon gulung lezat di Manokwari merupakan Hawai Bakery. Bila kalian tidak berkesempatan buat tiba ke Manokwari, tetapi pernah ke Sorong, kalian lumayan beruntung. Di Sorong, terdapat Billy Bakery yang pula menjual abon gulung aneka rasa yang pula banyak diburu turis sebab kelezatannya. Saking terkenalnya, bila kalian lagi mencari oleh oleh khas Papua Sorong, bisa jadi sebagian orang hendak merekomendasikan kue yang satu ini. Sayangnya, roti ini cuma tahan sebagian hari saja. Jadi, dianjurkan buat membelinya segar di hari terakhirmu di Papua. Abon gulung ini pula telah dijual di zona lapangan terbang lho. Jadi, dapat sekaligus beli saat sebelum kalian terbang balik ke kota asal.

5. Sagu Lempeng, Kemilan khas Papua Buat Sahabat Ngopi( Ataupun Ngeteh)

Kita seluruh ketahui kalau sagu merupakan santapan khas Papua yang apalagi jadi santapan pokok di Papua serta Maluku. Salah satu olahan sagu yang asik dicemilin serta cocok banget buat dibawa kembali selaku oleh- oleh merupakan sagu lempeng. Semacam yang tergambar di namanya, kudapan ini terbuat dari bahan baku berbentuk sagu serta berupa balok semacam lempeng. Metode buatnya merupakan dengan disangrai, dipadatkan, serta dipanggang.

Tekstur sagu lempeng padat serta sangat keras. Serta, semacam terdapat butir- butir pasir di salamnya yang tidak lain merupakan sang tepung sagu itu sendiri. Kalian perlu gigi yang kokoh serta tenaga ekstra buat menggigit langsung kemilan yang satu ini. Tetapi, dapat lebih gampang komsumsi kudapan ini bila kalian mencelupkannya ke kopi, teh ataupun susu panas. Rasanya manis serta gurih sebab kombinasi bahan lain semacam gula, kelapa, serta kacang. Sesuai buat sahabat santai sembari menyeruput secangkir kopi ataupun teh hangat di sore hari. Sagu lempeng pula sangat cocok buat dijadikan oleh- oleh sebab berupa kering serta umumnya tahan lama.

6. Harumnya Aroma Kopi Papua yang Menenangkan Jiwa

Ini nih, temannya sang sagu lempeng yang barusan dibahas di atas. Kudapan keras khas Papua itu memanglah sesuai banget dinikmati bersama kopi hangat. Kopi Papua telah sangat populer di golongan pecinta kopi sebab aroma serta rasanya yang nikmat. Papua mempunyai wilayah dataran besar dengan tanah yang sangat produktif sehingga menciptakan biji kopi organik dengan mutu terbaik. Jenisnya merupakan kopi arabika. Kopi arabika dari Papua mempunyai isi kafein sangat sedikit di antara tipe kopi arabika yang lain. Tidak hanya itu, kopi Papua nyaris tidak mempunyai kandungan asam. 2 wilayah penghasil kopi papua terbaik terdapat di Kabupaten Jayawijaya serta Kabupaten Nabire. Tidak hanya kopi arabika, terdapat 2 wilayah di Papua yang pula populer selaku penghasil kopi tipe robusta. Kedua wilayah tersebut merupakan Kabupaten Pegunungan Bintang serta Kabupaten Kepulaun Yapen.

Itu tadi oleh- oleh khas Papua dari bermacam wilayah di Papua. Terdapat pula oleh oleh khas Papua Timika, oleh oleh khas Papua Wamena, oleh oleh khas Papua Jayapura, serta banyak yang lain. Jayapura merupakan bunda kota Provinsi Papua. Bila kalian berkunjung ke Papua, kalian juga dapat membeli oleh- oleh di toko oleh- oleh khas Papua di Jayapura yang terdapat dimana- mana. Siapkan dana lebih banyak sebab harga benda di Papua umumnya tidak semurah harga benda di pulau Jawa serta sekitarnya. Have a nice stay in Papua!(/ yn)