Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Ayo Kenali Industri kreatif indonesia dan Perkembangannya

Ayo Kenali Industri kreatif indonesia dan Perkembangannya

Saat ini, Indonesia sedang mengembangkan ekonomi kreatif. Pengembangan akan ekonomi kreatif ini kemudian menyebabkan  kenaikan jumlah Industri kreatif indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu ekonomi kreatif dan industri kreatif?

Jika belum, baca tulisan ini hingga tuntas karena kamu akan dapat mengetahui dan mempelajari baik ekonomi kreatif maupun industri kreatif.

Apa Sih yang Dimaksud Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif?

Ekonomi kreatif adalah konsep perekonomian yang menitikberatkan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada pengetahuan, pemikiran, kreativitas dan juga ide nya dalam mengembangkan produk. Singkatnya, konsep ini mengutamakan manusia sebagai faktor produksi utama nya.

Ekonomi kreatif ini kemudian memunculkan usaha yang kemudian disebut sebagai industri kreatif. Industri kreatif adalah muncul dan terus ada karena perkembangan zaman, perkembangan teknologi dan juga gaya hidup serta tren yang sedang berlaku.

Karena perkembangan zaman dan teknologi yang berdampak kepada gaya hidup, manusia mulai membutuhkan hal – hal baru yang belum ada untuk melakukan kehidupan sehari – hari. Hal itulah yang kemudian memicu ide – ide dan kreativitas yang memunculkan inovasi.

Berangkat dari alasan itulah kemudian konsep ekonomi kreatif mulai dikenal secara luas dan kemudian banyak digunakan oleh pelaku ekonomi untuk dapat melakukan bisnis dan sekaligus dapat  menunjang ekonomi negara.

Apa yang Terjadi dengan Ekonomi Kreatif dan Perkembangan Industri kreatif indonesia?

Karena kebutuhan akan kreativitas dan ide dari manusia sebagai faktor utama produksinya, ekonomi dan industri kreatif membutuhkan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak. Kebutuhan akan SDM yang tinggi itu kemudian akan menghasilkan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Dengan lapangan pekerjaan yang baru, angka pengangguran akan menurun dan perekonomian negara akan sangat terbantu. Karena hal itulah yang menjadi penyebab mengapa pemerintah saat ini mengembangkan ekonomi kreatif beserta industrinya

Alasannya yaitu untuk mengurangi angka pengangguran yang akan berdampak pada berkurangnya angka kemiskinan di Indonesia, khususnya pada daerah industri tersebut dibangun.

Selain itu, manfaat industri kreatif lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan dari ide dan kreativitas akan menyebabkan persaingan yang lebih sehat, karena daya saing produk dapat dilihat dari spesifikasi yang didasari oleh ide – ide tersebut.

Karena kualitas produk yang bagus, diharapkan bahwa produk industri kreatif kemudian dapat bersaing secara internasional.  Industri kreatif indonesia saat ini sudah banyak dan berkembang, karena pada dasarnya siapapun dapat menekuninya asal memiliki semangat inovatif.

Apa Saja Contoh Kegiatan Ekonomi Kreatif?

Industri kreatif sendiri dibagi menjadi beberapa sektor yang pengelolaannya ditangani oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Berikut akan kami jelaskan beberapa dari sektor tersebut beserta dengan contoh kegiatan yang ada di dalamnya:

1. Seni pertunjukan

Terkait dengan seni pertunjukan, kegiatan ekonomi kreatif tidak hanya seputar pada saat pertunjukan tersebut berlangsung, namun juga mengenai kegiatan penunjang baik sebelum maupun sesudah pertunjukan berlangsung.

Misalnya, proses desain dan pembuatan tata letak  dan dekorasi panggung pertunjukan, juga proses pemasaran dan penjualan tiket pertunjukan dan juga rehearsal (latihan).

2. Foto, video dan film

Kegiatan seperti pembuatan script (naskah), reading script, proses shooting dan bahkan proses editing termasuk ke dalam kegiatan ekonomi kreatif di sektor foto, video dan film.

3. Advertising

Kegiatan ekonomi kreatif yang termasuk ke dalam sektor advertising atau periklanan di antara lain adalah proses brainstorming (pengumpulan ide baru yang inovatif), riset pasar, pembuatan iklan, dan juga pemasangan iklan baik pada media cetak maupun media elektronik.

4. Kerajinan

Konsep ekonomi kreatif digunakan pada industri kerajinan meskipun tingkat produksi industri ini dapat dibilang lebih kecil jika dibandingkan dengan sektor lain. Pada umumnya, produk yang berupa kerajinan dibuat dengan menggunakan cara yang masih tradisional.

Karena menggunakan cara tradisional itulah kemudian sektor ini membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keahlian dan juga kreativitas untuk menghasilkan produk kerajinan yang kualitasnya tinggi.

5. Broadcasting (Televisi dan Radio)

Program dalam televisi dan radio dapat dikatakan sebagai produk dari sektor ekonomi kreatif broadcasting ini.

Baik televisi maupun radio yang sama sama merupakan broadcasting, ide dan kreativitas dari sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk menciptakan program yang menarik dan disenangi banyak orang.

Jika program yang dimiliki menarik, disenangi dan juga menghibur, akan banyak orang juga yang menonton atau mendengarkan program tersebut. Namun perlu diperhatikan juga bahwa program khususnya televisi tidak hanya cukup menghibur, tapi juga akan lebih baik lagi jika mengedukasi masyarakat.

Karena berkembangnya ekonomi kreatif, lapangan pekerjaan di bidang industri kreatif pun meningkat. Saat ini, ide dan kreativitas menjadi hal yang penting untuk menunjang kita di dunia pekerjaan. Karena pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, apa kamu tertarik untuk terjun ke dalamnya?