Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

5 Peran Ideal Lembaga Keuangan Milik Pemerintah

Dalam dunia keuangan, lembaga keuangan bertindak sebagai lembaga yang menyediakan produk dan jasa keuangan bagi nasabah. Semua aktivitas yang dilakukan oleh lembaga tersebut diatur oleh regulasi dari pemerintah. Adapun peran dari lembaga keuangan milik pemerintah yaitu sebagai berikut.

Peran Lembaga Keuangan

1. Sebagai Penyalur Dana

Lembaga keuangan memiliki peran sebagai penyalur dana untuk sektor ekonomi maupun pembangunan dalam suatu periode tertentu. Dana ini dikumpulkan dan dihimpun dari masyarakat, untuk kemudian nantinya dijadikan sebagai sumber pendanaan pada berbagai sektor. Dengan perannya sebagai penyalur dana, lembaga keuangan mengelola dan mengembangkan dana yang berhasil dikumpulkan.

2. Menghimpun Dana

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sumber dana yang disalurkan oleh lembaga keuangan berasal dari dana masyarakat, yang dikumpulkan dan dihimpun. Dengan kata lain, lembaga keuangan ini mempunyai peran dalam menghimpun dana. Untuk itu, badan usaha akan mengeluarkan berbagai macam dokumen berharga.

Sehingga masyarakat pun dapat menyimpan dana mereka pada berbagai macam dokumen berharga tersebut, dengan lebih minim risiko dan lebih aman. Adapun beberapa dokumen berharga yang ditawarkan lembaga keuangan milik pemerintah seperti obligasi, saham, maupun keuangan lainnya yang bisa menjadi tabungan bagi masyarakat.

3. Memberikan Pinjaman

Peran lembaga keuangan berikutnya yaitu memberikan pinjaman. Masyarakat yang membutuhkan dana bisa mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Namun untuk itu masyarakat harus menyerahkan jaminan atas pinjaman yang diajukan. Dimana semakin besar nilai pinjaman yang diajukan, maka jaminan yang harus diserahkan juga harus memiliki nilai yang sebanding.

Secara umum, ada banyak yang dapat dijadikan sebagai jaminan. Misalnya barang barang berharga seperti sertifikat rumah, emas, komputer, smartphone, dan lain sebagainya yang memiliki nilai. Pada lembaga keuangan bukan bank layaknya koperasi, hal tersebut juga berlaku demikian. Hanya saja layanan simpan pinjam kepada anggota memiliki bunga yang lebih rendah.

4. Memudahkan Kegiatan Transaksi

Adanya lembaga keuangan juga dapat memudahkan kegiatan transaksi. Peran ini adalah yang paling dirasakan oleh masyarakat. Lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana secara efektif dari serta ke masyarakat, akan membuat transaksi keuangan jauh lebih mudah. Apalagi di era digital dengan banyaknya inovasi fitur canggih yang muncul, transaksi keuangan pun akan semakin mudah.

5. Pemindah Aset

Lembaga keuangan milik pemerintah mempunyai peran sebagai pemindah aset. Caranya yaitu sejumlah dana yang disimpan dapat diberikan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Dana yang disimpan tersebut dapat berasal dari tabungan yang dihimpun dari masyarakat, sehingga terjadi perpindahan aset.

Demikian sederet peran ideal dari lembaga keuangan yang ada di Indonesia, dan menunjukkan pentingnya keberadaan lembaga tersebut dalam dunia keuangan. PT SMI menjadi salah satu lembaga keuangan yang dapat memberikan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur. Nilai yang dapat diberikan pun fantastis, sehingga dapat mempercepat pembangunan yang dilakukan.