Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

3 Bacaan Doa Sebelum Belajar Yang Bisa Diamalkan

Mama Muda Panutan, 10 Potret Alyssa Soebandono Temani Anak Belajar

Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan setiap orang agar mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap, serta nilai positif dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Belajar juga merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim. Sebab dengan belajar, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya tidak paham menjadi paham, dan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa.

Belajar ini sudah menjadi perintah Allah SWT untuk hamba-Nya, karena orang – orang yang beriman dab berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al – Quran surat Al – Mujaadilah ayat 11, yang artinya :

“Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang – orang yang beriman diantaramu dan orang – orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

Belajar akan menjadi kewajiban bagi semua umat Islam mulai dari anak – anak hingga orang tua. Jadi, menuntut ilmu tidak ada batas waktunya bagi umat muslim di dunia.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Ilmu yang bermanfaat memang merupakan salah satu amalan yang tidak pernah putus pahalanya meski telah meninggal. Karena itu, ilmu merupakan sesuatu yang sangat penting yang bisa menolongmu di dunia dan di akhirat.

Namun ketika akan belajar, seorang muslim harus berdoa terlebih dahulu agar ilmu yang didapatkan berkah. Membaca doa sebelum belajar perlu dibiasakan sejak dini agar terbiasa hingga masa dewasanya kelak.

Terdapat 3 bacaan doa sebelum belajar yang bisa diamalkan, diantaranya yaitu :

  1. Doa Sebelum Belajar

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya, “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

  1. Doa Sebelum Belajar Yang Singkat

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Artinya, “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang – orang yang sholeh.”

  1. Doa Sebelum Belajar Yang Sesuai Sunnah

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

“Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukankah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu – pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Membiasakan diri untuk membaca doa sebelum belajar dalam kehidupan sehari – hari merupakan adab yang baik. Anak – anak dibangku sekolah juga ditekankan untuk selalu berdoa sebelum belajar dan aktivitas lainnya.

Selain di sekolah, di lingkungan rumah juga seorang anak harus memanjatkan doa sebelum mengerjakan tugas sekolahnya. Seluruh aktivitas belajar memang seharusnya diawali dengan membaca doa terlebih dahulu.

Aktivitas berdoa sebelum belajar akan memberikan kemudahan, keberkahan, serta keselamatan dalam menuntut ilmu. Seorang pelajar, penuntut ilmu, dan juga para santri memang seharusnya mengamalkan doa sebelum belajar.

Selain itu, mereka juga tidak boleh melupakan untuk selalu menghormati guru, dosen, ustadz dan ustadzah. Sebab seorang guru, ustadzah, atau dosen memiliki jasa yang besar dalam menyampaikan ilmu kepada kita. Memuliakan mereka tentunya menjadi perilaku terpuji.

Jadi, siapapun yang akan menuntut ilmu baik itu anak – anak maupun orang dewasa bisa memulainya dengan berdoa terlebih dahulu.