Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

biaya ibadah umroh 2022

Haji sebagai rukun i s l a m terakhir merupakan salah satu impian miliaran umat muslim di seluruh dunia. Mengapa impian? Tentu saja karena selain lebih sulit dibandingkan ibadah yang lain, haji merupakan salah satu ibadah dengan biaya yang cukup tinggi. Mengingat antrian yang sangat panjang di Indonesia, kalau Anda sudah membayar lunas ongkos naik haji pun Anda belum bisa langsung berangkat. Bahkan di salah satu daerah ada yang waktu tunggunya mencapai 16 tahun!

Berapa Biaya Haji 2022 Sebenarnya?

Pengaturan biaya haji saat ini mengacu kepada Keputusan Presiden Bapak Joko Widodo, Keppres No. 7 Tahun 2018 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1439 Hijriyah/ Tahun 2018. Per 10 April 2018, secara resmi Anda akan dikenai biaya haji sejumlah yang telah di atur di dalam sana. Biaya ini seharusnya berlaku sesuai dengan domisili Anda tinggal. Di dalam Keppres, sudah diatur biaya haji berdasarkan embarkasi masing-masing wilayah. Secara singkat, biaya haji terendah diberikan kepada warga yang ingin naik haji melalui embarkasi Aceh yaitu sebesar Rp31,09 juta dan yang tertinggi adalah embarkasi Lombok yaitu sebesar Rp38,79 juta.

Bagaimana dengan Haji Plus?

Sebelum kita membahas biaya haji plus ada baiknya kami menjelaskan sedikit tentang haji plus. Biaya haji plus tentunya jauh lebih mahal dibandingkan haji regular. Khusus haji plus, tidak ada patokan biaya yang bisa Anda ambil. Hal ini karena biaya haji plus sangat bergantung dengan penyedia jasa travel yang Anda pilih. Setelah itu tentunya semua biaya ini sangat bergantung dengan kondisi akomodasi dan transportasi di sana. Semakin dekat dan semakin bagus kualitas hotel penginapan Anda, tentu biayanya akan semakin besar. Selain itu, semakin tinggi kualitas maskapai yang dipilih oleh travel Anda, maka biaya yang harus Anda keluarkan semakin mahal pula. Biaya tersebut juga belum termasuk biaya perlengkapan Anda. Bahkan Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk passport, dokumen perjalanan lain, vaksin meningitis, serta biaya lain semisal dam atau denda haji. Jadi persiapkan diri untuk pengeluaran yang lain.

Biaya yang berbeda 3 hingga 8 kali lipat biaya naik haji regular itupun menurut kami tetap layak untuk Anda keluarkan kalau Anda ingin naik haji. Karena Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Sebut saja waktu tunggu yang jauh lebih cepat, Anda bisa diberangkatkan dalam waktu 1 hingga 2 tahun antrean saja. Anda cukup memberikan mereka Rp25 juta dan Anda sudah masuk daftar tunggu. Setelah itu jika sewaktu-waktu Anda dipanggil silahkan lunasi sisanya! Selain waktu tunggu yang lebih cepat itu, tentu Anda akan diberikan fasilitas hotel yang jauh lebih baik. Konsumsi Anda pun akan ditanggung pihak penyelenggara. Enak banget, kan?

Berapa Biaya Umroh 2022 Sekarang?

Nah, kalau tadi kita sudah membahas biaya haji regular dan haji plus, saatnya kita bahas biaya umroh. Senada dengan biaya haji plus, biaya perjalanan umroh sangat bergantung dengan biro travel yang Anda pilih. Rentang biaya umroh ini juga cukup besar dibandingkan biaya haji yang hanya berbeda-beda tipis. Karena perbedaan yang mencolok, kita seringkali sulit membedakan mana biro perjalanan yang benar-benar bagus dan mana biro perjalanan yang bodong. Jangan sampai Anda ter t i p u seperti kasus yang sudah-sudah, ya. Biaya umroh sendiri sangat beragam, mulai dari angka 20 hingga 40 juta rupiah. Umroh yang mahal ini biasanya menyisipkan liburan di sela-sela a g e nda umroh yang Anda lakukan. Seringkali para biro travel umroh ini menyisipkan misalnya ziarah dan perjalanan ke Turki. Nah, biaya inilah yang menyebabkan total biaya umroh Anda menjadi lebih besar.