Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

4 Tips Menikmati Kopi Hitam bagi Pemula agar Lebih Nikmat

4 Tips Menikmati Kopi Hitam bagi Pemula agar Lebih Nikmat

Meskipun budaya minum kopi di Indonesia sudah ada sejak lama, namun masih ada sebagian orang yang belum bisa menikmati secangkir kopi dengan tepat. Kini popularitas kopi memang cukup meningkat dan membuat banyak orang ingin mencoba dari kopi hitam. Bagi Anda yang pemula, berikut beberapa tips untuk menikmatinya.

1. Coba Light to Medium Roast Beans

Apakah Anda pernah mencoba meneguk secangkir kopi hitam dan langsung trauma dengan rasanya? Jika iya mungkin Anda belum pernah mencoba kopi yang disangrai light to medium. Sebenarnya warna kopi yang terlalu hitam dan rasanya yang terlalu pahit disebabkan karena biji kopi tersebut yang disangrai terlalu dark hingga rasanya berubah menjadi terlalu pahit.

Tidak akan ada karakteristik rasa kopi yang mampu Anda nikmati jika bijinya disangrai too dark. Jadi bagi Anda yang pemula tak ada salahnya untuk menikmati kopi yang disangrai light to medium. Saat menikmatinya Anda bisa saja tidak menemukan rasa pahit sama sekali.

2. Jangan Minum Kopi Terlalu Panas

Secangkir kopi akan mampu memberikan rasa yang lebih baik apabila dinikmati ketika suhunya sudah turun. Jika Anda menikmati kopi ketika suhunya masih terlalu tinggi maka Anda tidak akan menemukan rasa kopi sesuai dengan yang diharapkan.

Sebaiknya tunggu kurang lebih 3 sampai 4 menit setelah kopi diseduh, kemudian nikmati secara perlahan. Suhu terbaik untuk menikmati secangkir kopi adalah 40 derajat celcius. Tak hanya itu, secangkir hitam ini tidak diseduh dengan suhu di atas 88 derajat celcius. Pasalnya jika air yang digunakan terlalu panas maka rasanya akan semakin pahit karena kafein melebur secara cepat.

3. Minum Dalam Dosis Kecil

Jika selama ini Anda lebih sering mengonsumsi kopi dengan gula atau kopi dengan susu dalam cangkir berukuran besar, maka Anda tidak akan pernah bisa melakukan hal yang sama ketika menikmati secangkir hitam.

Bagi pemula ada baiknya mengonsumsi kopi murni hitam dalam secangkir kecil agar Anda merasa terbiasa dengan rasanya. Terlebih lagi mengonsumsi kopi bukan untuk melepas dahaga. Jadi mulailah dengan cangkir ukuran kecil untuk menikmatinya.

4. Coba Sebanyak-banyaknya dari Berbagai Jenis

Anda tidak akan pernah tahu jenis kopi mana yang disukai jika belum mencoba berbagai jenis yang ada. Jadi tak ada salahnya mencoba berbagai jenis kopi yang disajikan dengan cara yang berbeda. Kopi kaya akan rasa jika Anda mampu menikmatinya. Setiap biji saja biasa berbeda aftertaste dan karakteristiknya. Jadi coba sebanyak-banyaknya dan temukan rasa kopi yang Anda sukai.

Nah itu dia beberapa tips menikmati secangkir kopi hitam bagi pemula agar rasanya lebih nikmat. Jika bisa menikmatinya, meminum kopi bisa menjadi salah satu ritual yang istimewa. Tak hanya soal rasa saja, namun Anda juga perlu memperhatikan proses menyeduhnya agar bisa mendapatkan cita rasa terbaik.