Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Trik Memulai Bisnis

6 Cara Mengatasi Pergelangan Kaki yang Terkilir

Terkilir merupakan cedera yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan sendi. Terkilir memang termasuk cedera yang paling sering terjadi di bagian pergelangan kaki. Tetapi, terkilir bisa juga terjadi di tangan atau lutut. Kondisi ini pasti akan menyebabkan rasa nyeri, bengkak, memar, dan menurunkan kemampuan bergerak. Cedera pada lutut, kaki atau pergelangan tangan akan memberikan tanda – tanda seperti :

  • Memar
  • Pembengkakan
  • Area yang terkena akan terasan hangat dan lunak
  • Rasa sakit atau nyeri yang berdenyut

Jika terkilir atau keseleo ringan, Anda bisa melakukan perawatan dan pengobatan sendiri di rumah.  Cara mengatasi pergelangan kaki yang terkilir bisa diketahui dengan penjelasan berikut.

1. Mengistirahatkan bagian yang terkilir

            Bagian kaki yang terkilir sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang intens. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di bagian kaki yang terkilir. Namun, menggerakkan bagian yang terkilir secara perlahan – lahan bisa Anda lakukan agar pergerakan otot dan sendi tidak terlalu kaku. Menggunakan alat bantu jalan bisa dipilih jika memang diperlukan.

2. Kompres es

            Cara mengatasi pergelangan kaki yang terkilir selanjutnya yaitu dengan mengompres. Anda bisa menggunakan kompres es selama 15-20 menit setiap 2 atau 3 jam sekali. Anda bisa melakukan cara ini selama 24-48 jam hingga Anda bertemu dengan dokter yang akan membantu Anda apabila kondisinya sangat parah. Kompres es batu dibuat dengan beberapa es batu yang dibungkus dengan kain. Cara ini dilakukan dengan tujuan mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan memperlambat terjadinya pendarahan apabila bagian yang terkilir mengalami robekan.

3. Memberikan perban di area yang terkilir

            Jika terjadi pembengkakan, cara yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan perban bagian yang sakit hingga pembengkakan berhenti. Tetapi, sirkulasi darah akan terganggu jika perban terlalu ketat. Sebaiknya Anda tidak mulai membungkus bagian yang bengkak. Anda bisa mengendurkan perban apabila terdapat rasa sakit yang semakin parah, area jadi mati rasa atau bengkak yang terjadi semakin parah di bawah area yang dibungkus.

4. Mengangkat bagian yang sakit

            Anda bisa mengangkat bagian kaki yang terkilir agar lebih tinggi dari jantung saat berbaring selama 48 jam. Cara ini dilakukan agar gaya gravitasi dapat membantu mengurangi pembengkakan. Sebagai contoh, Anda bisa mengangkat bagian pergelangan kaki yang terkilir lebih tinggi dari posisi badan Anda.  

6. Minum obat pereda nyeri

            Mengonsumsi obat pereda nyeri bisa dilakukan sebagai cara mengatasi pergelangan kaki terkilir. Obat pereda seperti Non-steroidal anti-inflammatory (NSAID) yaitu panadol, parasetamol, ibuprofen dan asam mefenamat bisa meredakan nyeri serta peradangan. Tetapi obat – obatan ini bisa memberikan efek samping seperti meningkatkan resiko pendarahan dan ulkus sehingga sebelum mengonsumsinya harus mendapatkan resep dan saran dari dokter.

7. Menghindari empat hal

            Ketika 2 hari pertama setelah cedera dialami, sebaiknya Anda menghindari 4 hal berikut :

  • Panas (berendam di air panas, sauna atau koyo panas)
  • Alkohol (konsumsi alkohol bisa meningkatkan pembengkakan dan pendarahan)
  • Berlari (atau olahraga lain yang bisa memperparah pergelangan kaki yang terkilir)
  • Pijat (meningkatkan resiko pendarahan dan pembengkakan

Pergelangan kaki terkilir membutuhkan waktu untuk bisa pulih kembali. Waktu pemulihan ini tergantung pada tingkat keparahannya. Biasanya hanya dibutuhkan waktu 1-2 hari untuk kembali pulih dari cedera. Namun, dibutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu agar pergelangan kaki yang terkilir bisa digunakan aktivitas seperti biasa. Meskipun sudah sembuh, beberapa keluhan mungkin masih dialami seperti pembengkakan atau ketidakstabilan dan rasa nyeri. Jika pergelangan kaki yang terkilir masih belum sembuh sepenuhnya, bantuan medis mungkin diperlukan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko yang lebih parah apabila tidak segera diobati dengan baik.