Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

kesenian daerah Jawa

Inilah Kesenian Daerah Jawa yang Terkenal

Tidak bisa dimungkiri, Indonesia memang merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan keragamannya misalnya saja mengenai kesenian. Jawa yang merupakan pulau terbesar di Indonesia pun memiliki banyak sekali kesenian tari daerah.

Jenis Kesenian Daerah Jawa yang Terkenal

Hakikatnya, wilayah Jawa terbagi menjadi beberapa provinsi. Menariknya, setiap provinsi tersebut masing-masing memiliki keseniannya tersendiri. Bukan hanya berkaitan dengan seni tari saja melainkan juga seni musik hingga seni drama. Penasaran? Simak sejumlah jenis kesenian Jawa yang terkenal berikut ini.

Kesenian Daerah Jawa Drama Ketoprak

Seni drama yang berasal dari Surakarta ini sudah cukup terkenal. Drama yang dipentaskan umumnya berkisah tentang sejarah hingga cerita rakyat bahkan tidak jarang pula pementasannya diselingi dengan hal-hal berbau komedi. Ketoprak diiringi dengan musik gamelang yang juga menjadi salah satu alat musik khas Jawa Tengah. Sementara itu, pemain pada kesenian daerah Jawa ini juga akan tampil dengan mengggunakan baju adat.

Seni Tari Jaipong

Kesenian khas asal Jawa Barat ini umumnya ditampilkan pada acara-acara formal seperti pernikahan hingga acara pemerintahan. Gerakannya yang cenderung sensual dan menampakkan keindahan bentuk tubuh membuat tari jaipong ini dulunya pernah memicu kontroversial. Meski demikian, tari yang diciptakan oleh Gugum Gumbira ini masih berusaha dilestarikan hingga saat ini dengan membentuk komunitas penari Jaipong.

Seni Musik Angklung

Kesenian daerah Jawa yang satu ini tentu sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Alat musik yang memiliki nada ganda ini dibuat dari bambu yang ujungnya dipotong dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Benturan badan pada bambu saat digoyangkan itulah yang nantinya dapat mengeluarkan nada-nada.

Seni Tari Remong

Tari yang berasal dari kota pahlawan Surabaya ini juga menjadi salah satu kesenian asal Jawa yang cukup terkenal. Terlebih lagi ada makna mendalam yang tersirat dalam tari-tarian tersebut. Dalam hal ini, melambangkan keperkasaan, kegagahan, dan kejantanan. Oleh karena itu, jenis tarian ini sering ditampilkan pada saat menyambut tamu Reog Ponorogo.

Seni Drama Wayang Kulit

Kesenian daerah Jawa yang berikut ini sebenarnya hampir sama seperti Ketoprak. Dalam hal ini, pementasan dramanya juga diiringi oleh alunan alat-alat musik khas dari Jawa Tengah. Perbedaannya hanyalah terdapat pada sumber cerita pada drama yang dipentaskan. Jika pada ketoprak ceritanya cenderung lebih umum, maka pada wayang kulit ceritanya bersumber dari kitab Mahabhrata dan Ramayanan yang terdapat dalam sejarah agama Hindu.

Selain itu, pementasan drama yang satu ini tidak dimainkan oleh orang melainkan oleh boneka khas Indonesia yang disebut wayang. Wayang tersebut nantinya akan dikendalikan oleh seorang dalang yang ada di balik tirai.  Berkat keunikannya, kesenian daerah ini masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Demikian sejumlah jenis kesenian daerah Jawa yang terkenal. Semoga bermanfaat.