Inilah Yang Terjadi Bila Pipa Tidak Berstandar Food Grade!

Sekarang masyarakat dapat menikmati air bersih meski jauh dari sumber air dengan bantuan pipa air. Dulu masyarakat menggunakan alat-alat yang berasal dari alam untuk mengalirkan air bersih seperti bambu, namun sangat mustahil untuk mengaliri air ke daerah-daerah yang jauh.

Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang tidak bisa diganti oleh apapun. Tanpa air, manusia tidak akan bertahan hidup lama karena sekitar 80% tubuh manusia membutuhkan air. Tidak hanya untuk minum, manusia juga membutuhkan air untuk mandi, mencuci dan keperluan lain.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa air bersih belum tentu memiliki standar kesehatan bagi tubuh? Maka dari itu, perlu kita teliti dalam memilih pipa air yang akan kita gunakan. Jangan sampai kita salah memilih pipa untuk mengalirkan air yang memiliki standar kesehatan rendah. Karena efeknya cukup berbahaya bagi tubuh.

Hingga saat ini memang belum ada kasus keracunan karena bahan material pipa air. Namun begitu, lebih baik mencegahnya daripada mengobatinya. Lalu pipa seperti apa yang berbahaya bagi tubuh? Jawabannya ialah semua jenis pipa yang mengandung timbal atau timah hitam. Namun pastikan juga Anda melakukan perawatan kitchen sink agar tidak bau dan mampet.

Dulu memang banyak produsen pipa yang menggunakan timbal karena memiliki peran penting untuk menjaga material PVC dari suhu tinggi sehingga tidak menghilang ketika produksi selesai. Selain itu, timbal ini mudah didapat dan memiliki harga yang murah.

Bahaya timbal apabila terkonsumsi oleh tubuh adalah dapat mengakibatkan gangguan saraf, gangguan fungsi hati, keguguran dan terhambatnya perkembangan IQ. Maka perlu kita ketahui jenis dan brand pipa yang sudah memiliki standard food grade.

Apa itu food grade? Apa hubungan food grade dengan pipa? Food grade merupakan standarisasi material yang layak digunakan sebagai tempat atau wadah makanan yang terbuat dari bahan yang aman. Fungsinya ialah zat-zat yang berbahaya yang ada tidak berpindah ke makanan.

Tidak hanya makanan yang memerlukan standarisasi food grade, tetapi minuman juga. Jadi sangatlah penting kita memilih pipa air yang memiliki standarisasi food grade agar kita yakin bahwa bahan material  pipa tidak ada zat yang membahayakan air yang akan kita konsumsi. Salah satunya iala pipa rucika.

Seperti rucika misalnya. Pipa air brand rucika adalah pengguna stabillizer ramah lingkungan pertama berupa Calcium Zinc sehingga lolos uji food grade. Jadi sangatlah terjamin kesehatan anda yang menggunakan pipa air rucika untuk saluran air bersih dan tentunya sangat recommended.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *