Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

4 Ciri Daging Sapi yang Segar dan Layak Konsumsi

Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan dengan kandungan gizi yang sangat tinggi. Meski demikian, daging sangat mudah ditumbuhi jamur dan bakteri, sehingga membuatnya mudah busuk. Sebab itulah Anda harus berhati-hati saat ingin membeli daging sapi. Untuk bisa memilih daging yang segar, Anda harus mengetahui ciri daging sapi yang segar.

Ciri Daging Sapi yang Segar dan Sudah Busuk

Supaya Anda tidak salah saat membeli daging sapi, Anda harus mengetahui bahwa kualitas daging sapi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Baik itu sebelum dipotong maupun setelah dipotong.

Faktor yang bisa menentukan kualitas daging sebelum dipotong diantaranya adalah pakan, pemeliharaan dan juga kesehatan sapi. Sementara faktor yang menentukan kualitas daging sapi setelah dipotong adalah waktu pemotongan dan juga kontaminasi setelah pemotongan.

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang menentukan kualitas daging sapi. Berikut ini beberapa kriteria daging sapi segar yang bisa Anda jadikan acuan saat ingin membeli daging sapi, baik itu di pasar tradisional maupun supermarket.

1. Bau Daging

Daging sapi segar dan layak konsumsi akan mengeluarkan aroma segar. Biasanya daging sapi mempunyai bau khas yang tidak menusuk hidung dan lembut. Sementara itu, daging sapi yang sudah busuk akan mengeluarkan bau anyir, amis tengik hingga masam yang tidak wajar. Bay daging yang sudah busuk biasanya akan menusuk hidung.

2. Warna Daging

Daging yang masih segar dan layak konsumsi biasanya berwarna merah cerah dan juga sedikit mengkilat, tidak pucat dan juga tidak kotor sedikitpun. Selain itu, lemak daging mempunyai tekstur yang keras dengan warna putih kekuningan. Serta ototnya akan berserat halus.

Jika Anda menemukan daging sapi sudah berwarna hijau atau coklat kehijauan, itu menunjukkan bahwa daging sudah mulai membusuk dan sudah tidak layak konsumsi. Segera buang daging tersebut, karena baunya akan sangat mengganggu.

3. Tekstur Daging

Daging sapi layak konsumsi mempunyai tekstur kenyal, padat dan juga tidak kaku. Untuk bisa mengecek tekstur daging, Anda bisa menekan daging menggunakan jari Anda. Jika permukaan daging kembali seperti semula setelah ditekan, itu berarti daging masih dalam kondisi segar dan layak konsumsi.

Sedangkan daging sapi yang kualitasnya sudah menurun akan terasa sedikit lembek dan tidak kembali seperti semula saat ditekan. Daging yang sudah mulai membusuk juga akan mengeluarkan lendir dan lengket saat dipegang.

4. Penampilan Daging

Daging sapi segar akan terlihat lembab dengan warna merah yang merata dan juga tidak akan ada noda atau bercak sedikitpun. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk akan terlihat lesu, kusam dan juga apek. Selain itu, daging yang busuk juga mempunyai bercak hitam atau kehijauan yang menandakan kalau ada bakteri yang menempel pada daging.

Dilansir dari Livestrong, meskipun Anda memasak daging sapi dengan suhu yang tinggi. mengkonsumsinya akan menyebabkan resiko keracunan makanan. Hal ini tidak lain karena racun yang dihasilkan saat bakteri tersebut mati karena suhu tinggi.

Racun inilah yang menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, proses memasak tidak bisa menghilangkan racun. Gejala keracunan biasanya ditandai dengan mual dan diare setelah Anda mengonsumsi suatu makanan.

Selain mengetahui ciri-cirinya, ketahui juga cara menyimpan daging sapi yang segar agar daging tidak mudah membusuk. Nah, jika Anda masih ragu saat ingin membeli daging sapi yang segar, Anda bisa membeli semua kebutuhan masak di TaniHub. Sebuah platform e-commerce yang menjual berbagai produk hasil pertanian dan kebutuhan masak.