Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Dengan Sawit, Membangun Indonesia dari Pinggiran

Ide membuat dari tepian, kalimat ini dikenalkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam program nawacita. Aktualisasi program ini ialah pembangunan tak lagi terkonsentrasi di daerah perkotaan tapi memprioritaskan daerah tepian atau wilayah tepian. Pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, waduk, sampai ke teritori industri diincar ke daerah ketinggalan. Maksudnya terang, membagikan kesejahteraan ke warga di luar Pulau Jawa.

Untuk aktor industri sawit, ide membuat dari tepian sudah digotong perkebunan sawit lewat pembuatan lapangan pekerjaan dan membuat sentral ekonomi baru di daerah pedalaman. Itu penyebabnya, kita bisa menyaksikan sekolah, pasar, dan akses jalan raya yang terjaga sesudah perkebunan sawit bekerja. Diprediksi jumlah kabupaten yang ekonominya memercayakan sawit capai 190 kabupaten. Karena itu, pemerintahan tidak dapat tinggalkan kelapa sawit bahkan juga menghalanginya dengan pemikiran kekuatan industri ini gerakkan roda ekonomi wilayah.

Rubrik Hidangan Khusus edisi ini membahas peran Tunas Sawa Erma Group dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan warga di Papua lewat perkebunan sawit. Aktivitas perusahaan yang sudah bekerja 20 tahun lebih ini memberi faedah hebat dalam pengentasan kemiskinan atau pembukaan lapangan pekerjaan. Perusahaan sangat serius mengaplikasikan tata urus sawit yang terus-menerus dengan jalankan konsep dan persyaratan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Sampai awalnya tahun ini, perusahaan terdaftar sebagai salah satu perusahaan yang kantongi sertifikat ISPO. Bukan kasus gampang memperoleh ISPO karena rintangannya hebat ikuti konsep dan persyaratan ISPO.

Dalam Rubrik Hot Issue, kami mengusung jalan keluar dan taktik hadapi Resolusi Sawit yang diusulkan Parlemen Uni Eropa ke Komisi Tinggi. Semua kelompok setuju jika resolusi ini tidak memberikan keuntungan status Indonesia bahkan juga condong jatuhkan industri sawit. Kelompok petani bahkan juga menekan perlakuan memboikot produk dari Eropa seperti pertanian dan alat transportasi andaikan resolusi betul-betul ditetapkan. Dari kelompok pemerintahan sudah digerakkan pengokohan diplomasi lewat kerja sama antara negara produsen untuk sampaikan berkeberatan atas keputusan parlemen Eropa ini.

Pembaca, kami harap edisi ini memberi warna baru ke industri sawit dalam negeri. Keinginannya, tiap info makin perkuat kepercayaan dan kesadaran kita akan keutamaan status industri sawit nasional. Selamat membaca.