Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Cara Membuat Tape Singkong Yang Legit Dan Manis

Resep Tape Singkong Keju Roll Enak dari Chef Yummy
source gambar : yummy.co.id

Kuliner khas Jawa Barat memang seakan tidak ada habisnya, dari mulai cemilan sampai ke makanan tradisionalnya menjadi banyak incaran para wisatawan maupun warga lokal. Tentu bagi anda yang pernah mengunjungi Kota Parahyangan tersebut sudah tidak asing dengan beragam jenis kuliner tradisionalnya yang enak dan bikin nagih.

Salah satu kuliner khas Jawa Barat yang cukup otentik adalah Tape Singkong atau Peuyeum Sampeu. Panganan satu ini merupakan makanan tradisional Jawa Barat yang dibuat dari bahan utama singkong yang di fermentasi. Biasanya anda bisa dengan mudah menemukan makanan satu ini di sentra oleh – oleh khas Jawa Barat ataupun di tempat – tempat kuliner di Jawa Barat.

Rasa unik manis dan asam dari tape singkong ini membuat banyak orang bahkan orang yang bukan dari Jawa Barat menyukai makanan yang satu ini. Nah, untuk anda yang penasaran dengan cara pembuatan tape singkong ini. Yuk, langsung saja kita simak cara membuat tape singkong berikut ini.

Untuk membuat tape singkong ini anda tidak perlu menyiapkan banyak bahan, anda hanya perlu menyiapkan bahan – bahan berikut :

  • 2 kg singkong
  • 4 keping ragi
  • Daun Pisan
  • Air Secukupnya

Selanjutnya kita masuk ke cara pembuatan tape singkong ini :

  1. Kupas bagian kulit singkong lalu bersihkan permukaan singkong dari kotoran yang menempel menggunakan air mengalir
  2. Setelah dicuci bersih kemudian rebus singkong di air panas sampai singkong dalam kondisi setengah atau tiga perempat matang.
  3. Setelah itu angkat singkong yang telah direbus dan sisihkan sampai suhu singkong benar – benar dingin.
  4. Setelah itu siapkan wadah plastic lalu alasi dengan menggunakan daun pisang sampai semua permukaanya tertutupi daun pisan.
  5. Jangan lupa juga haluskan ragi sebelum akan digunakan. Setelah ragi halus taburkan keatas permukaan daun pisang.
  6. Setelah itu susun singkong diatas daun pisan yang telah ditaburi ragi, setelah singkong tersusun rapih jangan lupa juga untuk memberi taburan ragi keatas permukaan singkong.
  7. Jika ragi sudah ditaburi secara merata tutup kembali permukaan singkong dengan menggunakan daun pisang. Kemudian tutup bagian atasnya dengan menggunakan tutup wadah yang kedap udara.
  8. Diamkan singkong yang diberi ragi selama 2 -3 hari dan biarkan singkong terfermentasi.
  9. Setelah 2 -3 hari tape singkong pun sudah siap untuk disajikan.

Nah, langkah – langkah diatas merupakan cara untuk membuat tape singkong sendiri dirumah, gimana mudah bukan ? Dijamin kalau anda mengikuti resep diatas tape singkong yang anda buat anti gagal dan rasanya sudah pasti manis dan nikmat khas dari rasa tape singkong.

Sebenarnya agar lebih pastinya anda juga bisa mengikuti tips berikut ini supaya rasa dan tekstur dari tape singkong yang anda buat sama dengan yang dijual di pasaran. Berikut tips yang bisa anda ikuti :

  • Setelah singkong direbus dalam kondisi setengah matang maka jangan sekali – kali memegang singkong dengan menggunakan tangan. Ini untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri yang mungkin bisa menggagalkan proses fermentasi.
  • Setelah tape melewati proses fermentasi selama 2 – 3 hari maka masukan tape kedalam kulkas agar proses fermentasinya tidak terus berjalan.
  • Pastikan singkong yang ditaburi ragi dalam kondisi sudah benar – benar dingin agar proses fermentasi yang dihasilkan dari raginya benar – benar berhasil.