Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

5 Cara Gunakan HP Kreditanmu Supaya Bisa Hasilkan Cuan

 

Baru aja kredit HP tanpa uang muka

 

Biar nggak cuma dipake buat main media sosial atau ngegame, lebih baik dipake buat hal-hal kreatif yang bisa mendatangkan pundi-pundi cuan. Dengan begitu, kredit HP tanpa uang muka ataupun dengan uang muka yang kamu ambil bakal berubah dari utang konsumtif jadi utang produktif. Syukur-syukur kalo sampai bisa nutup angsuran bulanannya. Makin mantap!

 

Kalo mau lebih mantap lagi, buat kamu yang baru pengen kredit HP tanpa uang muka, mending cobain Kredivo. Karena selain bunga Kredivo lebih rendah dibanding aplikasi kredit HP tanpa uang muka lainnya, yaitu cuma 2,6% per bulan, opsi tenor cicilan di Kredivo juga lebih panjang yaitu 3/6/12 bulan. Dengan begitu, angsuran bulanan HP yang kamu ambil bakal lebih ringan. Psst, daftar akun Premium Kredivo, limit kreditnya bisa sampai Rp 30 juta lho!

 

Selain kredit hemat dengan aplikasi yang tepat, apa aja sih yang bisa kita lakuin dari HP supaya bisa menghasilkan uang? Berikut ini adalah 5 caranya. 

 

Buka jasa titip belanja lewat WhatsApp

 

Yang pertama, tentu aja usaha! Untuk mendapatkan uang, nggak ada cara yang benar-benar instan. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa memanfaatkan HP kreditanmu adalah membuka jasa titip belanja bagi kerabat, kenalan, atau orang-orang di sekitar rumahmu. Mulai dari belanja ke pasar, titip belanja ke mal, berburu promo di supermarket, dan lain sejenisnya.  Untuk percobaan, kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasa via WhatsApp Story yang gratis dan praktis. Di tengah pandemi, ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, lho. Tapi, tetap perhatikan dan patuhi protokol kesehatan selama berbelanja, ya. 

 

Buka bisnis dropship untuk produk yang banyak dicari selama pandemi

 

Pernah nggak kamu buka WhatsApp story, terus ngeliat update-an story dari kerabat atau teman yang jualan berbagai macam produk sampai makanan? Dan rata-rata produk yang dijual familiar/dijual juga di banyak toko online/e-commerce? Nah, kurang lebih itulah salah satu contoh bisnis dropship yang dilakukan teman atau kerabatmu. 

 

Nggak perlu punya produk atau stok barang, cukup promosikan produk dari supplier dengan harga yang sudah ditambahkan margin keuntungan. Lalu, ketika ada pesanan, maka sebagai dropship ia akan meneruskan pesanan tersebut ke supplier untuk dikirimkan ke pembeli. Misal, harga di supplier dijual sebesar Rp20.000, nah harga dropshipnya dijual sebesar Rp30.000. Maka Rp10.000-nya adalah keuntungan yang bisa diambil dropshipper. 

 

Mencoba peluang jadi affiliate marketer

 

Cuma ngeshare link afiliasi produk, bisa dapet cuan? Yak, secara sederhana, seperti itulah gambaran menjadi affiliate marketer. Singkatnya, kamu membantu mempromosikan produk dari perusahaan lain dalam bentuk link afiliasi. Link ini secara otomatis dibuat dengan nama dan profilmu. 

 

Sehingga, ketika kamu melakukan promosi dan ada orang yang tertarik melakukan pembelian lewat link yang kamu berikan, maka otomatis komisimu langsung terhitung. Makin banyak kamu promosi dan pitching, akan makin banyak juga komisi yang bisa kamu dapat. Beberapa produk/perusahaan yang banyak membuka peluang afiliasi antara lain: agen pulsa, asuransi, e-courses, dan agen travel, fashion, sampai e-commerce. Yuk gunakan HP-mu buat rajin-rajin riset. 😀

 

Jualan pulsa dan produk digital lainnya

 

Pulsa, paket data, token listrik, hingga bayar tagihan bulanan rutin seperti BPJS Kesehatan atau PDAM sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang saat ini. Maka dari itu, jualan pulsa dan produk tagihan digital lainnya bakal sangat menguntungkan. Apalagi sekarang, buat jualan pulsa udah gampang banget. Nggak perlu susah pake chip atau registrasi ke agen besar. Tinggal download aplikasi agen dan jualan pulsa di Google Play Store, isi deposit, bisa langsung jualan deh! Peluang usaha satu ini cocok dilakukan jika kamu tinggal di wilayah ramai penduduk dan belum banyak yang buka usaha sejenis. 

 

Mencoba aplikasi penghasil uang/reward yang aman

 

Di Google Play Store, terutama untuk pengguna Android, cukup banyak aplikasi yang menawarkan reward berupa uang tunai atau poin yang bisa diredeem dengan berbagai hadiah seperti pulsa atau voucher belanja. Tiga di antaranya adalah Cash for Apps, Showbox, dan Baca Plus. Eits, tapi nggak serta-merta dikasih gitu aja ya uang atau rewardnya. Aplikasi ini akan meminta kamu untuk melakukan dan menyelesaikan task-task tertentu. Contoh: mendownload aplikasi, memainkan game, sampai baca berita. Ketika kamu menyelesaikan task yang diberikan, otomatis reward yang dijanjikan akan masuk ke akunmu. 

 

Namun, sekarang banyak aplikasi sejenis yang tidak aman. Dalam artian, aplikasi ini meminta data-data pribadi yang berlebihan seperti KTP. Jika kamu menemui aplikasi penghasil uang sejenis ini, sebaiknya jangan digunakan. Pada dasarnya penggunaan aplikasi ini hanya untuk iseng dan fun sehingga isian data yang diminta saat daftar paling tidak hanya berupa nama, email atau nomor HP saja.