Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Beragam Cara Menghemat Air

Di lebih dari satu negara Afrika yang mengalami kekeringan, air merupakan komoditas yang terlalu berharga. Tanpa air, kebugaran manusia dapat terganggu, apalagi membawa dampak berbagai masalah serius.
Oleh gara-gara itu, mutlak untuk menghemat air supaya ketersediaannya selamanya terjaga. Adapun langkah menghemat air yang dapat Anda terapkan, di antaranya:

1. Pikirkan tagihan air

Apakah tagihan air di tempat tinggal Anda setiap bulannya terbilang besar? Jika iya, Anda wajib merasa memikirkannya. Tagihan air yang besar menunjukkan pemanfaatan air yang besar pula. Oleh karena itu, Anda wajib merasa menghemat pemanfaatan air dengan water meter 2 inchi. Hal ini bukan hanya melindungi persediaan air, tetapi dapat menolong menghemat biaya yang Anda keluarkan.

2. Matikan keran air ketika tidak menggunakannya

Lupa mematikan keran air setelah menggosok gigi, cuci tangan, cuci muka, atau perihal lainnya merupakan rutinitas yang wajib dihilangkan. Berbagai rutinitas berikut membawa dampak Anda melenyapkan banyak air secara tidak disadari.

Jadi, biasakan untuk mematikan keran jikalau tidak menggunakannya dan nyalakan hanya saat Anda membutuhkannya. Jadikan rutinitas ini sebagai langkah menghemat air yang wajib Anda lakukan.

3. Masak air secukupnya

Ketika menghendaki menyeduh teh, kopi, atau memasak mie instan Anda, kemungkinan sering gunakan air terlalu banyak tanpa membayangkan kuantitas yang Anda butuhkan. Alhasil, air yang tersisa pun dibuang begitu saja.
Hal ini paham merupakan wujud pemborosan air. Cobalah untuk isi panci atau ketel air bersama dengan secukupnya saja sesuai yang Anda butuhkan. Tak hanya menghemat air, ini terhitung dapat membawa dampak Anda menghemat listrik atau gas.

4. Mencuci buah dan sayur di dalam wadah

Meski wajib menghemat air, tetapi mutlak untuk selamanya membasuh buah dan sayur yang dapat dikonsumsi. Hal berikut dilaksanakan untuk menjauhi kontaminasi kuman dan kemungkinan penyakit bawaan makanan.
Namun, membersihkannya bersama dengan air mengalir seringkali membawa dampak kuantitas air yang digunakan terlalu banyak gara-gara tak terasa. Oleh gara-gara itu, cucilah buah dan sayur di dalam wadah yang berisi air. Metode ini dapat menolong Anda menghemat air lebih banyak.

5. Menggunakan cairan pencuci piring secukupnya

Menggunakan cairan pencuci piring secara berlebihan dapat menghasilkan banyak busa sabun. Hal ini pasti membawa dampak makin banyak air yang diperlukan untuk membilasnya.
Sebaiknya, hentikanlah rutinitas tersebut. Gunakan cairan pencuci piring secukupnya saja sesuai yang Anda perlukan supaya pemanfaatan air untuk membilas tak dapat berlebihan.

6. Memperbaiki kebocoran

Jika di tempat tinggal Anda terdapat pipa yang bocor atau keran yang rusak supaya membawa dampak air menetes, Anda tidak boleh mengabaikannya.
Segera perbaiki gara-gara perihal berikut dapat membawa dampak air menjadi terbuang sia-sia. Jika Anda belum dapat memperbaikinya maka tampunglah air yang bocor berikut untuk Anda gunakan bagi kepentingan lain.

7. Hindari mandi berlama-lama

Apakah Anda suka mandi berlama-lama sambil memainkan air? Jika iya, Anda wajib menjauhi rutinitas tersebut. Berhenti mandi lama-lama memungkinkan Anda untuk menghemat banyak air.
Selain itu, mengganti bak mandi bersama dengan shower yang beraliran rendah terhitung dapat kurangi pemanfaatan air yang Anda gunakan untuk mandi.

8. Menampung air hujan

Menampung air hujan terhitung dapat menjadi keliru satu langkah untuk menghemat air. Air hujan yang ditampung dapat Anda gunakan untuk menyirami tanaman atau membasuh kendaraan. Namun, pastikan air yang ditampung berikut langsung digunakan atau tutup bersama dengan rapat supaya tidak menjadi daerah nyamuk bertelur sampai dapat menyebarkan penyakit.