Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Cara mendapatkan ID Scopus

Setelah mengetahui cara query Scopus ID, mari kita lanjut ke materi selanjutnya. Nah tentang cara mendapatkan ID Scopus, bagi kalian yang hanya memiliki satu terbitan atau publikasi yang terindeks Scopus ternyata cukup bagus lho, Berikut cara mendapatkan ID Scopus.

 

1. Melalui situs web

 

Cara pertama melalui situs resmi Scopus, langkah spesifiknya adalah sebagai berikut.

 

Langkah pertama silahkan buka browser anda untuk membuka website resmi Scopus atau klik UTL berikut : www.scopus.com

Setelah masuk ke halaman Scopus, silahkan lakukan pencarian, lalu klik Author Search

Kemudian masukkan nama dan afiliasi Anda di kolom pencarian yang tersedia. Jika artikel Anda adalah artikel pemula, harap perhatikan bahwa Anda harus mengosongkan subbidang ini, karena memungkinkan jurnal Anda untuk menambahkan artikel dari penulis lain. Tidak hanya itu anda juga harus menuliskan nama institusi atau perguruan tinggi anda dalam bahasa inggris, jika nama institusi atau perguruan tinggi yang anda masukkan tadi tidak dalam bahasa inggris. Maka nama Anda pada penulis seardh tidak akan ditemukan.

Selain itu, setelah mengklik tombol “Cari”, nama Anda secara otomatis akan muncul sebagai penulis. Untuk cara mendapatkan ID Scopus, anda bisa arahkan ke nomor artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya anda sudah memiliki 1 artikel yang berhasil terindeks Scopus).

Selanjutnya silahkan klik kanan pada yang pertama, selanjutnya anda tinggal klik Copy atau Duplikat.

Silahkan buka aplikasi Word atau MS Notepad dan paste atau tempelkan link yang telah anda copy tadi.

Nah, di sinilah kamu bisa melihat ID SCOPUS kamu. ID ini diberi nomor di akhir tautan (nomor merah disorot dengan warna kuning).

 

Baca Juga : Jurnal Scopus Indonesia

 

2. Periksa elemen

 

Metode kedua adalah menggunakan Elemen Inspeksi. Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda melihat kode HTML dan CSS di situs web. Adapun cara mendapatkannya, Anda dapat membaca di bawah ini.

 

Ikuti langkah 1 hingga 4 dari metode sebelumnya yang diberikan di atas.

Kemudian klik kanan dan pilih Inspect Element hingga muncul link Pages, biasanya di sisi kanan layar PC/Laptop Pages.

Dan untuk Id Scopus akan muncul berupa angka di akhir link website.

 

3. Cara mendapatkan ID Scopus melalui bantuan

 

Dan cara yang terakhir ini khusus disiapkan bagi yang tidak mau repot untuk melakukan kedua cara yang kami berikan di atas. Untuk cara mendapatkan ID Scopus ketiga, Anda hanya perlu mengirim pesan ke Scopus melalui Contact Us Scopus. Namun, pendekatan ini biasanya memiliki proses yang cukup lama untuk mendapatkan respon dari Scopus.

 

Di atas adalah tiga cara mendapatkan ID Scopus, silahkan pilih sesuai keinginan.