Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

kirim barang ke Singapura

Alasan Penahanan barang di Bea Cukai Saat Kirim Barang ke Singapura

Untuk kamu yang ingin atau sedang melakukan pengiriman barang ke Singapura, perlu dijumpai jika ada ketidaksamaan ketentuan pengiriman. Ya, saat kamu akan kirim barang ke Singapura, maka kamu perlu tahu jika ada ketentuan berkenaan bea cukai yang perlu dimengerti secara baik. Ketentuan bea cukai ini tersangkut mengenai arus masuk barang dan pajak yang bakal diterima oleh negara.

Nach, terlibat perbincangan mengenai ketentuan bea cukai, kadang ada kasus di mana barang yang dikirimkan akan ditahan di bea cukai karena ditengarai ada permasalahan berkaitan itu. Pasti, bila ini terjadi, maka bakal ada rugi yang terterima oleh pengirim atau penerima, terutama karena barang tidak juga sampai di tujuan dan kemungkinan ada denda yang bakal didapat.

Perlu dijumpai jika ada beberapa alasan mengapa barang yang dikirimkan tertahan di bea cukai. Pasti, untuk kehati-hatian saat akan kirim barang ke Singapura, kamu perlu mengetahui apa alasan penahanan barang di bea cukai itu.

Beberapa alasan umum mengapa barang yang dikirimkan ke Singapura dapat tertahan di bea cukai sebagai berikut ini:

Consignee tidak eksper

Salah satunya alasan mengapa barang kamu tertahan di bea cukai saat proses pengiriman ke Singapura ialah karena consignee yang tidak eksper. Consignee sendiri sebagai seorang yang dipercayai buat tangani hal pengiriman yang bakal dilaksanakan.

kirim barang ke Singapura

Nah, ia lah yang bakal mengendalikan semua administrasi, terhitung pengurusan bermacam document yang bakal dibutuhkan sepanjang proses pengiriman, terutama untuk pengiriman barang dengan volume besar. Sering, consignee yang tidak eksper jadi biang penahanan karena masalah administrasi yang tidak juga usai.

 

Forwarder yang kurang bertanggungjawab

Walau forwarder sering dipakai dalam import barang yang masuk di Indonesia, tetapi sesungguhnya forwarder juga dipakai dalam pengiriman barang dari Indonesia ke luar negeri, terhitung ke Singapura. Nach, alasan lain mengapa produk atau barang yang kamu kirimkan ke Singapura tertahan di bea cukai ialah forwarder yang tidak bertanggungjawab.

Dalam masalah ini, dapat disebutkan peranan forwarder penting karena akan menyambungkan kamu dengan tujuan pengiriman barang. Kekeliruan terjadi saat forwarder yang tidak bertanggungjawab ini tidak memberitahu hal document yang wajib disiapkan untuk pengurusan di bea cukai.

Nah, dengan kasus itu, maka nanti masalah administrasi dari barang yang kamu kirimkan tidak usai. Pasti, dampaknya ialah barang yang kamu kirimkan akan tertahan di bea cukai sampai pengurusan seterusnya.

 

Pengecekan lajur merah

Pihak bea cukai akan berlakukan beberapa pengecekan berkaitan pengiriman dan kehadiran barang. Pengecekan ini sudah pasti dilaksanakan untuk mengutamakan faktor validitas dari arus keluar dan masuk barang dari dan ke luar negeri.

Disamping itu, pengecekan juga mempunyai tujuan untuk menghindar ada barang terlarang yang dikirim atau masuk. Seperti dijumpai, tiap negara terhitung Singapura, mempunyai ketentuan berkaitan barang apa yang bisa dikirim. Barang yang terhitung dangerous goods pasti ditahan di bea cukai.

Nah, pengecekan lajur merah sendiri sebagai pengecekan fisik dari barang yang akan dikirim. Kecuali untuk pastikan kecocokan barang yang dikirim, pengecekan ini juga mempunyai tujuan untuk melakukan klarifikasi pada kelengkapan barang. Bila ternyata dari pengecekan ini ada permasalahan, maka barang yang dikirim akan ditahan.

Beberapa point di atas ialah poin utama yang sebaiknya dimengerti saat sebelum kirim barang ke Singapura supaya barang kamu tidak ditahan. Nach, untuk pengiriman ke Singapura, kamu dapat memakai service Kilo.id yang pasti siap memberikan kontribusi hal pengurusan di bea cukai.