Tetap Konsumsi Makanan Keras Ketika Pakai Behel Gigi, Ini Dampaknya!

Punya gigi tidak rata? Langsung rapikan dengan behel gigi! Seperti diketahui, harga pasang behel gigi sekarang ini memang sangat terjangkau dengan isi kantong karena itu bisa dipakai oleh siapapun. Tidak hanya murah, pemasangan behel ini pun memberikan banyak keuntungan untuk yang memakainya, salah satunya meningkatkan kepercayaan diri.

Walaupun demikian, pada saat memakai behel gigi ini, ada beberapa jenis makanan yang baiknya tidak dikonsumsi, seperti makanan berstektur keras, misalnya. Mengapa? Mari, simak pembahasannya di bawah ini, here we go!

  1. Bisa melonggarkan bracket. Tetap mengonsumsi makanan keras ketika memakai behel, maka sangat berisiko melonggarkan bracket pada behel gigi. Untuk itulah, kamu tidak disarankan mengonsumsinya, entah itu baru pertama kali memakainya atau sudah lama.
  2. Mematahkan bracket. Tidak hanya melonggarkan, mengonsumsi menu makanan yang teksturnya keras bisa mematahkan bracket yang terpasang di behel. Tentu, ini akan sangat merugikan untuk kamu yang memakainya, kamu harus memperbaiki behel tersebut dan mengeluarkan uang lagi. Karena itu, jangan konsumsi makanan keras ketika pakai behel, ya.
  3. Menyangkut di sela-sela gigi. Yang paling merugikan, sisa makanan yang dimakan bisa menyangkut di sela-sela gigi maupun bracket behel. Jika ini dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, tentu bisa mengikis email gigi dan merusak kesehatan gigimu.
  4. Membuat gigi berlubang. Karena menyangkut di sela gigi dan sulit untuk diambil, sisa-sisa dari makanan yang dibiarkan lama akan menyebabkan gigi berlubang. Kondisi seperti ini tentunya bisa merugikanmu, kamu harus mendatangi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

So, jika kamu tidak mau menghadapi beberapa dampak buruk yang sudah dituliskan di atas, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memang dianjurkan oleh dokter gigi. Atau, jika mau kamu bisa mengonsumsi roti gandum, sayuran matang, susu, dan lain sebagainya.

Gimana? Apakah kamu tertarik memasang behel untuk gigimu? Kalau tertarik, coba metode clear aligner yang diperkenalkan oleh Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Pemasangan behel dengan metode ini bisa merapikan gigimu dengan cepat dan harganya juga terjangkau. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *