Ini Dia Alternatif Kemasan Minuman Unik yang Ramah Lingkungan

Bukan hanya sekedar mementingkan kemasan minuman atau makanan yang unik, kini banyak masyarakat yang sudah peduli tentang adanya isu Global Warming. Dikarenakan adanya isu tersebut, banyak juga pelaku bisnis yang sudah mengalihkan kemasan penjualannya ke kemasan minuman yang ramah lingkungan atau bisa disebut bebas plastik. Meskipun kemasan minuman unik memang bisa jadi daya tarik penjualan, namun bukan berarti kemasan tersebut tidak ramah lingkungan.

Bagi kamu pelaku bisnis milenial, ada baiknya kamu memperhatikan kemasan minuman unik dengan bahan yang ramah lingkungan, tanpa adanya penggunaan plastik. Selain dapat ikut serta mengurangi adanya Global Warming, kemasan minuman unik yang ramah lingkungan kini bisa jadi daya tarik penjualan. Untuk itu, yuk simak penjelasan alternatif kemasan minuman unik yang ramah lingkungan di bawah ini!

4 Alternatif Kemasan Minuman Unik yang Ramah Lingkungan

  • Plastik Berbahan Dasar Polypropylen

Banyak dari para pelaku bisnis menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan. Padahal, bahan dasar satu ini sangat sulit untuk dilebur dan bisa berbahaya untuk makanan yang ada di dalamnya, terlebih untuk makanan yang panas. Untuk itu, gantilah kemasan styrofoam dengan bahan dasar Polypropylen. Bahan dasar ini juga bisa kamu gunakan sebagai kemasan minuman unik karena material sintesis ini sangat ramah lingkungan.

  • Wadah Biofoam

Bahan biofoam juga cocok digunakan sebagai kemasan minuman unik. Bahan ini memiliki bahan dasar alami dan mudah dalam proses penghancurannya. Kemasan ini terbuat dari bahan baku pati dengan adanya tambahan serat demi memperkuat struktur kemasan. Kedua bahan baku ini bisa ditemukan pada tanaman pangan apapun dengan kandungan unsur-unsur tersebut. Proses pembuatan kemasan dengan bahan biofoam, menggunakan teknologi thermopressing, yaitu pencampuran adonan pati serat dan bahan aditif lain ke dalam komposisi tertentu, lalu di cetak pada suhu 170 hingga 180 derajat celcius dengan waktu selama 2 sampai 3 menit.

  • Kemasan Edible Packaging

Jika kamu menggunakan jenis kemasan ini, pastinya akan menambah keunikan dan daya jual. Hal ini dikarenakan berbeda dengan kemasan pada umumnya. Dengan menggunakan kemasan edible packaging ini, konsumen bisa juga langsung mengkonsumsi kemasannya tanpa perlu dibuang dan tentunya aman dan ramah lingkungan. Kemasan ini dikemas dengan metode yang dikelompokan menjadi 2 fungsi. Pertama, berguna untuk pelapis (edible coating) dan yang kedua adalah berbentuk lembaran (edible film).

  • Minuman dengan Sedotan Stainless
Sumber Gambar: Pexels

Sedotan stainless memang kini sedang marak dan laku di pasaran. Kamu bisa memberikan kemasan minuman unik yang sudah termasuk dengan sedotan anti plastik ini. Kamu juga bisa memilih sedotan stainless dengan warna-warna yang unik, sehingga bisa menarik konsumen untuk membelinya. Namun, harga sedotan stainless sendiri pun tergolong tidak murah, sehingga kamu perlu menaikkan harga minuman.

Kini tak perlu ragu lagi jika ingin membuka bisnis makanan dan minuman dengan kemasan yang ramah lingkungan. Kamu bisa gunakan 4 alternatif kemasan minuman unik di atas untuk dijadikan referensi kemasan. Cocokkan kemasan dengan identitas bisnis-mu agar menambah daya tarik penjualan. Dengan adanya alternatif kemasan minuman unik yang ramah lingkungan ini, diharapkan kita dapat ikut serta untuk melindungi bumi kita dari adanya isu Global Warming. Jadi, yuk mulai tingkatkan kesadaran kita untuk ikut serta mengurangi penggunaan plastik! Kalau bukan kita yang memulainya, siapa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *