Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Asal-Usul Ditemukannya Bahan Rayon

Pada masa lalu, kain rayon yang memiliki kualitas baik dan populer di semua orang adalah kain sutra. Namun pada tahun 1860 di negara Prancis terjadi wabah penyakit ulat sutra, sehingga bahan baku untuk pembuatan kain sutra tidak bisa didapatkan.

Kemudian dua orang Prancis yang bernama Louis Pasteur dan Cout Hilaire de Chardonnet melakukan penelitian untuk menciptakan sebuah kain baru yang mirip dengan sutra.

Awalnya, kedua orang ini mengamati proses dari pembuatan kain sutra dan mereka mencoba melakukan percobaan dan menemukan serat baru yang dihasilkan dari pulp kayu. Kemudian hasil penelitian mereka itu dipatenkan.

Pemberian nama ‘Rayon’ bukan dilakukan oleh kedua orang penemu serat ini. Tetapi, nama rayon yang memberikan adalah sebuah instansi yang bernama Federal Trade Commission (FTC) di tahun 1925. Pada tahun itu juga bahan rayon berkembang dan populer menjadi sebuah industri.

Rayon asli ini berasal dari dua jenis bahan baku, pertama berasal dari serat selulosa alami dan jenis kedua berasal dari asetat yang terbuat dari senyawa selulosa. Kedua jenis rayon ini populer dengan nama rayon viskosa.

Sayangnya, rayon vikosa pada penggunaan memiliki kelemahan kain yang cukup rapuh. Sehingga pada tahun 1955 ada inovasi supaya rayon bisa menjadi kain yang memiliki serat yang kuat. Kemudian munculah kain yang bernama HWM (High Wet Modulus) yang digunakan sebagai bahan pakaian.