Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

DASAR-DASAR Yang Harus Anda Ketahui Tentang Genset Industri

Genset Pekanbaru-Generator untuk keperluan industri hadir dengan berbagai konfigurasi dan fitur. Pelanggan harus mengetahui detail tentang generator sebelum mereka menyewa atau membeli, hal-hal seperti biaya pengoperasian, efisiensi bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar, Faktor daya, dan sebagainya.

Generator yang paling umum digunakan adalah generator Diesel dan Bensin. Generator diesel lebih mahal daripada generator bensin, tetapi dalam jangka panjang, hal ini menguntungkan karena biaya perawatan lebih sedikit dan efisiensi bahan bakar lebih baik. Beberapa produsen genset yang terkenal antara lain Kirloskar, Cummins, Sudhir dan Mahindrapowerol.

Mari kita lihat beberapa parameter yang harus Anda pertimbangkan sebelum menyewa atau membeli generator industri.

Ukuran Generator

Generator yang paling umum digunakan untuk industri ukuran kecil dan menengah adalah 82.5 Kva, 125 Kva, 250Kva, 500Kva. Biasanya, ada kesalahpahaman bahwa generator dengan ukuran yang lebih kecil memiliki kinerja yang lebih baik tetapi sebenarnya sebaliknya. Semakin besar ukurannya maka semakin baik kinerja generatornya. Memilih generator berukuran lebih kecil dapat membahayakan peralatan yang menarik daya dari generator.

Dengan menjumlahkan output daya yang dikeluarkan oleh peralatan Anda, Anda dapat menghitung konsumsi listrik total dan menentukan ukuran generator. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli listrik bersertifikat untuk menganalisis kebutuhan Anda atau menentukan watt start dan running. Anda juga dapat menggunakan manual peralatan untuk memeriksa watt awal dan pengoperasian alat dan peralatan industri. Saat memilih faktor generator industri seperti peringkat daya utama, kombinasi beban dan daya maksimum harus dipertimbangkan.

Kapasitas tangki bahan bakar

Kapasitas penyimpanan ditentukan pada berapa lama generator mungkin diperlukan untuk berjalan, juga dikenal sebagai Run-Time. Waktu kerja mesin tergantung pada efisiensi bahan bakar dan ukuran tangki bahan bakar. Kapasitas penyimpanan bahan bakar untuk generator tersebut di atas adalah 145 (Liter), 290 (Liter), 450 (Liter), 690 (Liter).

Bahan bakar dikonsumsi per Jam

Generator yang berukuran lebih besar lebih efisien jika membandingkan liter per kVA, sama dengan liter per jam. Dibandingkan dengan generator minyak bumi dan gas alam, mesin diesel memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tetapi perhatikan bahwa mesin diesel beroperasi lebih baik di bawah beban, seharusnya tidak beroperasi kurang dari 50% beban.

Tarif solar bervariasi di setiap negara, di India harga solar 55-60 / liter. Jika Anda mempertimbangkan mesin berkapasitas 85 kva, maka konsumsi bahan bakar per jam akan menjadi 21 ltrs / jam. Jadi biaya yang Anda tanggung untuk menjalankan generator 85Kva per jam adalah Rs 1100-1200.

Demikian juga, Anda dapat menghitung biaya per jam untuk mesin operasi lain. Misalnya, konsumsi sebesar 125Kva-31Ltrs / jam, 250Kva-58Ltrs / jam dan 500Kva-107Ltrs / jam.

Untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik Anda perlu memeriksa standar diesel pada parameter seperti bilangan setana, jumlah sulfur, viskositas bahan bakar, gravitasi, distilasi, titik nyala, titik tuang, air dan sedimen, residu karbon, dan sebagainya.

Faktor kekuatan

Faktor daya adalah satuan untuk menghitung efisiensi sistem kelistrikan. Ini dapat didefinisikan sebagai rasio antara kVA dan kW yang ditarik oleh beban listrik. Faktor daya terendah dari beban adalah 0,8, yang merupakan batas minimum pengoperasian generator diesel. Generator yang beroperasi di bawah 0,8 pf akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Mesin diesel diharapkan mengalami perawatan hanya setelah beroperasi pada 1800 RPM selama 12.000 hingga 30.000 jam.

Mengapa menggunakan generator diesel?

Beberapa keunggulan yang terdaftar untuk generator diesel,

• Genset diesel adalah solusi yang ekonomis

• Perawatan rendah karena panas yang rendah dan tidak adanya busi (Auto-Ignite)

• Sumber listrik yang efisien dan andal, lalu AC

• Lebih sedikit emisi asap

• Operasi senyap dengan kebisingan minimum

• Sumber DC terbaik (Arus Searah)

Do’s and Dont’s untuk menangani Generator Diesel

Menghasilkan biaya perawatan yang rendah dan daya tahan generator yang lebih baik. Gunakan tip berikut:

• Cobalah untuk tidak menggunakan kabel jarak jauh untuk konektivitas daya, karena jarak menyebabkan gangguan listrik.

• Pastikan semua konektor, mur dan baut dikencangkan dengan benar.

• Lakukan pemasangan kabel yang benar untuk menghindari kebocoran daya

• Distribusi beban yang sesuai sesuai fase.

• Lakukan pemeriksaan rutin pada ketinggian bahan bakar.

• Jangan mulai generator saat beban.

• Hindari menambahkan asam dengan kekuatan apapun ke Baterai, untuk pengisian lebih baik menggunakan air suling.