Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

INGIN DAPATKAN AKSES PERMODALAN MUDAH? YUK GABUNG DI PADI UMKM

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data pada tahun 2019 lalu, UMKM merupakan kategori ekonomi terbesar dengan jumlah 99% dari total jenis usaha yang ada di Indonesia. Selain itu, UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja hingga 97,1% dari semua jenis tenaga kerja yang ada di Indonesia.

Namun ketika kita berbicara mengenai UMKM, ada satu hal yang terbesit di banyak benak orang, MODAL. Untuk membangun sebuah usaha dengan kapasitas yang mumpuni, tentu orang membutuhkan modal yang bisa dikatakan tidak sedikit. Hal itu berkaitan dengan pengerjaan biaya produksi ataupun jasa yang berisikan material yang dibutuhkan serta alat yang mendukung pekerjaan tersebut. Belum lagi jika harus menggunakan jasa tenaga kerja yang bekerja di wirausaha yang kita miliki tersebut.

Oleh karena itu, modal merupakan salah satu kunci utama yang harus terjawab bagi banyak pihak yang ingin memulai usaha mereka. Pelaku UMKM pun merasakan hal yang sama, mereka selama bertahun-tahun bahkan beberapa dekade harus mengalami pil pahit dimana mereka kesulitan dalam mendapatkan akses permodalan.

Kesulitan yang mereka alami dimulai dari proses tebang pilih yang terjadi pada masa orde baru silam. Di masa tersebut, lembaga keuangan perbankan lebih condong meminjamkan modal mereka kepada perusahaan-perusahaan besar yang dianggap mampu membayar pinjaman dan memberikan keuntungan yang besar pada lembaga keuangan perbankan tersebut.

Hal ini dijawab oleh banyak pihak dengan munculnya beberapa koperasi yang memungkinkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan akses peminjaman modal untuk memulai usaha mereka ataupun kegiatan biaya produksi serta jasa mereka. Hal ini merupakan hal yang sangat bagus bagi kemajuan UMKM pada saat itu, ditandai dengan merekalah yang berperan besar dalam menggerakan ekonomi Indonesia pada saat terjadinya krisis moneter pada tahun 1997-1998.

Lanjut pada masa era reformasi, pemerintah sudah mulai memberikan perhatian yang lebih besar pada sektor ekonomi tersebut. Ditandai dengan banyaknya UMKM yang lahir di Indonesia. Pada tahun 2019, data terakhir menunjukan bahwa jumlah UMKM di Indonesia pada saat ini sudah mencapai hampir 65 juta unit usaha. Angka itu merupakan angka yang sangat banyak.

Pemerintah pun mengambil langkah sigap dengan mewajibkan lembaga keuangan perbankan untuk mengalokasikan dana mereka sebesar 5%-20% untuk peminjaman modal UMKM. Namun hal itu perlu ditingkatkan lagi, karena hanya sekitar 25% unit UMKM yang bisa mendapatkan akses permodalan. Hal ini dikarenakan unit UMKM yang sangatlah banyak di Indonesia tercinta ini.

Oleh karenanya pemerintah melahirkan PaDi UMKM, sebuah situs jual beli online dimana UMKM bisa menawarkan produk dan jasa mereka kepada masyarakat luas dan juga kepada BUMN. Ketika mendapatkan transaksi dari BUMN, sudah pasti hal itu merupakan transaksi pengadaan barang dan jasa. Pengadaan barang dan jasa biasanya dilakukan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Maka dari itu, fitur spesial yang ada di PaDi UMKM adalah pelaku UMKM bisa melakukan peminjaman modal atas setiap tender atau proyek yang mereka dapatkan dari BUMN. Mereka yang membutuhkan modal untuk proyek tersebut hanya perlu menggunakan fitur ajukan pinjaman dengan proses invoice financing yang telah ditetapkan oleh pihak PaDi UMKM.

Hal ini tentunya akan semakin mudah dan memperkuat akses peminjaman modal bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Segera bergabung bersama PaDi UMKM dan dapatkan akses peminjaman modal yang lebih mudah dari sebelumnya!