Tips Membeli Hardisk Eksternal secara Online

Ada berbagai hardisk eksternal yang dijual di tempat jual hardisk eksternal yang bisa Anda beli dengan rentang harga bervariasi. Semakin banyaknya pilihan merk hardisk eksternal di pasaran membuat harga untuk satu buah hardisk eksternal bisa Anda peroleh mulai dari Rp 300an ribu sampai di atas Rp 2 jutaan tergantung kapasitasnya juga. Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli hardisk eksternal pertama kali, maka penting bagi Anda memahami beberapa hal berikut ini:

Tips untuk Membeli Hardisk Eksternal Terbaik

Hardisk eksternal merupakan suatu investasi jangka panjang yang dapat membantu setiap pekerjaan Anda yang berhubungan dengan penyimpanan data. Untuk itu membeli sebuah hardisk eksternal tidak dapat sembarangan dan harus mempertimbangkan beberapa point berikut ini:

1. Kapasitas Pada Sebuah Hardisk

Di pasaran, kini tersedia kapasitas hardisk eksternal mulai dari 500 GB hingga di atas 4 TB. Untuk ukuran kapasitasnya sendiri kini lebih banyak orang menggunakan 1 TB karena dianggap cukup, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sementara untuk mereka yang memang berkutat pada file berukuran besar seperti pekerja kreatif fotografer, videographer, hingga desain grafis tentu membutuhkan yang lebih besar lagi.

2. Konektivitas ke Perangkat Lain

Percuma memiliki tempat penyimpanan berukuran besar namun konektivitasnya tidak bisa diandalkan. Untuk konektivitas hardisk eksternal ke perangkat komputer sendiri lebih banyak menggunakan jenis USB 2.0 dan USB 3.0. Antara USB 2.0 dan USB 3.0 tentu USB 3.0 lebih unggul dari segi kecepatan transfer data. Kecepatan pada USB 2.0 hanya mencapai 480 MBPs sementara USB 3.0 bisa melangkah jauh hingga 5 GBPs.

Lantas, apakah komputer Anda harus sudah menggunakan USB 3.0 agar dapat tersambung? Tidak juga. Port USB 3.0 tetap dapat disambungkan ke komputer dengan port USB generasi 2.0.

3. Fitur yang Dimiliki

Perhatikan fitur yang dibawa oleh hardisk eksternal. Beberapa sudah memiliki fitur password protection dan juga backup data.

4. Sistem Operasi pada Perangkat Komputer

Perlu Anda ketahui bahwa ada perbedaan mendasar antara file sistem yang digunakan pada dua sistem operasi terbesar dunia, yakni Windows dan juga OS X. Pada OS X, mereka menggunakan file sistem berupa HFS+ sementara untuk Windows menggunakan file sistem NTFS.

Meskipun OS X tetap bisa melakukan pembacaan pada file data yang memiliki format NTFS, nyatanya OS X tetap tidak bisa melakukan penulisan atau pengeditan di dalamnya. Ketika Anda sedang memilih hardisk eksternal, pastikan Anda memilih hardisk yang menggunakan file sistem sesuai dengan sistem operasi komputer Anda.

5. Kecepatan Rotasi

Apa itu kecepatan rotasi? Poin satu ini tentu sering terlewat oleh mereka yang sangat awam di dunia teknologi komputer seperti hardisk. Padahal, spesifikasi kecepatan rotasi pada piringan hardisk eksternal menentukan kecepatan hardisk tersebut dalam membaca dan menulis data.

Semakin besar kecepatan rotasi, maka kecepatannya memproses data akan semakin kencang. Beberapa hardisk eksternal saat ini bahkan telah mampu memiliki kecepatan rotasi mencapai 10.000 RPM.

JD.ID Tempat Jual Hardisk Eksternal Terbaik

Harga hardisk eksternal untuk ukuran 1 TB misalnya rata – rata berada di rentang Rp 700 ribuan hingga Rp 1 jutaan tergantung merknya. Membeli di toko online mungkin bisa menjadi pilihan terbaik namun pastikan agar Anda memilih di tempat terjamin. JD.ID selalu memastikan seluruh produk yang dijual asli 100%. Anda juga bisa mendapat kemudahan berupa pembayaran cicilan dengan bunga 0% yang ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *