Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

5 Manfaat Pijatan untuk Bayi Anda

5 Manfaat Pijatan untuk Bayi Anda

 

Pijat tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi anak-anak bahkan bayi juga bisa merasakan manfaatnya. Salah satu manfaat pijat untuk bayi adalah mengatasi bayi sering kentut karena masalah sistem pencernaan. Untuk memijat bayi, Anda tentu memerlukan olesan seperti minyak esensial. Agar tidak salah pilih, membaca review tentang minyak esensial untuk pijat juga penting.

Manfaat Pijat untuk Bayi

Jika pijat untuk orang dewasa bisa memberikan rasa nyaman dan segar setelahnya, maka begitu pula untuk bayi Anda. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari pijatan untuk bayi Anda:

1.     Bayi Tidur Nyenyak

Pijat akan meningkatkan hormon melatonin. Hormon ini diproduksi pada saat malam hari oleh kelenjar pineal di pusat otak. Fungsi dari melatonin adalah mengatur siklus tidur dengan memunculkan rasa kantuk.

Pijatan memicu peningkatan hormon melatonin. Dengan adanya produksi melatonin yang banyak, maka bayi akan tertidur lebih nyenyak. Rutinlah memijat bayi Anda pada saat malam hari agar siklus tidurnya teratur, serta membuat rileks dan tenang.

2.     Meningkatkan Ikatan Orang Tua-Anak

Proses pijatan meningkatkan ikatan orang tua dan anak. Memijat bayi tak hanya dilakukan oleh ibu, tetapi juga bisa dilakukan oleh Ayah. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan mengenal dan menguatkan ikatan emosional pada buah hati karena melatih kepekaan terhadap anak Anda.

3.     Mengatasi Perut Kembung

Sistem pencernaan bayi terkadang tidak lancar. Karena gangguan ini, bayi akan sering menangis. Salah ciri dari gangguan pencernaan adalah bayi sering kentut. Untuk mengatasinya, pijatan membantu sistem pencernaan bayi lebih lancar.

Untuk memijat bayi, Anda bisa menggunakan lotion atau minyak esensial. Mengutip review dari Orami Magazine, Anda hanya perlu satu atau dua tetes minyak esensial di perut kemudian pijat dengan lembut searah dengan arah jarum jam.

4.     Membantu Perkembangan Fisik

Pijatan membantu perkembangan fisik anak Anda. Pijatan memberikan stimulan untuk proses penyelubungan saraf atau myelinasi. Proses tersebut akan mendorong saraf menghantarkan impuls dari pusat saraf yaitu otak ke seluruh tubuh.

Otot-otot leher juga lebih kuat dengan pijatan sehingga membantu bayi untuk menoleh. Jika Anda memijat bagian dada bayi, gerakan pijatan akan menstimulasi kelenjar thymus.

Kelenjar tersebut berfungsi untuk memproduksi limfosit-T atau sel darah putih. Limfosit-T sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga bayi akan terlindungi dari infeksi virus.

Dengan memijat bayi, Anda membantu otot-otot di daerah persendian lebih lentur. Kelenturan otot ini sangat dibutuhkan bayi untuk bergerak, salah satunya adalah saat belajar jalan. Pijatan di punggung membantu pembentukan postur tubuh bayi. Untuk bagian punggung, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan memijatnya secara lembut.

5.     Sirkulasi Darah Lancar

Gerakan-gerakan memijat pada dasarnya berfungsi untuk melancarakan peredaran darah. Ketika memijat, usahakan mengarahkan pijatan ke arah jantung. Cara ini untuk membantu sirkulasi darah tubuh bayi Anda semakin lancar.

Memijat menjadi salah satu cara untuk meredakan gejala sakit atau kelebihan udara di perut yang menyebabkan bayi sering kentut. Minyak esensial yang tepat memudahkan Anda untuk meredakan gejala ini. Membaca review jujur akan membantu Anda memilih minyak yang tepat.