Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Cara Mengevaluasi Soft Skill di Tempat Kerja

Program Pengembangan Setelah Sekolah

Best Campus – Mengidentifikasi dan menilai soft skill pada kandidat bukanlah hal yang mudah: kualitas-kualitas itu sering tidak berwujud dan tidak dapat diukur hanya dengan melihat soft skill apa yang dimasukkan masing-masing kandidat dalam resume mereka. Selain itu, kandidat akan mencoba menampilkan diri mereka secara positif mungkin selama wawancara, jadi tugas Anda untuk menggali lebih dalam untuk mengungkap apa yang benar-benar dapat mereka bawa ke meja dalam hal soft skill. Bagaimana Anda menilai soft skill pada kandidat?

1. Ketahui apa yang Anda cari dalam karyawan potensial sebelumnya dan tanyakan semua kandidat pertanyaan yang sama.

Sebelum memulai proses wawancara Anda untuk peran terbuka, pertimbangkan jenis soft skill apa yang penting dalam peran ini dan siapkan pertanyaan spesifik untuk menilai keterampilan tersebut. Langkah ini penting bagi Anda untuk mengevaluasi semua kandidat secara objektif. Misalnya, dalam peran penjualan, komunikasi yang baik adalah kuncinya. Dengan menyiapkan pertanyaan spesifik yang mengevaluasi bagaimana kandidat menggunakan keterampilan komunikasi mereka di tempat kerja, Anda lebih mungkin menemukan seseorang yang benar-benar dapat berkomunikasi dengan klien secara efektif, daripada mempekerjakan seseorang yang hanya muncul begitu (misalnya karena mereka ekstrovert).

Baca Juga : PUBLIC ATTITUDE (SIKAP) MAHASISWA YANG HARUS KAMU MILIKI

Untuk membantu Anda, kami mengumpulkan contoh pertanyaan soft skill yang menguji keterampilan khusus:

  • Pertanyaan wawancara adaptabilitas
  • Pertanyaan wawancara analitis
  • Mengubah pertanyaan wawancara manajemen
  • Pertanyaan wawancara komunikasi
  • Pertanyaan wawancara berpikir kritis
  • Pertanyaan wawancara pengambilan keputusan
  • Pertanyaan wawancara kepemimpinan
  • Pertanyaan wawancara presentasi
  • Pertanyaan wawancara pemecahan masalah
  • Pertanyaan wawancara pemain tim

2. Ajukan pertanyaan perilaku untuk mempelajari bagaimana mereka menggunakan soft skill dalam pekerjaan sebelumnya.

Perilaku masa lalu menunjukkan bagaimana kandidat berperilaku dalam pengaturan bisnis, sehingga mereka dapat digunakan sebagai penilaian soft skill juga. Misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan yang ditargetkan untuk mempelajari bagaimana kandidat telah menyelesaikan konflik, bagaimana mereka mengelola tugas-tugas yang sensitif terhadap waktu atau bagaimana mereka bekerja dalam proyek-proyek kelompok.

Berikut adalah beberapa ide:

  • Bagaimana Anda memprioritaskan pekerjaan ketika ada beberapa proyek yang terjadi pada saat yang sama?
  • Apa yang terjadi ketika Anda tidak setuju dengan seorang kolega tentang bagaimana Anda harus mendekati proyek atau menangani masalah di tempat kerja?

Periksa daftar pertanyaan wawancara perilaku kami untuk lebih banyak contoh.

3. Gunakan skenario hipotetis, permainan dan kegiatan yang menguji kemampuan tertentu.

Seringkali, berguna untuk mensimulasikan tugas pekerjaan untuk menguji bagaimana kandidat akan mendekati tugas dan tantangan reguler. Itu karena setiap pekerjaan, tim, dan perusahaan berbeda, jadi Anda ingin menemukan kandidat yang sesuai dengan lingkungan unik Anda. Misalnya, aktivitas bermain peran dapat membantu Anda menilai apakah tenaga penjualan memiliki keterampilan negosiasi yang Anda cari secara khusus. Atau, Anda dapat menggunakan latihan berbasis permainan untuk mengidentifikasi kandidat yang memecahkan masalah secara kreatif.

Kampus Terbaik Sumatera