Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

Cara Menurunkan Gula Darah

Apa Efek Gula Darah Tinggi? Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah?

Glukosa darah merupakan jumlah gula atau glukosa dalam darah. Meski terus berubah, gula darah harus dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan pada tubuh. Adapun cara menurunkan gula darah bisa dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat.

Gula darah dipengaruhi oleh jumlah nutrisi dari makanan atau minuman, terutama karbohidrat, serta jumlah insulin dan sensitivitas sel-sel dalam tubuh terhadap insulin. Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan berdampak negatif bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Apa yang Terjadi jika Gula Darah Terlalu Tinggi?

Gula darah dianggap terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL. Istilah medis untuk gula darah yang terlalu tinggi adalah hiperglikemia. Hiperglikemia dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, hormon yang disekresikan oleh pankreas. Insulin bertanggung jawab untuk mengantarkan gula dari darah ke seluruh sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Gula darah tinggi juga dapat terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tidak sensitif terhadap insulin, sehingga gula dari darah tidak dapat masuk ke dalam sel untuk diproses. Hiperglikemia sering terjadi pada penderita diabetes yang tidak menjalani gaya hidup sehat, seperti makan terlalu banyak, kurang berolahraga, atau lupa minum obat diabetes atau insulin.

Selain itu, gula darah tinggi pada penderita diabetes juga bisa dipicu oleh stres, infeksi, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Orang yang biasanya tidak menderita diabetes juga bisa mengalami gula darah tinggi, terutama ketika sedang sakit parah. Tanda-tanda bahwa gula darah Anda terlalu tinggi adalah merasa lelah, memiliki banyak nafsu makan, kehilangan berat badan, merasa haus, dan buang air kecil lebih sering.

Jika gula darah mencapai 350 mg/dL atau lebih, gejala yang mungkin timbul adalah rasa haus yang berlebihan, penglihatan kabur, pusing, gelisah, dan penurunan kesadaran. Selain itu, kulit akan menjadi merah, kering dan panas.

Apa yang Terjadi jika Gula Darah Terlalu Rendah?

Gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia terjadi ketika gula darah di bawah 70 mg/dL. Kondisi ini juga umum terjadi pada penderita diabetes, yang merupakan efek samping dari obat diabetes yang mereka konsumsi. Obat diabetes, terutama insulin, dapat menurunkan gula darah terlalu banyak.

Orang dengan diabetes tipe 1 tidak memiliki cukup insulin. Oleh karena itu, diperlukan insulin eksternal, biasanya dalam bentuk suntikan. Namun jika dosisnya terlalu tinggi, insulin bisa menyebabkan gula darah turun secara tiba-tiba.

Pada penderita diabetes, hipoglikemia dapat terjadi jika penggunaan insulin atau obat diabetes tidak dibarengi dengan pola makan yang cukup. Olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi ini. sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin. Lindungi juga Anda dan keluarga dengan asuransi rawat inap dari SuperYou by Sequisonline.