Keuntungan Investasi Syariah Dibandingkan Instrumen Lainnya

Investasi pada dasarnya merupakan penggunaan uang untuk membeli aset dengan harapan bahwa aset tersebut akan menghasilkan pendapatan dari waktu ke waktu atau meningkat seiring waktu. Buat anda yang beragama Islam dan takut akan adanya proses yang tidak sesuai dengan aturan agama Islam, saat ini sudah hadir berbagai macam bank syariah yang memungkinkan anda untuk melakukan investasi sekaligus kredit syariah.

Selama bertahun-tahun ini keuangan Islam telah tumbuh dengan pesat secara global dan sekarang menjadi pasar bernilai lebih dari $ 3,5 triliun dalam hitungan global. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan investasi syariah ini, yaitu sebagai berikut.

  • Membantu inklusi keuangan global

Bank dunia mendefinisikan inklusi keuangan sebagai anggapan bahwa individu dan bisnis memiliki akses ke produk dan layanan keuangan yang berguna dan terjangkau yang memenuhi kebutuhan mereka yang meliputi transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi disampaikan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Sistem perbankan konvensional didasarkan pada pembayaran bunga pada tingkat yang telah ditetapkan pada setoran uang. Pembayaran dan penerimaan bunga dilarang di bawah hukum syariah sehingga orang-orang muslim umumnya menghindari proses perbankan. Namun, melalui perbankan Islam, inklusi keuangan dapat dipromosikan dan membawa kumpulan tabungan yang lebih besar dalam ekonomi lokal dan global.

  • Mengurangi dampak produk dan praktik berbahaya

Prinsip syariah melarang transaksi yang mendukung industri atau kegiatan yang dilarang dalam Islam seperti riba, spekulasi, dan perjudian baik itu bersifat legal maupun tidak di tempat transaksi. Hal tersebut berlaku juga pada proses pinjaman syariah.

  • Prinsip keadilan keuangan

Keadilan keuangan adalah persyaratan yang membantu fungsi produk keuangan syariah dengan cara yang sesuai syariah. Keuangan Islam membuka jalan bagi pembagian laba atau rugi dan risiko yang terlibat secara proporsional Keadilan keuangan adalah persyaratan dasar untuk berfungsinya produk keuangan Islam.

Bertentangan dengan pembiayaan barat, pembiayaan Islam membuka jalan bagi pembagian laba atau rugi bersih dan risiko yang terlibat secara proporsional antara pemberi pinjaman dan penerima manfaat. Oleh karena itu, jika seorang pemodal mengharapkan klaim atas keuntungan suatu proyek, maka ia juga harus menanggung bagian proporsional dari kerugian proyek tersebut.

  • Mendorong stabilitas dalam investasi

Dalam keuangan Islam, investasi didekati dengan proses pengambilan keputusan yang lebih lambat dan berwawasan luas jika dibandingkan dengan keuangan konvensional. Perusahaan yang praktik keuangan dan operasinya terlalu berisiko biasanya diasingkan oleh perusahaan pembiayaan syariah. Dengan melakukan audit dan analisis intensif, keuangan Islam mempromosikan pengurangan risiko dan menciptakan ruang untuk stabilitas investasi yang lebih besar.

  • Percepatan pembangunan ekonomi

Perusahaan keuangan Islam tentu memiliki penciptaan dan pertumbuhan laba sebagai tujuannya. Untuk itu, mereka memilih untuk berinvestasi dalam bisnis berdasarkan potensi mereka untuk pertumbuhan dan kesuksesan. Dengan demikian dalam industri perbankan syariah, setiap bank akan berinvestasi dalam usaha bisnis yang menjanjikan dan berusaha untuk mengalahkan pesaingnya untuk menarik lebih banyak dana dari para penabungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *